8 Manfaat Daun Sirsak yang Jarang di Ketahui






Anisa AE - Siapa sih yang tidak tau buah sirsak? Buah yang memiliki rasa manis sekaligus asam itu memang segar sekali, apalagi kalau di campur dengan air es dan sedikit gula. Hmmmm diminum pada saat siang hari yang sedang terik-teriknya.

Berbicara soal buah sirsak, selain daging buahnya yang banyak gizi ternyata kandungan dari daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan loh, meskipun zaman semakin modern, banyak masyarakat yang masih tetap menggunakan bahan-bahan tradisional atau alami untuk digunakan sebagai obat alternative, salah satunya adalah daun sirsak. Banyak orang meyakini manfaat daun sirsak untuk kesehatan sangat ampuh, umumnya untuk penyakit-penyakit berat seperti ginjal, jantung, bahkan kanker. Namun ada beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh yang mungkin belum banyak kalian ketahui, seperti;




1. Menghilangkan kutu.

Seperti yang kita ketahui, kandungan dari daun sirsak sangat banyak manfaatnya bagi tubuh manusia, namun ternyata daun sirsak juga sangat beracun bagi serangga atau parasit. Maka dari itu, daun sirsak banyak dimanfaatkan untuk menghambat dan membasmi kutu atau ketombe. Caranya, siapkan beberapa helai daun sirsak, rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih, dinginkan air beberapa saat lalu gunakan air rebusan daun sirsak untuk mencuci rambut.

2. Meningkatkan Kesuburan.

Selain bermanfaat untuk membasmi kutu pada rambut, daun sirsak terbukti juga dapat meningkatkan produksi jumlah sperma pada pria loh. Sedangkan pada wanita dipercaya dapat memperkuat rahim. Untuk kalian yang ingin mengurangi jumblah obat-obatan yang di konsumsi, mungkin dengan mengkonsumsi air rebusan dari daun sirsak secara teratur dapat membantu.





3. Mengobati kista ovarium

Kista ovarium atau tumor jinak yang muncul pada ovarium seorang wanita, jika tidak segera diobati maka akan berkembang menajdi sel kanker. Oleh karena itu, kita bisa memanfaatkan kandungan baik dari daun sirsak untuk penyakit kista ovarium dengan cara meminum air rebusannya secara rutin. Caranya, siapkan 10 lembar daun sirsak yang baru saja dipetik, rebus dengan 3 gelas air mineral hingga air hanya tersisa 1/2 nya saja. Air rebusan bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minumlah air rebusan daun sirsak setiap pagi, agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.



4. Daun Sirsak untuk Tidur yang Nyenyak.

Manfaat lain dari daun sirsak yang jarang diketahui adalah bahwa daun sirsak memiliki peran dalam membuat kualitas tidur seseorang menjadi lebih baik. Daun sirsak memili kandungan aromaterapi yang akan membuat seseorang menjadi rileks sehingga mereka akan mendapatkan kualitas tidur yang baik di malam hari. Jadi, jika kalian sedang menderita insomnia, kalian juga bisa mencoba aromaterapi herbal yang dimiliki daun sirsak.


5. Daun Sirsak untuk Anti Penuaan.

Daun sirsak memiliki kandungan vitamin C dalam jumlah tinggi yang bermanfaat sekali untuk melepaskan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan banyak masalah bagi kesehatan kulit, termasuk yang terkait dengan tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis halus, dan pigmentasi berat yang dapat mempengaruhi penampilan seseorang secara keseluruhan. Antioksidan yang terkandung dalam daun sirsak akan melindungi kulit dari gejala tersebut, sehingga seseorang akan tampil lebih percaya diri dari sebelumnya. Merebus daun sirsak dan mengkonsumsi sarinya secara rutin adalah cara untuk mendapatkan manfaat anti-aging.


6. Daun Sirsak untuk Mengobati Wasir atau Ambeien.

Penyakit wasir bisa sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan pendarahan di rektum, sehingga dapat menimbulkan rasa sakit yang cukup berarti bagi setiap penderita hemoroid. Jika kalian ingin mengobati wasir serta meringankan rasa saikit dari penyakit tersebut, maka daun sirsak dapat menjadi obat mujarab yang alami. Daun sirsak mengandung senyawa yang bisa menghentikan pendarahan rektum dan juga bisa membuat otot di sekitar rektum menjadi lebih rileks dari sebelumnya, sehingga akan meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh wasir. Minumlah sari ekstrak daun sirsak segelas dalam sehari secara rutin untuk mengurangi efek wasir.


7. Daun Sirsak untuk Mengurangi Komedo.

Komedo adalah gangguan kulit yang sudah umum di alami setiap orag, tak sedikit juga yang merasa penampilannya terganggu dengan komedo yang membandel di bagian wajah seperti hidung, seputar dagu dan lain-lain.
Daun sirsak yang telah ditumbuk halus dan ditambahkan denga air mawar akan bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan komedo pada wajah. Oleskan tumbukan daun tersebut secara merata dan rutin, maka komedo yang mengganggu akan segera hilang.



8. Daun Sirsak untuk Mengurangi Bisul di Kulit.

Selain mengganggu aktivitas, bisul juga bisa menyebabkan terjadinya infeksi yang mungkin berbahaya bagi kulit seseorang. Kandungan senyawa pada daun sirsak dapat meredakan peradangan bisul pada kulit. Caranya, ambil 5-7 lembar daun sirsak yang masih muda, kemudian haluskan hingga menjadi pasta. Tempelkan pasta daun sirsak tersebut pada area bisul dan sekitarnya. Lakukan secara rutin pada pagi dan sore hari hingga bisul mulai mengering dan mengecil.

Itulah ke-8 manfaat daun sirsak yang jarang diketahui orang pada umumnya. Jika kalian mengalami gangguan penyakit seperti di atas, cobalah memanfaatkan daun sirsak sebagai obat alternative alami. Semoga bermanfaat ya 


Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v



4 comments:

  1. Beberapa manfaat baru Saya tahu setelah baca tulisan ini Mbak.

    Kalau emak sering rebus daun sirsat buat linu2 di kaki. Sayangnya kurang telaten padahal bisa mengurangi sakitnya lho :)

    ReplyDelete
  2. yang aku tahu sih, daun sirsak emang bagus buat mengobati kanker ya mbak. beberapa temenku sudah coba. ada yang sakit kanker otak, dia minum air rebusan daun sirsak dan alhamdulillah udah mendingan.

    ReplyDelete
  3. Saya lagi perlu buat obat insomia Mba. Daun sirsaknya diapain ya? Diminumkah?
    Terima kasih atas sharing manfaatnya Mba :)

    ReplyDelete
  4. Wahh ternyata manfaatnya byk bgt ya beb, aku taunya cuma buat nyembuhin bisul doang hahaha

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.