Viral! Bayi dengan Nama 19 Kata Pecahkan Rekor Nama Terpanjang di Indonesia






Anisa AE - Tuban merupakan salah satu wisata religi yang terletak di Jawa Timur ini dengan adanya Sunan Bonang. Selain itu, saat ini telah terdapat bayi yang memilki nama sepanjang 19 kata. Masya Allah, panjang sekali bukan?


Untung saja bayi tersebut berjenis kelamin laki-laki. Kalau perempuan, pada saat menikah nanti, mungkin calon suaminya akan kesulitan menghafal nama yang begitu panjang untuk melakukan ijab qobul, hehe.

Bayi lucu nan imut tersebut bernama lengkap Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askhala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi-Thariq Ziyad Syaifudin Quthuz Khoshala Sura Talenta. Bayi tersebut adalah anak dari pasangan Arif Akbar dan Suci Nur Aisiyah yang berkediaman di Desa Ngujuran, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Rangga lahir pada hari Minggu, 6 Januari 2019 pukul 13.45 WIB.

Cordosega diambil dari nama-nama kota dalam sejarah Islam. Cordosega merupakan singkatan dari tiga nama kota yakni, Cordofa, Sevilla, dan Granada.

Mungkin nama bayi yang panggilannya Cordo tersebut akan memecahkan rekor nama terpanjang di Indonesia yang saat ini rekor tersebut sementara masih dipegang oleh seorang siswi SMK 2 Yogyakarta dengan nama lengkap Aiwinur Siti Diah Ayu Mega Ningrum Dwi Pangestuti Lestasi Endang Pamikasih Sri Kumala Sari Dewi Puspita Anggraini.
Pak Arif menuturkan bahwa nama sepanjang 19 kata tersebut merupakan hasil diskusi bersama pamannya Mujoko Zahid yang merupakan budayawan asal Bumi Ronggolawe Tuban. Menurut beliau, nama tersebut memiliki makna yang sangat luas.

Ayah dari bayi laki-laki tersebut merasa biasa saja kala mendengar nama anaknya menjadi viral dan perbincangan di media sosial.

Bayi tersebut lahir dalam kondisi normal, tidak operasi Caesar. Berat bayi berjenis kelamin laki-laki itu saat lahir adalah 3,5 kilogram.

Sang ayah mengatakan alasannya memberikan nama panjang untuk putra keduanya itu erat kaitannya dengan sejarah kota-kota teladan mercusuar ilmu, yang membuat islam menjadi referensi dunia. Ia berharap putranya kelak berpenalaran landung selandung namanya dan menjadi inspirasi peradaban umat manusia serta menjadi tokoh yang mendunia. Selain itu, Pak Arif juga berharap kelak putranya menjadi pribadi yang tidak gampang berpikir lokal, sempit, dan, primordial. Namun, mempunyai wawasan global serta memiliki karsa dan power untuk merealisasikan wawasan besarnya. Kuat tetapi berjiwa lembut dan welas asih.

Ayah dari bayi laki-laki itu juga berharap kelak tidak akan ada masalah dalam pengurusan segala jenis administrasi.

Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk setiap hal yang ada pada diri anak-anaknya. Termasuk nama anak. Bagi orang lain mungkin nama yang disematkan kepada anak dari pasangan Pak Arif Akbar dengan Ibu Suci Nur Aisiyah berlebihan. Namun, bagi pasangan tersebut nama anaknya begitu berharga. Sehingga mereka benar-benar menyiapkan nama calon anaknya (ketika masih dalam kandungan) secara matang. Berharap kelak menjadi doa dan terwujud.

Tidak ada orangtua yang memberikan nama kepada anaknya secara asal-asalan. Kecuali, jika para orangtua belum mengerti begitu berharga dan berartinya sebuah nama. Apalagi jika mengingat zaman dulu. Pasti kita akan menemui nama orang yang aneh-aneh seperti cikrak, pacul, dan nama aneh lainnya. Apabila ada orangtua menyiapkan dan memberi nama yang baik untuk anaknya, berarti mereka sudah mengerti aturan agama. Karena, dalam agama Islam sangat dianjurkan memberikan nama terbaik bagi anak-anak. Harus tahu artinya. Sebab, nama adalah sebuah doa.





Tidak heran, apabila ada orangtua yang sampai pergi ke kyai, ustadz, atau orang ahli agama hanya untuk mendapatkan sebuah nama bagi calon anak-anak mereka. Ada juga yang mencari sendiri dalam Alquran. Karena, memanglah Alquran merupakan sumber kehidupan bagi manusia. Maka dari itu, jadilah orangtua yang baik untuk anak-anakmu kelak. Agar nantinya tidak sembarangan dalam memberikan sebuah nama bagi anak dan menjadi teladan bagi keturunanmu di masa depan.
Dalam semacam ini, pengambilan nama dari Alquran sangat direkomendasikan. Terlebih makna yang ada dari nama itu memiliki kandungan suatu hal yang baik serta pastinya juga akan memiliki pengaruh baik juga pada bagian kepribadian seseorang. Karena, selain laksana doa nama juga mempunyai sebuah rahasia di dalamnya. Begitu juga dengan arti serta dasar hukum dari makna nama seseorang dalam Alquran menurut kajian Islam.

Saya pribadi merespon baik atas keputusan Pak Arif dan Ibu Suci dalam memberikan sebuah nama bagi anaknya. Mereka begitu mencintai anak-anaknya. Sehingga memberikan nama begitu indah dan baik artinya pada anak-anak mereka. Termasuk kepada anak kedua Pak Arif dan juga Bu Suci. Berarti mereka paham pentingnya dalam memberikan sebuah nama.

Hanya saja yang saya takutkan akan menjadi masalah ketika mengurus segala jenis administrasi nantinya. Namun, semoga tidak akan jadi masalah ya. Kode nih, buat pemerintahan, hehe.
Selain memberikan sebuah nama dengan arti yang baik. Pastinya orangtua  mempunyai maksud dan tujuan juga kenapa memberi nama tersebut kepada anak mereka. Tentu orangtua berharap suatu saat anaknya berkepribadian seperti nama yang telah disematkan.

Kakak dari bayi viral tersebut juga menghafal dengan baik nama adiknya yang sangat panjang itu lho. Saat ditemui di kediamannya dan dites, sang kakak menyebutkannya dengan begitu baik dan lancar. Keren kan? Iyalah masih keluarganya sendiri, pasti hafal lah. Entah kalau orang lain, hehe.

Jadi, sebelum meyakinkan nama mana yang layak untuk dijadikan identitas atau jati diri seseorang, orangtua harus memahami dengan pasti makna dari satu nama tersebut menurut Islam di dalam Alquran.

Jangan sampai karena keliru dalam memilih sebuah nama, si anak jadi bahan olokan teman-temannya ketika sudah besar nanti. Seperti nama cikrak di atas tadi. Kan kasihan. Jangan pula asal comot dari Alquran. Harus benar-benar baca dan tahu artinya. Karena, tidak setiap bahasa Arab memiliki arti yang baik. Seperti halnya bahasa Indonesia atau bahasa luar negeri lainnya yang juga memiliki arti tidak baik. Begitu juga dengan bahasa Arab. Ingat! Nama adalah sebuah doa. Jangan sampai terpengaruh dengan kalimat, “Apalah arti sebuah nama.” Tentu sangat berarti. Begitu beruntung ya bayi viral tersebut memiliki orangtua Pak Arif dan Bu Suci.

Dari pasangan di atas kita bisa mencontoh bahwa sebagai orangtua tidak boleh sembarangan dalam memberikan nama kepada anak-anakya. Karena, nama akan menjadi identitas paten seseorang. Jangan sampai karena sebuah nama yang tidak pas, nama itu akan menjadi bahan olok-olokan ketika sudah besar nanti.


Baca juga: ZOMBIE DEER VIRUS

Semoga bayi laki-laki yang sekarang sudah berusia hampir dua bulan ini dengan nama 19 kata yaitu Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askhala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi-Thariq Ziyad Syaifudin Quthuz Khoshala Sura Talenta menjadi seperti apa yang diharapkan kedua orangtuanya.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v



14 comments:

  1. Pasti susah nanti kalau mau buat kartu atau ktp, karna nama nya gak muat...

    ReplyDelete
  2. Wahhh iya tuh namanya panjang bangett, ga tanggung tanggung wuehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya. Meskipun namanya panjang akan tetapi memiliki makna yang bagus

      Delete
  3. Namanya panjang banget ya semoga si anak kelak juga mau menerima nama yang panjang ini. dan meyadari bahwa nama yang diberikan oleh orang tuanya bermakna baik bagi kehidupan anakn tsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya. Di balik nama yang panjang juga ada makna yang baik juga Bun :)

      Delete
  4. Wowww, kalau panjang amat, jadi susah ngapalinnya :D

    ReplyDelete
  5. Nama biasanya doa yang diselipkan ortu dalam nama, semoga berkah nantinya aamiin.

    ReplyDelete
  6. namanya panjang banget, ga kebayang di ijazah nulisnya gmn :D

    ReplyDelete
  7. Memnag memilih nama harus penuh kehati-hatian. Tapi kalo sepanjang ini, duh kasihan nanti mengisi berbagai formulir.

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.