Melangkah ke Google Play Bersama AE Digital Books








Anisa AE - Siapa yang tak kenal dengan Google Play Store? Salah satu layanan milik Google yang di sana terdapat banyak aplikasi, mulai dari berbayar sampai gratisan. Bahkan itu adalah tempat saya download aplikasi mulai dari Facebook, sampai Mobile Legend. Sangat membantu sekali.

Sujud syukur alhamdulilah, beberapa minggu yang lalu saya dihubungi oleh pihak Google Play dari India untuk menjual e-book di play store. Wow, saya sama sekali tak menyangka karena sebelumnya saat tanya-tanya ke teman soal ini, selalu menemukan jalan buntu.

Ah, bagaimana tidak buntu jika ternyata harus menggunakan orang ketiga untuk berhubungan dengan Google. Prosesnya pun berasa diperumit. Akhirnya saya enjoy di buku cetak, tidak menjangkau buku digital.

Ada juga salah satu penyedia aplikasi yang meminta AE Publishing bergabung dengan iperpunas untuk penjualan buku digital. Senang? Pastinya. Tapi lagi-lagi terkendala dengan persyaratan yang belum bisa saya penuhi. Bahkan ini si mas sampai hubungi saya berkali-kali dari etahun 2017 lalu untuk memastikan AE Publishing bergabung dengan mereka.

Tapi minggu ini saya berbahagia karena karya penulis AE Publishing sudah ada di Play Store. Tinggal ketik judul buku atau nama penerbit AE Publishing, maka akan muncul beberapa buku terbitan kami. Bangga sekaligus haru dengan pencapaian saat ini. Sampai saat ini ada lebih dari 25 judul buku di play store dan akan terus bertambah, karena saya pun harus minta izin jika buku tersebut akan dijual dalam versi digital.
Setelah lama berpikir, saya mempunyai ide untuk membantu penulis lain dalam menjual buku mereka via Play Store dengan syarat dan ketentuan khusus. Apalagi melihat bahwa sebenarnya banyak penulis yang bisa memproses naskah mereka sendiri, tanpa harus melalui penerbit. Bahkan, menjual buku dalam bentuk digital pun tidak harus ada ISBN-nya.

Karena kali ini sifatnya hanya membantu penulis, maka AE Publishing membuka cabang baru bernama AE Digital Books. Di sini tidak ada ikatan kontrak ataupun yang lainnya.


Kenapa sih harus gabung di AE Digital Books?

1. Royalti 30% 
Yup, kamu bakalan dapat royalti 30% dari harga ebookmu. Harganya pun ditentukan oleh penulis sendiri. Untuk laporan penjualan, akan dilaporkan tiap bulan pada tanggal satu. Tapi oleh Google, laporan dilakukan tiap bulan pada tanggal lima belas. 


2. E-book Suka-Suka 
Kenapa suka-suka? Karena kamu bakal bisa bikin cover, editing, sampai layout sendiri. Ya, semuanya sesuai dengan gaya yang kamu inginkan. AE tidak ikut andil dalam proses buku digitalmu nanti. Jadi, kamu tinggal kirim file pdf lengkap disertai sinopsis buku agar calon pembeli tertarik pada buku digitalmu nanti.


Jika kesulitan untuk edit dan layout sendiri, AE Digital Books menyediakan jasa cek EYD dan layout berbayar. Jadi, hanya EYD yang dicek. Oh iya, jika kamu belum punya cover, AE bisa bikinin juga lho secara gratis. Tapi khusus cover depan saja, ya?

3. Pakai Nama Penerbit Sendiri 
Ya, kamu bisa memberi nama penerbitmu sendiri di dalam buku. Bukan nama AE. So, kamu bebas menggunakan nama penerbit. Mau pakai namamu sendiri atau yang lain, gak masalah banget. Kalau naskahmu sudah pernah diterbitkan oleh penerbit lain pun bisa. Syaratnya harus ada surat izin dari penerbit sebelumnya, ya? Karena kami tidak mau bentrok dengan penerbit lain.


4. Tanpa Kontrak 
Di sini, tidak ada kontrak yang mengikat. Jadi, jika buku digitalmu mau diterbitkan penerbit lain dalam bentuk buku dan mau dihapus dari play store, bisa langsung konfirmasi. Maka, kami akan dengan senang hati menghapus dan memberikannya kembali pada penulis.


5. Kesempatan Terbit Gratis 
Tahu kan kalau di AE ada paket terbit gratis? Nah, jika ebookmu terjual lebih dari 100 copy, maka naskah kamu punya kesempatan buat diterbitkan secara gratis di AE. Pastinya kamu pun bakal dapat paket lengkap seperti terbit gratis di AE Publishing sebelumnya.


6. Ada Grup Khusus 
Untuk para penulis buku digital/penerbit yang bergabung, akan dimasukkan ke dalam grup WA khusus untuk laporan penjualan. Di grup ini pun bisa digunakan untuk sharing dengan penulis yang lain.

Baca Juga :BRI POIN KEREN TERUS FEST AKHIRNYA ADA DI MOG

7. Ikut Beramal 
Dengan bergabung menjadi penulis di AE, kamu juga ikut beramal lho. Kok bisa? Iya. Karena per satu buku yang terjual, maka kamu pun ikut menyumbang 1.000 untuk orang lain yang membutuhkan. Kali ini juga berlaku untuk ebook. Sekalian beramal deh. Nah, laporan amal pun diberikan pada grup WA penulis. Semoga berkah yaaa.






Nah gimana? Tertarik? Kalau mau ikut bergabung pun syaratnya sangat mudah lho.

1. Sudah punya cover depan buku.
2. File sudah dalam bentuk pdf dengan urutan : 
a. Cover depan
b. Prelims penulis, editor, dll (contohnya bisa dilihat di halaman romawi pada buku cetak milikmu, atau sebelum kata pengantar)
c. Kata pengantar 
d. Isi 
e. Biodata penulis 
3. Tambahkan sinopsis cerita agar pembaca tertarik pada cerita.
4. Kirim ke publishing.ae@gmail.com dengan subjek : GOOGLE PLAY STORE.
5. Setelah mengirim buku digital, bisa langsung konfirmasi ke nomor WA admin 085103414877. Format : EMAIL GOOGLE PLAY STORE - NAMA - JUDUL NASKAH
6. Pastikan naskahmu bebas dari unsur SARA dan LGBT. 
7. Bisa non fiksi.


Oh iya, untuk buku digital ini tanpa ISBN dari AE ya? Jika ada yang sudah dapat ISBN, itu karena sebelumnya lolos dalam terbit gratis. Kalau terjual 100 ebook, maka kami pun akan memberikan ISBN gratis dan juga terbit gratis menjadi buku.

Sekarang mau jual buku digital pun bukan impian lagi, kan?





15 comments:

  1. Masya Allah, ada perkembangan baik ya Mbak Nisa. Semoga ke depannya semakin baik apalagi ada amal dalam hasil penjualannya ... in syaa Allah akan berkah dan kekal.

    ReplyDelete
  2. Wah keren peluang bagus ni untuk penulis

    ReplyDelete
  3. Suskses dengan AE digitalnya ya mba..

    ReplyDelete
  4. Sukses selalu untuk AE Publishing. Mantap oeey.. sampai menembus Google Play juga.

    ReplyDelete
  5. Teh Anisa memang keren, juara pokoknya.
    Terima kasih lho informaisnya, Teh. Siapa tahu suatu saat bisa kerja sama kan ya..he

    Oh, iya. Btw kok tulisan tentang profil Nisa Syaban liknya gak bisa ya, Teh.
    Sepertinya dikembalikan di dratf lagi ini lah..he
    Kalau iya, atau gak jadi tayang. Hapus aja share yang di G+, Teh. Biar yang lain aman..he

    ReplyDelete
  6. Ini menarik bgt mba, nti aku coba2 masukin naskah ah ke sana, kali beneran bisa kejual d playstore

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih. Iya silahkan, di tunggu ya naskahnya :)

      Delete
  7. ehemm... makin maju nih AE publishing... peluang menjadi penulis buku makin terbuka dan lebih mudah.
    tapi ngomong-ngomong jenis buka apa yang boleh diterbitkan di sini. apakah berbagai macam topik atau genre?

    ReplyDelete
  8. sukses terus buat AE publishing

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.