Inilah Variasi Resep Kue Putri Salju Kekinian






Anisa AE - Kita semua mungkin sudah tahu apa itu kue putri salju. Jajanan khas yang biasa ada, bahkan wajib ada, pada saat hari raya ini, merupakan salah satu makanan yang sudah dikenal luas oleh berbagai lapisan masyarakat tanpa memandang suku, agama, ras dan antargolongan.

Namun, tidak semua orang mungkin menyadari bahwa kue putri salju sendiri telah mengalami cukup banyak adaptasi, penyesuaian bahkan variasi dalam bahan, sehingga ketika seseorang memakan kue salju di satu tempat bisa jadi akan berbeda rasa dan sensasinya dibandingkan ketika seseorang memakan kue salju dari tempat yang lain. Seperti apa perbedaanya? Mari kita simak dari sisi pembahasan resepnya.


Kue putri salju sendiri pada awalnya bukanlah berasal dari Indonesia, menurut sebagian literatur, kue ini berasal dari Eropa. Warna putih yang tampak pada kue ini pada asalnya terbuat dari bahan gula vanila, hanya saja karena di Indonesia sedikit sulit untuk mencari bahan tersebut, maka gula vanila ini diganti dengan gula halus atau gula bubuk.
Pada resep kue salju klasik, adonan kue selain terdiri dari tepung, telur dan mentega, juga menggunakan keju untuk menghasilkan rasa gurih pada kue. Sedangkan hari ini, kue putri salju bisa terdiri dari berbagai macam bahan sesuai dengan selera atau jenis yang dingin dibuat. Seperti misalnya, dengan menambahkan kacang almond bubuk pada adonan, selain untuk mendapatkan rasa gurih, menambahkan kacang almond bubuk pada adonan kue juga bisa memberikan “sensasi lumer” karena adonan kue tidak akan terlalu padat, dibandingkan jika hanya menggunakan tepung sebagai bahan untuk membuatnya. 

Selain mendapatkan tekstur kue yang berbeda, menambahkan kacang almond bubuk juga dapat memberikan sensasi aroma bau almond yang wangi, berbeda daripada jika hanya menggunakan tepung.

Namun bukan berarti resep ini sempurna, bagi yang sering memasak atau membuat kue mungkin akan mengerti, bahwa kacang almond merupakan salah satu bahan makanan yang harganya tidak murah. Selain itu, kacang almond juga belum tentu ada pada setiap musim ditambah lagi bahan ini kebanyakan hanya bisa didapatkan dengan cara impor. 

Sehingga, sebagian orang mengakali kondisi ini dengan mengganti kacang almond bubuk dengan kacang tanah bubuk. Kacang tanah relatif lebih mudah didapatkan di pasar dan pusat perbelanjaan serta memiliki harga yang lebih murah daripada kacang almond. Tentunya dengan konsekuensi jika menggunakan kacang tanah, jelas akan menghasilkan kue dengan rasa dan sensasi yang berbeda.

Baca juga: SPESIFIKASI HP OPPO A71 YANG AKAN MEMIKAT HATI KALIAN

Selain menggunakan bahan tambahan seperti kacang, kue putri salju hari ini juga ada yang menggunakan bahan tambahan seperti misalnya essence dan pewarna. Salah satu contohnya adalah kue putri salju pandan. Kue putri salju pandan memiliki warna kue yang berbeda dengan kue putri salju biasa. Hal ini karena pengaruh dari pewarna makanan yang ditambahkan. Selain itu, essence pandan yang diberikan juga akan memberikan cita rasa dan wangi daun pandan yang khas. 





Sebagian orang sangat menggemari kue-kue dan roti yang memiliki rasa pandan, dibandingkan dengan rasa vanila atau coklat. Hal inilah yang bisa jadi menyebabkan kue ini pun memiliki variasi rasa pandan.

Tidak berhenti sampai situ, kue ini juga masih mengalami variasi resep lagi dengan menggunakan bahan yang tidak biasa. Seperti misalnya kue putri salju rasa jeruk dan kue putri salju isi. Untuk kue putri salju jeruk, dibuat dengan menambahkan jeruk lemon pada adonan dan adonan kue yang sudah jadi nantinya akan ditaburi juga dengan gula jeruk jika tersedia. Sedangkan untuk kue putri salju isi, dapat divariasikan isinya sesuai dengan selera, seperti misalnya isi coklat, kismis atau yang lain.

Baca juga: FASHION WANITA YANG AKAN POPULER DI TAHUN 2018

Memang seiring dengan berkembangnya zaman, variasa makanan juga ikut berkembang. Salah satu putri salju ini. Kue kering berwarna putih seperti salju ini dari dulu selalu ada di meja saya ketika hari lebaran. Saya juga baru tahu jika Putri Salju itu ada banyak varian seperti yang saya sebutkan di atas.
Varian rasa dan rasa kekinian banget. Jadi buat yang bosan dengan rasa putrid salju itu-itu saja, sekarang bisa coba rasa lain yaa. Hehe.
Berbagai macam variasi dari kue putri salju ini, selain dapat dicoba sendiri, juga dapat didapatkan di Bukalapak. Bukalapak menyediakan berbagai jenis kue dengan berbagai varian rasa dan bentuk yang semuanya dapat dipesan dari mana saja dan kapan saja.

Yuk langsung cek Bukalapak untuk mendapatkan kue putri salju zaman now dan kekinian. Oh ya, share yuk di kolom komentar, variasi mana yang jadi favoritmu?

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v