9 Manfaat Berpelukan Bagi Tubuh





Anisa AE - Siapa sih nggak suka berpelukan? Teletubbies aja suka kok :D. Setiap orang yang sedang berpelukan mereka akan mendapatkan momen hangat yang dirasakan. Menurut penelitian, manusia membutuhkan 4 buah pelukan setiap harinya untuk bertahan hidup, 8 pelukan untuk perawatan diri sendiri dan juga 12 pelukan untuk tumbuh.



Meski belum didukung oleh fakta-fakta yang kuat. Akan tetapi, berpelukan mempunyai banyak manfaat lho gaes :D. Pelukan yang biasa kita lakukan bersama sahabat, orangtua atau bahkan dengan pasangan kita ternyata sudah terbukti memberikan banyak manfaat dan sudah terbukti secara ilmiah.
Tahukah Anda apa saja manfaat yang akan Anda dapatkan ketika melakukan pelukan? Mau tahu, yuk simak artikelnya sampai habis oke ? hehe. Manfaat melakukan pelukan :

1. Membuat lebih tenang


Pelukan adalah salah cara yang bisa dilakukan manusia untuk menunjukkan bahwa kita menghargai orang lain. Di zaman yang segalanya serba cepat, instan, banyak orang yang sibuk karena untuk melakukan banyak hal. Tak banyak dari mereka selalu terburu-buru untuk menyelesaikannya. Dengan memberikan pelukan akan membuat seseorang lebih tenang dan tidak merasa diburu-buru oleh waktu. Apalagi kalau banyak masalah yang menimpa, anggap saja teman kalian sedang mengalami masalah, sebaiknya yang harus Anda lakukan adalah dengan memeluknya dengan begitu ia akan merasa lebih tenang dan kuat mengahadapi masalah yang dia alami.

2. Merangsang kelenjar timus


Bagi remaja pelukan juga sangat dibutuhkan karena bersifat penting dalam mengatur pertumbuhan dan juga masa pubertas. Apa manfaatnya cuma untuk remaja aja? Eits jangan salah. Pelukan juga mempunyai manfaat yang besar bagi orang dewasa, kelenjar timus berkaitan dengan produksi sel darah putih yang berfungsi memperkuat kekebalan tubuh dan menangkal berbagai jenis penyakit.


3. Merangsang oxytocin


Kalian tahu tidak apa itu oxytocin? Oxytocin merupakan senyawa penghubung pada otak yang bekerja dalam sistem limbic, pusat otak yang berkaitan dengan perasaan manusia. Oxytocin berfungsi untuk meredakan rasa stress, cemas. Oxytocin sangat mampu untuk mempengaruhi wanita. Senyawa yang satu ini juga akan membuat wanita tak lagi merasakan sakit pada tubuh ketika melihat bayi yang dilahirkannya untuk pertama kali.
Sedangkan untuk pria, penelitian dari University of California mengungkapkan bahwa senyawa ini yang mempengaruhi pria agar lebih menyayangi pasangannya. Pada saat berpelukan otak akan melepaskan oxytocin dan juga menurunkan stress. Tidak hanya itu, salah satu manfaat dari senyawa ini adalah mencegah penyakit jantung.

4. Meningatkan kepercayaan diri


Ternyata berpelukan juga dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang lho. Rangsang taktil memiliki peran penting untuk pertumbuhan bayi, karena bayi yang baru lahir akan mengenal orang tuanya melalui sentuhan. Untuk yang pertama kalinya, keluarga memberikan kita sebuah pelukan itu menunjukkan bahwa kita merupakan orang yang spesial dan juga dicintai. Pelukan yang diberikan oleh orangtua tertanam sampai tingkat sel kita dan ternyata berhubungan dengan kemampuan kita yaitu mencintai diri sendiri.

5. Keseimbangan sistem saraf


Salah satu manfaat pelukan adalah dapat menyeimbangkan sistem saraf. Hal ini dibuktikan karena kulit mengandung jaringan yang bisa merasakan sentuhan dan berkaitan langsung dengan otak melalui saraf vagus. Kemudian tubuh kita akan memberikan respons, respon yang terjadi pada tubuh kita ketika mendapat pelukan membuat sistem saraf parasimpatik menjadi seimbang dan akan berfungsi dengan baik.

6. Meningkatkan rasa berharga


Selain dapat meningkatkan rasa percaya diri, ternyata pelukan juga bisa meningkatkan rasa berharga. Dengan berpelukan kita merasa seakan-akan disayang dan juga dihargai. Maka dari itu, secara tidak sadar ketika kita berpelukan dengan orang lain kita tahu bahwa ada yang menghargai dan menyayangi kita. Tidak ada perasaan yang lebih indah daripada hal itu, terutama dengan keluarga atau seorang sahabat, bisa juga dengan pasangan.

7. Dapat meningkatkan keterikatan emosi dan spiritual



Dengan berpelukan akan membuat Anda dengan orang lain termasuk juga dengan pasangan, berinteraksi secara fisik. Hal ini akan membuat kalian bisa merasakan keterikatan emosi dan juga sekaligus spiritual satu sama lain. Jadi, yang awalnya kaku menjadi lebih rileks seusai berpelukan. Cocok buat Anda yang sedang bertengkar nih.

8. Mencegah tumbuhnya penyakit


Touch Research Institut yang ada di University of Miami School of Medicine mengungkapkan bahwa sentuhan pelukan mempunyai efek yang sangat besar terhadap kesehatan tubuh Anda. Dengan berpelukan dapat meredakan rasa sakit yang sedang Anda alami dan juga meingkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk pada penderita kanker.

9. Mengurangi resiko terkena penyakit jantung


Dengan berpelukan ternyata juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Grewen dan tim dalam jurnal NBCI melakukan sebuah penelitian terhadap 200 orang dewasa yang terbagi menjadi dua kelompok. Untuk kelompok pertama diminta berpegangan tangan selama 10 menit dan juga berpelukan selama 20 detik. Sementara, untuk kelompok kedua dimintai untuk duduk diam selama 10 menit 20 detik. Untuk hasil yang didapatkan bahwa kelompok pertama menunjukkan penurunan tekana darah dan juga denyut jantung dari kelompok yang kedua.

Ternyata banyak juga manfaat yang diperoleh dari berpelukan. Jadi, sering-seringlah kalian berpelukan dengan orang yang Anda sayangi dan selamat berbahagia hehe.


All source pictures : Google

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v