8 Permainan Tradisional di Indonesia



Anisa AE -Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam suku, bahasa, agama, dan budaya. Indonesia juga memiliki keindahan alam yang memukau. Tapi di samping itu semua Indonesia juga mempunyai beberapa permainan tradisional dari berbagai daerah dengan jumlah yang banyak. Permainan ini sering kali dilakukan oleh anak-anak baik kecil maupun remaja bahkan juga dewasa untuk mengisi waktu luang dan mencari kesenangan.

Tetapi karena perkembangan zaman permainan tradisional ini mulai dilupakan dan tidak dimainkan lagi. Padahal kalau teman-teman tahu nih ya, permainan tradisional lebih menyenangkan lho dibandingkan permainan zaman sekarang. Kalau dulu kita dapat bermain bersama-sama saling tertawa dan semua itu memanfaatkan alat yang ada. Jadi nggak harus beli mahal-mahal seperti sekarang.


Dulu kalau pulang sekolah buru-buru ganti baju, ke rumah teman terus main bareng deh. Itu pun mainnya alami dengan barang-barang yang ada di sekitar. Lah kalau anak zaman sekarang? Kebanyakan dari mereka lebih memilih bermain gadget dari pada harus bermain bersama dengan teman-teman di halaman. Anak sekarang pokoknya ada gadget dan ada kuota langsung main dan terkadang sampai lupa waktu. Makannya untuk bunda dimana pun berada hehe, anak-anak diawasasi ya bun kalau waktunya belajar ya handphonenya di taruh dulu. Kalau enggak diawasi nanti anaknya malah jadi nggak belajar. Terus nilainya menurun, tidak naik kelas. Aduh bahaya lho ya bunda kalau sampai begitu.

Kita seharusnya lebih mengenalkan kepada anak-anak kita dengan permainan tradisional agar mereka tahu kalau bermain tradisional itu tak kalah serunya dengan permainan zaman sekarang. Mungkin yang sekarang sudah remaja atau dewasa masih ada yang mengetahui beberapa permainan tradisional. Di sini sudah ada 8 permainan tradisional yang mungkin bisa bunda mainkan dengan si kecil. Dengan mengenalkan permainan tradisional itu sama dengan kita menjaga kelestarian budaya Indonesia. 8 permainan tradisional, antara lain :

1. Permainan Engklek


Siapa sih yang nggak tahu pemainan yang satu ini. Permainan engklek merupakan salah satu permainan yang populer di Indonesia. Anak-anak perempuan nih yang suka banget dengan permainan ini. Kamu suka tidak dengan permainan ini? Kalau aku dulu suka banget dengan permainan ini :D
Mengenai sejarahnya ada 2 pendapat yang muncul. Pertama, bahwa permainan ini berasal dari Inggris, karena ditemukan bukti-bukti tentang keberadaan permainan engklek ini. Kedua, permainan ini sudah ada di abad ke- 17 dan dikenal di Romawi. Sedangkan di Indonesia sendiri permainan ini baru dikenal sejak Negara Belanda menjajah Indonesia.

2.Permainan “Abc” Lima Dasar



Permainan yang satu ini juga menyenangkan lho, dan masih banyak dimainkan oleh anak-anak kecil saat ini. Nama permainan ini diambil dari bermain dengan huruf-huruf yang dimainkan, dimulai dengan huruf “A” yang selanjutnya diikuti huruf-huruf selanjutnya. Permainan ini tidak memerlukan alat apapun cukup dengan jemari kita sendiri sebagai perhitungannya.


Permainan ini dimainkan oleh 2-5 orang, semakin banyak yang main semakin seru pula permainan ini. Permainan ini mudah dimainkan, kalian cukup menghitung jemari tanganmu dan juga temanmu tapi berhitungnya dengan huruf ya gaes, jadi misalkan total jarinya 9 jadi kalian hitungnya abcdefghi jadi kalian harus mencari nama benda atau hewan atau yang lainnya sesuai kesepakan di awal. Pemain yang menjawab paling akhir akan mendapatkan hukuman yang telah disepakati. Permainan ini nggak cuma sekedar permainan lho, karena juga mempunyai manfaat yaitu mempercepat kinerja otak.

3. Permainan Bola Bekel



Permainan ini kebanyakan dimainkan oleh anak perempuan, dan sudah menjadi favorit. Untuk menyelesaikan permainan ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit karena di dalamnya terdapat tahapan-tahapan mulai dari yang tingkat rendah hingga tingkat tertinggi.
Permainan bola bekel berasal dari Jawa Barat ada juga yang mengatakan dari Jawa Timur. Permainan ini dulu hanya dijadikan hiburan oleh anak-anak pedesaan khususnya perempuan. Kalian pernah memainkan permainan ini tidak? Wah rugi kalau kalian tidak pernah memainkan permainan yang satu ini :D. Karena bermain dengan bola bekel dan biji kuwuk ini seru gaes, bisa dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Dalam permainan ini kita bermain dengan bola bekel dan 10 biji kuwuk. Untuk cara bermainannya dilakukan secara bergantian. Jadi 1 orang yang bermain kemudian jika seseorang itu melanggar maka permainan diganti oleh orang lain. Begitu seterusna. Pokoknya seru deh kalau kalian bermain dengan permainan yang satu ini.

4. Permainan bentengan



Kalau permainan bola bekel kebanyakan dimainkan oleh perempuan, permainan ini sebaliknya. Permainan bentengan merupakan permainan yang sering dimainkan oleh anak laki-laki. Bentengan  mengajarkan stretegi perang dan kecepatan dalam menangkap atau menghindari musuh. Ada sumber yang mengatakan bahwa permainan ini mencerminkan tetang perjuangan bangsa Indonesia pada saat melawan penjajah. Nama permainan “bentengan” ini sendiri diambil dari nama markas yang dulu dikenal dengan sebutan benteng.

5. Permainan Egrang



Egrang termasuk permainan tradisional Jawa Barat (Sunda). Permainan ini saat ini masih bisa ditemui, misalnya pada acara 17 Agustusan pasti ada nih yang memakai permainan ini sebagai salah satu ajang perlombaan. Egrang tidak begitu dikenal oleh masyarakat luas, karena pada kenyataannya sejarah permainan ini simpang siur dan belum ada kejelasan.

Egrang adalah permainan yang menggunakan alat dari 2 batang bambu, masing-masing berukuran 4-5 meter, dengan pijakan yang terdapat di bawah bambu, sekitar 50 cm dari ujung bambu. Permainan ini dimainan oleh 2 orang atau lebih. Cara memainkan permainan ini cukup mudah, kalian tinggal naik menginjak pijakan tersebut kemudian berjalan seperti biasa dan melaju sekencang-kencangnya :D. Siapa yang cepat dia yang menang hehe.

6. Permainan Congklak



Permainan congklak mempunyai daya tarik tersendiri  dari bentuk papan congklak yang digunakan. Selain itu permainan ini tidak menguras tenaga dan tidak mengeluarkan keringat. Karena dalam permainan ini dilakukan dengan cara duduk santai, seperti di pantai :D.

Congklak merupakan permainan yang asalnya dari Timur Tengah kemudian menyebar ke Benua Afrika, setelah itu menyebar memasuki kawasan Asia. Permainan ini popular di Indonesia karena masuknya bangsa Arab ke Indonesia. Jumlah lubang yang ada dalam papan congklak ini berjumlah 16 lubang yang dibagi menjadi dua 7 lubang kecil dan 2 lubang besar, lubang yang menjadi tujuan dengan masing-masing pemain memiliki 1 lubang.


7. Permainan Kelereng



Nah untuk permainan yang satu ini merupakan salah satu permainan favoritnya anak laki-laki juga karena dalam permainan ini dibutuhkan skill. Untuk saat ini mungkin masih banyak ditemukan anak laki-laki yang bermain kelereng ini. Permainan kelereng ini tak hanya populer di Indonesia. Melainkan di berbagai Negara, salah satunya Prancis. Awalnya dari Prancis kemudian menyebar ke Mesir dan Yunani. Permainan ini dikenalkan oleh orang-orang Romawi.

8. Permainan Lompat Tali



Kalau dari tadi membahas permaian favoritnya anak laki-laki. Lompat tali menjadi salah satu favoritnya anak perempuan. Yey mana suaranya anak perempuan :D. Lompat tali ini juga menjadi favorit saya waktu masih muda lho hehe.
Lompat tali termasuk permainan yang terbuat dari karet gelang yang digabungkan dan disusun panjang. Permainan ini sudah ada semenjak Belanda menjajah Indonesia. Tetapi ada juga yang mengatakan bahwa lompat tali ini berasal dari benua Eropa yang menyebar ke benua-benua lainnya termasuk benua Asia Tenggara tepatnya Indonesia. Bukan hanya itu ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa permainan ini berasal dari Mesir, Cina, Australia, dan sebagainya. Tidak ada kejelasan yang pasti tentang asal usul permainan lompat tali ini.

Tak hanya itu permainan tradisional yang ada di Indonesia, ada banyak permainan tradisional lainnya yang ada di Indonesia. Gimana kalau kamu pernah memainkan permainan tradisional yang mana?


All source pictures : Google

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v

6 comments:

  1. cuma engrang doang yang waktu kecil gak pernah aq mainkan, karena gak ada alatnya sih, tapi tahu permainan tersebut, kalau sekarang mulai ngenalin mainan engklek ke anakku yang usia 4 tahun, masih bingung2 sih dia mainnya tapi seneng yang paling gampang dan mudah di ajarin itu petak jongkok sama petak umpet, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan mengenalkan permainan tradisional ke si kecil sudah berarti telah menjaga kelestarian Negara Indonesia :).

      Bener banget bun main petak umpet itu memang mudah di ajarin, terkadang saya saja juga mainan itu sama anak-anak :D

      Delete
  2. mainan anak 90an banget nih. semua pernah saya mainin kecuali egrang.
    hmm.. kalo anak sekarang mah kayaknya gapernah main beginian yaa.. mantengin gadget mulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak, padahal kan permainan tradisional nggak kalah serunya dibandingkan permainan zaman sekarang.

      Delete
  3. Wahhh bebeb, ini semua permainanku sama teman2 waktu SD. Adalagi permainan yang ga kalah seru beb, petak umpet hihi. Aduh jadi inget masa kecil yang sangat menyenangkan tanpa mengenal gadget, miris anak sekarang semuanya pegang gadget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bun, andai saja anak-anak zaman sekarang mainan seperti zaman kita dulu, pastikan seneng banget lihat anak-anak mainan gitu :D

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.