5 Tips Menjaga Kesehatan & Kebugaran Tubuh Saat Musim Pancaroba






Anisa AE - Hallo, jumpa dengan tulisan saya lagi, hehe.

Di daerah kalian lagi musim pancaroba nggak sih?

Kalau iya, saya mau ngingetin buat jaga kesehatan. Karena di musim pancaroba kayak gini tuh biasanya banyak orang yang mudah jatuh sakit. Ya, karena perubahan musim yang tidak menentu, membuat daya tahan tubuh jadi ikut melemah.

Contohnya gimana? Misal siang hari di daerah kita panas yang tinggi banget suhunya sampai bikin gerah dan keringetan, eh pas malam hari tiba-tiba hujan sampai bikin menggigil. Nah ini namanya musim pancaroba. Kalau daya tahan tubuh kita lemah, bisa jadi kita akan mudah jatuh sakit.

Saya sendiri paling mudah gampang sakit kalau sudah musim pancaroba gini. Tetapi sebisa mungkin saya menjaga diri agar tidak sampai jatuh sakit. Seorang ibu rumah tangga seperti saya kalau sampai jatuh sakit bisa ribet urusannya. Pekerjaan rumah terbengkalai dan anak-anak jadi nggak keurus.

Hmm, gini emang sih jadi ibu rumah tangga itu harus extra strong ya. Nah, gimana cara saya menjaga kesehatan di musim pancaroba seperti ini?

Saya punya beberapa tips buat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, yuk simak sampai habis.


1. Minum air putih yang cukup
Salah satu hal wajib untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mencukupi kebutuhan air mineral dalam tubuh. Anjuran untuk memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh dalam sehari adalah 2,5 – 3 liter. Jika kekurangan mineral, bisa menghambat metabolisme dalam tubuh. Jika metabolisme terhambat, maka daya tahan tubuh akan melemah dan mudah terserang oleh inveksi virus.

Usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan mineral tubuh. Jangan anggap remeh anjuran minum air putih ya. Kadangkala saya juga sering lupa minum, jika sudah berkutat dengan pekerjaan. Tapi saya punya cara agar selalu ingat minum, yaitu dengan menyediakan minum dalam botol. Pecayalah hal ini sangat membantu buat yang sering lupa. Let’s try it. ^^


2. Mengonsumsi makanan yang bergizi
Jika mineral tubuh sudah terpenuhi setiap harinya, tapi kok masih mudah sakit? Coba cek lagi pola makan. Sudahkah kita memakan makanan yang sehat dan bergizi? Yup, makanan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh, karena segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh kita nantinya akan dikelola lagi menjadi sumber energy.

Jika makanan yang dimakan tidak sehat, bukan energy yang diperoleh melainkan bisa menimbulkan penyakit. Apalagi di musim yang tidak menentu cuacanya seperti ini. Banyak makan sayur, daging serta buah. Intinya kita harus mulai biasakan makan makanan yang sehat.

Hindari junk food atau makanan berminyak, boleh lah makan sesekali tetapi jangan keseringan yaa. Musim pancaroba gini rawan terkena batuk, jadi jangan terlalu sering makan makanan berminyak.

3. Rajin olahraga
Nah, salah satu kunci tubuh sehat dan bugar adalah dengan rajin olahraga setiap hari. Dengan berolahraga, tubuh akan mengeluarkan toxic atau racun melalui keringat yang dihasilkan saat berolahraga.

Jadi tubuh tidak akan mudah terserang penyakit jika kita rajin berolah raga. Tidak perlu melakukan olah raga yang terlalu berat seperti angkat besi macam atlet professional. Cukup dengan gerakan-gerakan ringan yang bisa dilakukan di rumah. Seperti, lari-lari kecil di tempat, yoga, bisa juga senam aerobic yang menyenangkan. Minimal lakukan olahraga 2 kali dalam satu minggu, jika tidak sempat sekali dalam seminggu boleh lah, hehe.

4. Selalu menjaga kebersihan
Menjaga kebersihan sangatlah penting agar terhindar dari berbagai penyakit. Apalagi di siang yang terik, biasanya debu berterbangan dan membuat keadaan sekitar jadi kotor. Debu yang tidak segera dibersihkan bisa mengganggu kesehatan pernafasan juga lho. Alangkah baiknya selalu membersihkan sekitar rumah dengan menyapu dan mengepel lantai, serta membersihkan bagian sofa atau daerah tertentu yang biasanya menjadi tempat mengumpulnya debu.

Rajin mengganti sprei dan sarung bantal, agar saat tidur kita bisa lebih nyaman dan terhindar dari bakteri serta debu yang menempel. Setelah keadaan ruangan dan sekitar rumah bersih, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan diri, dengan rajin mandi yaa.





5. Minum suplemen atau vitamin
Salah satu yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh ialah dengan rajin mengonsumsi suplemen dan vitamin. Tak bisa dipungkiri jika manfaat vitamin sangatlah bagus untuk menunjang metabolisme tubuh agar tetap stabil.

Dewasa ini, jenis vitamin dan suplemen tubuh sangatlah beragam, ada yang berbentuk tablet, pil, bubuk sampai berbentuk cairan. Untuk menunjang kesehatan tubuh, banyak yang menganjurkan meminum suplemen setiap harinya. Tapi ada sedikit rasa khawatir, apa aman jika terus-terusan meminum suplemen/ vitamin? Saya takut jika hal tersebut nantinya tidak baik untuk kesehatan tubuh, mengingat kandungan bahan kimia di dalamnya.

Untuk mengakali agar tidak selalu mengonsumsi vitamin setiap hari, saya sedia minuman herbal di rumah. Khasiatnya sama-sama bisa membantu menjaga kebugaran tubuh tetapi yang ini lebih aman karena terbuat dari bahan herbal alami.

Rahasia minuman herbal saya adalah Herbadrink. Setidaknya saya selalu sedia 3-5 packs Herbadrink untuk persediaan di rumah setiap bulannya. Varian favorite saya adalah Herbadrink Sari Jahe, cocok banget diminum pas malam hari sambil nyantai gitu.

Setelah seharian lelah menjalan tugas ibu rumah tangga, biasanya saya selalu sempatkan me time dengan berdiam diri, santai di ruang tamu sambil menyesap Herbadrink Sari Jahe hangat. Apalagi kalau diminum pas cuaca lagi hujan di luar, cocok banget. Bikin tubuh jadi hangat, dan gak khawatir masuk angin.



Herbadrink Sari Jahe ini bisa diminum segala usia lho, anak-anak pun boleh minum minuman herbal ini. Selain bisa untuk segala usia, manfaat Herbadrink Sari Jahe sangatlah banyak. Kita sudah tahu kan kalau tanaman jahe itu banyak manfaatnya, jadi otomatis Herbadrink Sari Jahe ini juga punya manfaat yang sama dong.



Salah satu manfaat Herbadrink Sari Jahe adalah membantu meredakan batuk. Dahulu, ibu saya akan membuatkan minuman jahe jika saya sedang terkena batuk. Di zaman modern ini, jika terkena batuk tak perlu lagi susah payah membuat minuman jahe dengan cara tradisional dengan menumbuk jahenya terlebih dahulu, yang menurut saya ribet jika hanya untuk membuat minuman jahe. Sekarang cukup dengan menuang satu sachet Herbadrink Jahe, lebih cepat dan praktis.


Oh ya, selain Herbadrink Sari Jahe, saya juga ada beberapa varian lain yang biasanya saya buat stok di rumah. Salah satunya ada ada Herbadrink Sari Temulawak dan Herbadrink Lidah Buaya. Hihi, ada yang baru tahu ada Herbadrink Lidah Buaya?

Keduanya punya manfaat yang berbeda, dan punya khasiat ampuh sama seperti Herbadrink Sari Jahe.


Herbadrink Sari Temulawak terbuat dari sari temulawak asli. Saya biasanya anti kalau disuruh minum jamu dengan bahan temulawak, tapi kalau disuruh minum Herbadrink Sari Temulawak, saya maju paling depan, wkwk.

Kenapa gitu? Karena jika kalian tahu manfaat dari temulawak yang sangat luar biasa, pasti kalian juga akan seperti saya, haha. Temulawak sudah sejak dahulu dikenal sebagai tanaman herbal yang sangat bagus buat tubuh, bisa mengobati banyak penyakit, bahkan mengobati penyakit seperti hepatitis.

Eh bukan cuma itu, ternyata temulawak juga bagus banget buat kecantikan lho. Yang buat saya rajin minum ini salah satunya yak arena baik buat kecantikan ini hehe. Jadi selain merawat diri dari luar, perawatan dari dalam juga sangat penting.

Dengan meminum Herbadrink Sari Temulawak, bisa membantu membuat kulit jadi lebih sehat. Banyak yang bilang jika temulawak itu adalah pencerah kulit alami, nah buat yang pingin kulitnya cerah wajib coba yaa. Oh ya, selain mencerahkan bisa juga mengatasi problem seperti kulit berjerawat.

Saya punya masalah dengan jerawat, sudah pakai banyak pakai cream ini dan itu masih belum terbukti bisa menyembuhkan masalah jerawat saya. Jadi sekarang saya sedang mencoba terapi dengan rajin meminum Herbadrink Sari Temulawak. Karena bahannya herbal, jadi nggak perlu takut efek samping, hehe.

Gak perlu skin care mahal, kalau minum Herbadrink Sari Temulawak sudah dapat manfaat kecantikan segini banyaknya, woah kalian harus mencoba juga yaa.


Terakhir adalah Herbadrink Lidah Buaya, lha emang lidah buaya bisa dimakan? Bisa dong, sudah banyak lho makanan dan minuman yang berbahan dasar lidah buaya. Salah satunya Herbadrink Lindah Buaya ini.

Lidah Buaya diklaim bisa membantu melancarkan perncernaan lho. Buat yang sering terkena sembelit, jangan sering-serimg minum obat sembelit deh. Coba aja minum Herbadrink Lidah Buaya ini, kadungan alama lidah buayanya bisa memperlancar perncernaanmu. Apalagi terbuat dari bahan alami yang tidak mengandung efek samping.

Betul kata pepatah, dikit-dikit jangan minum obat, be herbal be healty. Nah, itu tadi beberapa tips saya dalam menjaga kesehatan di musim pancaroba. Selalu sediakan Herbadrink di rumah ya! Agar tubuh tetap dalam kondisi fit dan bugar. Semoga kita selalu dalam keadaan sehat. Aamiin. ^^
Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v