7 Makanan Berlemak yang Sehat






Anisa AE - Jika kalian berfikir makanan yang mengandung banyak lemak itu tidak baik untuk kesehatan tubuh, kali ini kalian tidak perlu khawatir, tak semua makanan berlemak itu buruk bagi kesehatan. Beberapa makanan ada yang mengandung lemak tak jenuh atau lemak sehat yang justru baik untuk kesehatan tubuh, dan tidak akan membuat berat badan kalian semakin bertambah dan rentan terhadap penyakit. Makanan apa sajakah itu??


1. Telur
Telur memang kaya akan protein, akan tetapi telur juga menyimpan protein yang cukup banyak. Satu butir telur kurang lebih memiliki 1,5 gram lemak jenuh dan 3,5 gram lemak tak jenuh. Meskipun demikian, telur aman untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan kolin yang menjaga kesehatan jantung, system syaraf, dan otak. Kalian juga tak perlu takut gemuk bila mengkonsumsi telur.



2. Tahu
Hampir sama seperti telur, tahu juga mengandung banyak lemak sehat yang aman untuk dikonsumsi. Selain kaya akan protein, tahu juga kaya akan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan persendian. Jadi aman-aman saja jika kalian mengkonsumsi tahu secara rutin tanpa harus takut gemuk.


3. Buah Alpukat
Kalori yang terkandung dalam buah ini 77 persen berasal dari lemak. Buah ini banyak mengandung lemak sehat, yakni sekitar 23 gram lemak tak jenuh. Alpukat juga bebas kolestrol, bahkan menurut salah satu lembaga kesehatan di Amerika Serikat, kandungan lemak tak jenuh tunggal yang berasal pada buah ini mampu menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) jika di konsumsi dalam jumlah yang cukup, dan merupakan sumber lutein yang baik utuk pengelihatan mata kalian. Kandungan serat di dalam buah ini juga baik untuk kesehatan tubuh, manfaat lain dari alpukat adalah terdapat kandungan mineral, fitonutrein, folat, zat besi, potassium, beta karoten, dan vitamin E. Jika kalian berniat membuat jus alpukat, hindari memakai gula yang berlebihan.



4. Ikan
Salmon, sarden, dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan. Lemak ini tidak akan menyebabkan perut kalian menjadi gemuk, tapi justru bermanfaat sekali untuk tubuh. Asam lemak omega-3 dapat membantu menyehatkan jantung, menurunkan risiko penyakit stroke, Alzheimer dan meningkatkan kemampuan otak kalian. Sehingga mengkonsumsi ikan yang cukup dapat membuat otak kalian bekerja lebih optimal.



5. Kacang
Kacang kaya akan kandungan lemak, vitain E, magnesium, serat, dan protein nabati yang dibutuhkan oleh tubuh. Jenis lemak yang terdapat pada kacang-kacangan tergolong lemak sehat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Seperti kandungan asam lemak omega 6 yang disebut dengan asam linoleat pada kacang kenari yang baik untuk kesehatan jantung. Selain kacang kenari, kacang yang direkomendasikan adalah kacang almond dan kacang macadamia. Penelitian juga menyebutkan, orang yang mengkonsumsi kacang cenderung lebih sehat, dan memiliki risiko lebih rendah menderita obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2. Jika kalian ingin mengkonsumsi produk kacang, sebaiknya pilihlah produk yang diolah tanpa garam, gula, dan minyak tambahan.



6. Cokelat hitam
Makanan ini adalah salah satu makanan berlemak tinggi yang lezat dan banyak digemari para wanita. Selain lemak ternyata Cokelat hitam juga memiliki kandungan serat dan berbagai mineral seperti zat besi, magnesium, mangan, dan tembaga di dalamnya. Jenis cokelat ini juga sangat kaya antioksidan, menurut penelitian, mengkonsumsi cokelat hitam sekitar lima kali per minggu dapat menurunkan risio kematian akibat penyakit jantung. Kelebihan lain dari cokelat ini adalah kemampuannya dalam meningkayakan fungsi otak dan mendungi kulit dari sinar matahari. Jika kalian ingin mengkonsumsi coklat jenis ini, pastikan coklat hitam yang kalian konsumsi kualitasnya baik dan tidak mengandung banyak campuran.


7. Minyak zaitu murni
Kandungan lemak yang terdapat pada minya zaitun murni adalah minyak tak jenuh tunggal yang juga baik bagi kesehatan. Mengkonsumsi minyak ini dalam kadar yang tepat dapat menurunkan risiko mengalami penyakit jantung, selain itu kandungan lemak pada monyak zaitun juga dapat mempengaruhi risiko pembentukan plak pembuluh darah akibat kolestrol jahat (LDL) dalam tubuk kita.

Itulah tadi daftar makanan berlemak yang menyehatkan tubuh. Meski begitu kalian juga tidak boleh lupa untuk mengkonsumsi makanan berserat, karena serat akan membantu tubuh kalian untuk mencerna makanan berlemak tinggi dan membantu mengatasi sembelit. Oh iya, jika kalian mengalami kondisi kesehatan khusus, maka konsultasikan dengan dokter atau ahli nutrisi terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v



5 comments:

  1. dari list ini favorit makanan berlemak aq ternyata telur sama buah alpukat, gak bosen makan keduanya, apalagi kalau alpukatnya yang enak bisa pagi siang sore deh makannya, hihihi

    ReplyDelete
  2. Ini semua kesukaanku loh beb hihihi apalagi alpukat, favorit banget deh

    ReplyDelete
  3. Alpukat, dulu aku pernah takut makan karena takut gendut mba...sekarang nggak lagi ..

    ReplyDelete
  4. Alpukat dan cokelat kesukaan aku banget nih

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.