Tips Memilih Baju Gamis Berdasarkan Bentuk Tubuh



Anisa AE - Siapa di sini yang suka memakai gamis? Angkat tangan yang tinggi hehe. Kalian tahu tidak baju gamis sekarang banyak digemari oleh kaum hawa terutama yang berhijab. Gamis adalah model baju wanita dengan potongan panjang dan longgar yang menutupi lekuk tubuh yang biasanya dipilih untuk tampil kasual. Gamis mempunyai model baju menyatu antara atasan dan bawahan yang berbentuk lurus, panjang dan longgar untuk menutupi seluruh badan mulai dari leher sampai ke mata kaki. Busana gamis awalnya berupa jubah hitam yang biasa digunakan oleh perempuan muslim di wilayah semenanjung Arab.


Gamis biasanya banyak digunakan oleh kaum hawa pada saat Hari Raya Idul Fitri tapi juga tak banyak kaum hawa yang menggunakan gamis untuk mendatangi acara seperti pengajian ataupun yang bersifat islami. Tidak hanya untuk mendatangi acara pengajian saja, tetapi juga bisa digunakan untuk acara lainnya.

Seiring berjalannya waktu gamis mulai dikembangkan menjadi busana modern yang kekinian dengan perpaduan bahan, warna dan pola yang menarik membuat model gamis masa kini semakin mewah dan elegan. Nah, untuk kalian yang suka memakai gamis tapi masih belum percaya diri, di sini ada nih tips memilih gamis sesuai bentuk tubuh kalian :

1. Perempuan bertubuh mungil




Buat kalian kaum hawa di mana pun berada :D. Siapa nih di sini yang mempunyai tubuh mungil? Untuk kalian yang mempunyai tubuh mungil jangan khawatir dalam memilih gamis. Karena kalian bisa menggunakan model busana gamis yang memiliki potongan di bagian pinggang. Dengan menggunakan model ini kamu akan menegaskan bagian torsomu dan membuat ilusi tubuh yang lebih jenjang. Tak hanya itu, kamu juga dapat melakukan penegasan itu dengan memilih gamis yang memiliki aksen brokat di bagian atasan atau yang memiliki warna kontras. Kalian juga bisa mengakalinya dengan menggunakan belt/sabuk yang digunakan tepat di bagian pinggang.

2. Perempuan bertubuh kurus jangkung



Untuk kalian yang bertubuh kurus jangkung sebernarnya hampir sama dengan perempuan bertubuh mungil karena juga cocok menggunakan gamis yang memberikan sedikit bentuk untuk tubuhmu. Tetapi juga ada bedanya, bedanya kalau kamu yang bertubuh mungil disarankan untuk menegaskan lekuk tubuh di bagian pinggang untuk tubuh yang tampak lebih jenjang. Nah, kalau kalian yang bertubuh kurus jangkung ditegaskan untuk menegaskan potongan busana gamis di bagian bawah dada atau dikenal dengan cutting umbrella. Oh iya tak hanya itu, pilih juga bahan pakaian yang ringan dan flowy agar kamu tetap memperlihatkan jenjang tubuhmu dengan sedikit tambahan lekuk.

3. Perempuan dengan tipe tubuh pear


Perempuan yang memiliki tubuh pear ini biasanya memiliki pinggul lebih lebar dari bahu. Tak usah khawatir, karena Anda dapat menggunakan gamis dengan model berpotongan longgar tanpa aksen apapun dan biarkan gamis jatuh saat dipakai. Kalau kalian ingin tampil lebih manis tambahkan juga beads (manik-manik) pada bagian kerah atau juga bisa menggunakan tambahan bros untuk mempercantik tampilan.


4. Perempuan dengan tubuh jam pasir


Nah, untuk tipe tubuh yang satu ini adalah bentuk tubuh idaman para kaum hawa. Kalian para wanita dengan bentuk tubuh jam pasir sungguh beruntung, karena tipe ini memiliki bentuk tubuh ideal yang mudah memilih berbagai jenis busana. Kalian bisa mengenakan gamis model apapun, karena semua model gamis akan terlihat bagus ketika dipakai. Maka bersyukurlah kalian para kaum hawa yang mempunyai tubuh bentuk jam pasir ini :D

5. Perempuan bertubuh kurus



Perempuan dengan tubuh kurus sebaiknya menggunakan model potongan lebar di bagian bawah merupakan pilihan yang cocok buat kalian yang bertubuh kurus. Tidak perlu khawatir potongan yang lebar di bagian bawah akan membuat tubuhmu terlihat semakin kurus. Karena, potongan bawah yang lebar justru akan membuat ilusi tubuh yang lebih berisi. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan gamis dengan motif yang ramai atau bahan dengan tekstur di permukaannya yang membuat tubuhmu tampak telihat lebih berisi.

6. Perempuan dengan tubuh berisi


Nah, kalau tadi membahas yang bertubuh kurus sekarang di sini akan saya bahas untuk kalian yang mempunyai tubuh berisi. Untuk kalian para kaum hawa yang mempunyai tubuh berisi jangan takut untuk mencoba model busana gamis ya. Cara memilih gamis yang cocok untuk kamu adalah dengan cara memilih ukuran yang benar-benar pas dengan tubuhmu. Ingat ya, jangan pilih busana gamis berukuran terlalu besar atau dengan model yang terlalu longgar. Karena dengan memilih ukuran yang tidak sesuai bukannya memberikan ilusi yang lebih ramping. Busana gamis yang kebesaran akan membuat tubuhmu semakin besar. Oh iya kalian juga bisa bermain dengan motif gamismu, misalnya dengan menggunakan motif bunga kecil-kecil.


7. Bentuk tubuh segitiga terbalik



Bentuk tubuh yang satu ini dicirikan oleh bahu yang lebar, dada yang lebar dan penuh, pinggang dan pinggul yang rata, pangkal lengan yang besar. Nah, untuk bentuk tubuh yang satu ini kamu dapat memilih gamis dengan model potongan di bagian dada. Model ini akan menyamarkan bagian dada yang lebar agar tampak lebih proporsional.

8. Bentuk tubuh Gemuk



Terkadang kalian para wanita yang memiliki badan gemuk kesulitan untuk memilih model baju yang sesuai. Tak terkecuali ketika memilih baju gamis. Tetapi dalam memilih baju gamis tidak sesulit memilih baju-baju yang lain, karena biasanya baju gamis tersedia hingga dalam ukuran XXL atau jumbo dan potongannya pun juga mendukung wanita gemuk. Gamis yang biasanya digunakan untuk wanita gemuk biasanya terbuat dari bahan yang melar, ini bertujuan untuk mengikuti bentuk tubuhmu. Agar tidak terlihat semakin gemuk, pilih model gamis yang potongannya melebar namun juga tidak terlalu lebar juga ya gaes, hehe. Satu lagi ya gaes, gunakan gamis dengan warna gelap karena warna gelap akan membuat Anda tampak lebih kurus.

9. Gamis untuk Ibu hamil



Siapa yang bilang Ibu hamil nggak boleh pakai baju gamis? Boleh banget kok Bunda pakai baju gamis. Tapi Bunda harus menyesuaikan model baju gamis untuk Ibu hamil sesuai usia kehamilan. Bunda dapat menggunakan gamis berbahan katun agar dapat menyerap keringat dan tidak membuat gerah ketika digunakan untuk berjalan kesana-kemari. Warna yang cerah juga akan membuat kesan bahagia dan ceria, tetapi juga tidak ada salahnya ya Bunda mau menggunakan warna pastel atau berwarna gelap. Semua itu terserah Bunda hehe :D.

10. Gamis untuk remaja modis


Bagi remaja yang suka menggunakan menggunakan gamis, tenang saja memilih model baju gamis untuk remaja tidak sesulit memilih baju gamis untuk orang dewasa. Biasanya, baju gamis identik dengan warna-warna ceria serta motif yang cukup banyak. Jika tidak terlalu suka dengan gamis bermotif, Anda bisa memakai gamis berwarna pastel.

Gimana masih bingung mau pakai baju gamis yang seperti apa. Yuk kenali bentuk tubuhmu, dan sesuaikan dengan tips yang ada di atas. Pasti bikin penampilanmu tambah cantik menawan dan anggun hehe.

Gimana udah mengenali bentuk tubuhmu, kamu termasuk bentuk tubuh yang mana nih hehe :D 


All source pictures : Google

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^

28 comments:

  1. yang pertama dapet pertamaks lhoo..

    ReplyDelete
  2. Ternyata milih baju itu nggak boleh asal-asalan ya Mbak Admin ? harus sesuai bentuk dan lekuk body ya..?

    ReplyDelete
  3. Memilih baju yang asal asalan yang tidak sesuai ukuran body besar kemungkinan hasil dandanan menjadi tidak karu karuan, apa lagi saat hamil memilih baju tipe baju kondangan...

    bayangkan bagaimana jadinya coba ?

    ReplyDelete
  4. untuk itu, jika hendak berbelanja baju, bisa meminta tolong sama Mbak Admin biar di pilihkan baju yang sesuai dengan kondisi bentuk tubuh anda saat ini....

    ReplyDelete
  5. Mbak AE nanti kapan2 saya minta tolong pilihkan baju special buat saya..ya..biar penampilan saya lebih menggoda saat bertatap muka, lebih menarik saat di lirik.....

    ReplyDelete
  6. beginilah kalau mode moderasi, nggak bisa reply komen sendiri, tapi nggak apa apalah, saya rela kok di moderasi...asal Mbak Admin bahagia

    ReplyDelete
  7. Catatannya bermanfaat. Keluhan saya adalah rata2 baju gamis kepanjangan (utk roknya) padahal udh pas dibadan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mbak, bisa menggunakan tips dia atas kalau mau membeli baju gamis lagi hehe :)

      Delete
  8. lho...kemana nih dik Admin...kok belum pada muncul nih komentarnya....nah begini nih kalau mode moderasi...

    Tapi hati saya jangan di moderasi ya ...pliiissss....

    ReplyDelete
  9. yang utk bumil aku nih hihihi
    klo kakak aku yg kurus memang sering beli baju model gitu mbaaa, iya jadi nggak klihatan kurus diaa hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mbak. Mbak juga bisa pakai baju gamis dengan melihat tips yang untuk Ibu hamil hehe :)

      Delete
  10. wuah favorit aq nih kalau lagi hamil pake gamis2, ringkes dan nyaman hehehe, yang penting ada resleting depan atau kancing biar bisa pake terus sampe jadi busui

    ReplyDelete
  11. iya nih, baju gamis banyak dipakai pas hari idul fitri. tapi ada juga yg dipakai pas acara hajatan.

    ReplyDelete
  12. Wah, bermanfaat banget untuk saya yang sering bingung mencari gamis karena badang yang pendek tapi juga gemuk,hehehe

    ReplyDelete
  13. Ada aja baju sesuai bentuk tubuh, klo aku mah nggak mikir badanku kyk apa, yg tak pikir kui hargane piro 😁😁

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.