Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu








Anisa AE - Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan cemilan yang di sebut degan nama kuaci, kuaci sendiri berasal dari biji bunga matahari. Kuaci ini sering kali menjadi cemilan yang cukup populer dan unik yang memiliki banyak penggemar.

Jika dilihat dari segi kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, jenis camilan biji-bijian yang satu ini menawarkan banyak manfaat kesehatan yang sangat baik bagi tubuh loh. Kandungan alami dengan nutrisi lengkap ada di dalam biji bunga matahari ini, seperti energy, karbohidrat, protein, lemak, kolesterol, serat, riboflavin, thiamine, vitamin A, vitamin C, vitamin E, sodium, kalsium, zat besi, zinc, dan masih banyak lagi lainnya. Kelengkapan gizi ini mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat, serta mencegah serangan penyakit yang akan mengganggu kesehatan tubuh. Inilah rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan biji ini untuk kesehatan.

1. Membantu mencegah penyakit kanker

Salah satu manfaat dari biji kuaci ini adalah sebagai pengontrol kerusakan sel sehingga berperan penting dalam mencegah timbulnya penyakit kanker. Hal tersebut dikarenakan biji kuaci mengandung selenium yang merupakan musuh utama dari sel kanker. Seperti yang kita ketahui kanker adalah penyakit yang menyerang sel tubuh dengan memanfaatkan beberapa sel yang rusak, sedangkan selenium telah terbukti memicu perbaikan DNA dan sintesis dalam sel yang rusak, selain itu selenium juga mampu menghambat petumbuhan dan mematikan sel kanker pada tubuh seseorang. Biji bunga ini akan membuat tubuh kita menjadi kebal dari serangan kanker, terutama di bagian sel tubuh.





2. Baik untuk kesehatan jantung

Khasiat biji bunga matahari selanjutnya yaitu sebagai biji bunga alami untuk mencegah timbulnya penyakit jantung. Makan seperempat cangkir kuaci setiap hari mampu menjauhkan diri dari serangan penyakit berbahaya ini, pasalnya kuaci mengandung lebih dari 60% vitamin E. Kandungan Vitamin E ini berfungsi sebagai antioksidan yang bekerja untuk menyingkirkan kolesterol jahat yang menempel pada dinding arteri sehingga mampu menurunkan risiko kematian dari penyakit jantung. Selain itu, vitamin E juga membantu menetralisir radikal bebas untuk menjaga kesehatan otak dan sel membran dalam melawan peradangan dan pembengkakan pada tubuh seseorang.

3. Menurunkan kolesterol

Khasiat biji bunga matahari juga sangat bagus untuk menurunkan tingkat kolesterol seseorang. Kolesterol yang tinggi di dalam tubuh seseorang akan memicu timbulnya banyak penyakit, sehingga kadarnya perlu untuk diturunkan. Cara mudah untuk mengatasi hal ini yaitu dengan mengonsumsi biji kuaci yang telah diolah dengan sedemikian rupa. Mengapa kuaci?? Karena kuaci memiliki kandungan senyawa pitosterol, yaitu senyawa pada tumbuhan yang memiliki struktur kimia yang sangat mirip dengan kolesterol. Ketika disajikan saat diet, jenis biji-bijian yang satu ini diyakini mampu mengurangi kadar kolesterol sesorang, menambah respon imun, dan mampu menurunkan risiko kanker tertentu. Dengan mengkonsumsi biji dari tumbuhan berwarna cerah ini tubuh pun akan lebih kebal dari sejumlah penyakit kolesterol.

4. Mencegah penyakit stroke

Penyakit stroke adalah jenis penyakit yang bisa diatasi dengan biji bunga matahari. Kebiasaan menkonsumsi biji bunga ini akan menjauhkan tubuh dari gejala stroke dan meringankannya ketika kambuh. Selain menggunakan biji bunga ini, sebaiknya kita juga mulai mengatur pola hidup sehat yang akan memberikan manfaat positif bagi tubuh.

5. Baik bagi kesehatan tulang

Kuaci juga mengandung banyak mineral yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Misalnya kandungan kalsium, magnesium, dan tembaga. Biji bunga matahari ini akan menyehatkan tulang dan mencegahnya dari serangan penyakit osteoporosis. Sebagai bonusnya, kuaci juga mengandung vitamin E yang membantu meredakan rasa nyeri rematik.





6. Menyehatkan otot

Selain baik bagi kesehatan tulang, khasiat biji bunga matahari juga dapat membantu otot tubuh agar menjadi lebih kuat. Otot yang tegang dan cenderung kaku akan membuat kita sulit beraktivitas. Kandungan nutrisi lengkap yang ada dalam biji bunga berwarna kuning ini akan membantu meringankan gejala otot kaku dan membuatnya lebih rileks.

7. Baik untuk kesehatan syaraf

Khasiat lain dari biji bunga matahari sangat membantu menyehatkan sistem syaraf pada tubuh. Penyakit yang menyerang syaraf akan membuatnya menjadi tegang dan mengganggu gerakan tubuh seseorang sehari-hari. Biji bunga ini akan memberikan nutrisi yang lengkap ke dalam syaraf sehingga akan lebih sehat dan juga kebal dari jenis penyakit syaraf.





8. Sebagai obat penenang

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa magnesium membantu mengurangi penyakit asma, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah sakit kepala, serta mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Kandungan magnesium yang terkandung dalam kuaci berfungsi sebagai obat penenang sehingga penggemar kuaci akan dijauhkan dari stres, migrain, dan tetap rileks.

9. Mencegah peradangan

Khasiat biji bunga matahari lainnya yaitu sebagai anti inflamasi pada tubuh seseorang. Jika kita sering mengonsumsi biji bunga ini, maka beberapa peradangan dan bengkak bahkan rasa nyeri akibat peradangan yang muncul pada tubuh akan segera sembuh.

10. Antioksidan yang baik

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh peradangan alami seperti nyeri sendi, infeksi lambung, dan asma bisa diredakan dengan mengkonsumsi biji kuaci, sebab kuaci dari biji bunga matahari adalah sumber antioksidan yang baik untuk tubuh.

11. Menetralisir racun dalam tubuh

Manfaat biji bunga matahari sangat ampuh untuk menetralisir racun yang terpapar di dalam tubuh. Banyak orang yang tidak mengetahui jika tubuh mereka sudah terjangkit racun yang berbahaya dan akibatnya baru bisa dirasakan setelah muncul tanda-tanda yang cukup srius. Namun mengkonsumsi biji bunga matahari secara rutin dapat mencegah racun yang mulai merambah tubuh.

12. Memelihara kadar homosisten

Biji kuaci juga mengandung folat yang membantu pertumbuhan sel-sel darah merah untuk metabolisme dan menjaga homosisten dan asam amino dalam tubuh agar tetap berada dalam keadaan normal.

Wah, banyak sekali ya manfaat dari biji kuaci yang berasal dari tumbuhan bunga matahari. Siapa sangka cemilan yang begitu populer dan banyak di gemari orang ini banyak sekali manfaatnya, apakah kalian juga salah satu peggemar dari kuaci?? Semoga informasi mengenai manfaat kuaci di atas bisa bermanfaat untuk kalian semua ya.


Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v




20 comments:

  1. tapi mesti hati-hati ya kak makannya. Kalau tersedak nanti malah bikin batuk...apalagi kebanyakan orang malah, malah iseng kulitnya juga dikunyah, dimakan lho itu kulitnya! gurih katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi anak saya juga gitu, dia lebih suka rasa kulitnya dibanding isi kuacinya :D

      Delete
  2. Cemilan favoritku, baru tau manfaatnya banyak juga ya, soalnya selama ini taunya itu bagus buat tulang dan bisa buat ngurangin stress. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya saya juga gak tau sh kalau manfaat kuaci itu banyak banget, setelah cari tahu manfaatnya dari berbagai sumber, ternyata banyak banget :D

      Delete
  3. Aku suka biji bunga matahari, jadi inget hamtaro, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi film masa kecil yang seru banget tuh.

      Delete
  4. Paling suka makan yang sudah dikupas. biar ngga repot lagi hehehe. biasanya juga ada di dalam makanan sehat sih sekarang. gampang didapet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang gak ribet sih, tapi kayak gak ada gregetnya gitu kalau makan tanpa mengupas kulitnya hehe :D

      Delete
  5. Makanan klo sambil iseng atau barengan di rumah hihi. Ternyata banyak manfaatnya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, aku juga suka banget ngemil kuaci di rumah bareng keluarga hehe.

      Delete
  6. Selain enak biji bunga matahari juga ternyata memang menyehatkan yaa.

    Duh, aku jd pengen ngemil kuaci ��:p

    ReplyDelete
  7. Ternyata biji bunga matahari antioksidan juga ya. Terima kasih infonya Mbak

    ReplyDelete
  8. Anakku suka banget kuaci, gak nyangka manfaatnya bagus dan banyak banget gitu. Aku suka males beli soalnya mereka pasti minta kupasin. Hahaha skrg jadi mau beli lagi

    ReplyDelete
  9. Wow...ternyata banyak banget ya mba, manfaat kuaci. Aku suka lho, soalnya nonton tv sambil ngemil kuaci gitu asyik...

    ReplyDelete
  10. Ternyata bukan cuma seru makannya ya, banyak manfaatnya jg

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.