Jalan-Jalan ke WMM Expo 2018


Anisa AE - Pada kenal Bank Mandiri dong. Coba saya tanya, siapa yang punya nomor rekening Mandiri? Sebagai salah satu pengusaha kecil, sayapasti punya banyak nomor rekening, salah satunya adalah Bank Mandiri. Nah untuk meningkatkan penetrasi pasar, Bank Mandiri menggelar acara Wirausaha Muda Mandiri 2018 atau WMM Expo 2018. WMM Expo 2018 ini telah diikuti lebih dari 90 merek lokal di Mall Olympic Garden, Malang pada tanggal 6 sampai 9 September 2018. Merek lokal tersebut dimiliki oleh para finalis dan alumni program WMM, serta peserta program Rumah Kreatif BUMN (RKB).

Wirausaha Muda Mandiri atau WMM ini sebenarnya telah diadakan sejak tahun 2007 yang berkomitmen untuk terus menumbuh kembangkan kewirausahaan di Indonesia, khususnya di kalangan generasi muda saat ini. WMM ini merupakan salah satu ajang kompetisi muda yang bergengsi di Indonesia. Kemarin, saya berkesempatan mengunjungi WMM Expo 2018, sekalian jalan-jalan ke mall dong. 



Sejumlah produk kreatif dan juga inovatif yang bernuansa milenial ditawarkan kepada pengunjung di sini. Seperti Cokelat Klasik yang merupakan produksi wirausaha muda yang berasal dari Malang, sepatu pria merek Men’s Republik yang merupakan juara WMM kategori kreatif tahun 2015 dan juga Tenun Samarinda Aemtobe. Dalam event ini target WMM Expo dikunjungi sekitar 10.000 orang dengan transaksi penjualan mencapai sekitar 1 miliar. Target yang luar biasa jika mengingat waktu yang hanya 4 hari, tapi sepertinya itu bukan masalah bagi WMM Expo.

Awalnya saya mengunjungi Owl Magz, salah satu finalis nasional di bidang wirausaha teknologi digital. Kali ini dengan Adik Lidya Dameyceliba Rias. Sebenarnya ada 15 tim, tapi yang ke Malang hanya tiga orang. Mereka menjual produk buku, tapi bisa diaplikasikan menjadi 3D jika discan menggunakan hape. Gambar dan vidio yang discan itu bisa digunakan walau tanpa kuota. Saya suka mengunjungi stand ini karena suka buku juga. Rekomendasi buat para emak yang anaknya tidak suka membaca. Kalau mau jadi reseller, bisa kok. Minimal pembelian 100 eks dengan potongan harga 5k. Oh iya, per bukunya dihargai 35k saja.






Di sini banyak sekali memperkenalkan aplikasi-aplikasi yang ada di play store. Mulai dari aplikasi pinjam uang secara syar'i, sampai pada investasi jangka panjang seperti pembelian tanah atau rumah secara patungan. Ada juga aplikasi catatan keuangan yang bisa memberi tahu berapa yang harus kita tabung untuk beberapa tahun ke depan. Wih, luar biasa ya.

Selanjutnya yang menarik perhatian saya  adalah Balon Kado. Bisa memesan barang di sini secara custom lho. Sistemnya PO, waktu pengerjaannya pun tergantung jumlah pemesanan dan ramai tidaknya yang dikerjain. Ada juga kerajinan lokal seperti boneka untuk hiasan dan wisuda. Ada pula jam tangan kayu di sini, wah, jadi ingat sama temennya adik saya yang dulu sempat jualan jam seperti ini.





Nah, di sini ternyata ada juga penjual benih kentang. Saya yang gaptek banget soal cocok tanam ini jadi penasaran. Ternyata satu benih unggulan dijual seharga 2k. Nantinya per satu benih bisa menghasilkan banyak kentang besar, ya seperti umbi gitu. Harga pasar per kg sekitar 10k.



Tidak hanya kentang, ada juga Golden Berry, salah satu buah yang kita kenal dengan nama ciplukan. Tapi ukurannya lebih besar daripada ciplukan yang selama ini kita temukan di sawah. Harga per 200 gramnya adalah 30k untuk yang segar. Ada juga yang sudah dikeringkan. Rasanya masam segar gimana gitu. Kalau hamil muda dulu, pasti saya bakal langsung borong deh.



Saking banyaknya stand di sana, saya sampai capek banget. Namun, masih ada beberapa stand lagi di lantai 3. Di sana banyak sekali produk dari alumni seperti The Warna yang sudah sering lewat di beranda FB saya. Juga ada produk furniture yang terbuat dari kardus. Bahkan buat diduduki rame-rame pun gak jebol. Bisa dibongkar pasang karena dalamnya tidak ada apa-apa, hanya kardus saja.



Buat yang lapar dan haus, ada banyak sekali jajanan dari para finalis WMM 2018 di sini. Cocok banget buat yang mau santai buat melepas lelah karena disediakan tempat duduk untuk metime bareng teman. Jadi ingat acara Pucuk Coolinary Festival kemarin deh.

Ternyata selain produk UKM, WMM Expo ini juga akan menampilkan program talkshow yang menampilakan pembicara Alumni WMM tahun sebelumnya, di antaranya yaitu Florentia J. Sutanto, pengusaha fesyen merek Noonaku Signature merupakan alumni WMM 2016 dan juga Odi Anindito, pengusaha kuliner Coffee Toffee yang merupakan Alumni WMM 2011.



Di tahun ini, program Wirausaha Muda Mandiri (WMM) akan mengompetisikan beberapa kategori yakni kategori wirausaha industri, perdagangan dan jasa, wirausaha kreatif, wirausaha boga, wirausaha sosial, dan kategori wirausaha teknologi. Adapun kepesertaan WMM terbagi atas dua kategori, yakni kategori Mahasiswa program SI atau Diploma dan kategori pengusaha muda non-mahasiswa. Wah, umur saya yang masih muda ini bisa daftar gak ya sebagai pengusaha muda non mahasiswa? Ya kan umur saya belum 30 tahun. (Langsung digeplak sama emak-emak blogger lain :v ) 



Puncak dari semua rangkaian program WMM, yakni pemberian Penghargaan WMM (WMM Award) 2018 akan dilaksanakan pada tanggal 15 September 2018 di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya, Malang. Katanya sih, nanti bakal dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo bersama para menteri kabinet kerja. Ngarep banget deh Pakdhe bisa datang ke Malang. Wah, pastinya saya gak mau ketinggalan dong buat hadir tanggal 15 nanti. Sekalian main ke tempat kerjanya Ihwan dan semoga bisa foto bareng Pakdhe. Modus banget deh. Hehehe.

Selain hadiah uang tunai, pemenang program WMM 2018 juga berkesempatan mendapatkan berbagai kemudahaan dalam mengakses produk Bank Mandiri dengan nilai dan kondisi yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan. Perseroan juga akan berupaya mendorong para pemenang dan finalis untuk melindungi hak kekayaan intelektual terkait bisnis yang digeluti sehingga dapat digunakan secara optimal sebagai aset produktif. Tuh kan, jadi makin mupeng buat daftar di ajang ini. :( 



Khusus pada kategori wirausaha teknologi, para pemenang dan finalis juga berkesempatan mendapatkan pendampingan dan pembiayaan dari perusahaan anak Bank Mandiri di bidang modal ventura, yakni PT Mandiri Capital Indonesia. Wih luar biasa ya. Cucok deh. Nah, kamu yang ada di Malang, wajib banget datang ke WMM 2018 agar tahu potensi yang telah dibuat oleh para muda Indonesia. 


Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v