Gejala, Penyebab, dan Cara Menangani Kanker Kelenjar Getah Bening










Anisa AE - Apa sih kelenjar getah bening itu? kelenjar getah bening memang ada di dalam setiap tubuh manusia sekitar 600 buah. kelenjar getah bening merupakan salah satu yang berperan dalam kekebalan tubuh manusia. Kelenjar ini tidak terasa jika diraba. Karena memang letaknya sebagian besar di dalam tubuh dan memiliki ukuran yang kecil sekitar kurang dari 1 sentimeter.

Di Indonesia sendiri sudah tidak jarang terdapat kasus pasien terkena penyakit kanker kelenjar getah bening. Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang berbahaya. Ingat komedian Almarhum Olga Syahputra? Nah, dia meninggal juga diakibatkan penyakit satu ini. Pada awalnya penyakit ini memang tidak terasa dan tidak banyak orang yang mengetahui tanda-tanda dari penyakit ini.  Akan tetapi, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui gejala-gejala yang timbul untuk mencegah terjadinya penyakit menyeramkan ini.

Jika mengetahui dan memeriksakan lebih awal, kemungkinan besar sembuhnya 100%. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Maka dari itu jaga pola hidup, makan, dan olahraga yang teratur.







Kanker kelenjar getah bening ini umumnya diderita oleh pasien wanita. Penyakit ini ada dua jenis yaitu, limfoma hodgkin dan limfoma non-hodgkin. Untuk limfoma hodgkin sendiri ciri-cirinya adalah terdapat benjolannya di bagian atas seperti leher, ketiak, dan dada. Umumnya benjolan itu berukuran sebesar biji kacang merah atau kacang polong dan bahkan bisa lebih dari itu. Sedangkan jenis limfoma non-hodgkin bisa muncul pada daerah kelenjar getah bening di seluruh tubuh. Penderita kanker getah bening jenis limfoma hodgkin umumnya pada usia antara 15-24 tahun. Sedangkan jenis limfoma non-hodgkin penderita rata-rata berusia 50 tahun ke atas dan sebagian besar diketahui pada stadium lanjut.





Umumnya gejala yang ditimbulkan oleh jenis limfoma hodgkin maupun non-hodgkin adalah sama. Di antaranya seperti, kelelahan, demam, berat badan menurun, bengkak di area kelenjar getah bening, gatal-gatal pada bagian-bagian tertentu ataupun sekujur tubuh, menggigil serta berkeringat berlebihan di malam hari. Cara pengobatannya pun berbeda sesuai jenis kanker dan stadiumnya.



Beberapa tanda adanya penyakit kanker kelenjar getah bening di bawah ini:

1. Berat badan turun drastis tanpa diketahui penyebab yang jelas dan sedang tidak diet. Hal itu disebabkan tubuh yang membakar lebih banyak energi karena mencoba melawan sel-sel kanker yang terdapat dalam tubuh dan nafsu makan semakin berkurang.

2. Menggigil, demam dan berkeringat berlebihan. Jika terjadi demam berarti itu tandanya imunitas seseorang telah menurun sehingga menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit. Dalam penyakit ini gejala menggigil, demam dan juga berkeringat secara berlebihan biasanya terjadi pada malam hari atau ketika tidur. Saking banyaknya keringat sampai bisa membasahi baju maupun sprei yang dikenakan. Namun, suhu demam ini rendah. Tidak lebih dari 38°C.

3. Mudah atau cepat lelah merupakan gejala apabila tubuh sedang tidak dalam keadaan sehat. Gejala lelah ini terjadi secara terus menerus tanpa adanya alasan yang jelas. Segera periksa ke dokter apabila kamu mengalami hal ini.



4. Timbulnya rasa gatal di sebagian ataupun sekujur tubuh yang bisa menimbulkan ruam atau bintik-bintik merah. Hal itu bisa mengakibatkan munculnya benjolan pada kulit. Biasanya kondisi seperti ini terjadi pada penderita kanker kelenjar getah bening jenis limfoma hodgkin.

5. Punggung bagian bawah ataupun dada akan terasa nyeri. Apabila nyeri pada bagian bawah punggung itu disebabkan pembengkakan pada saraf sumsum tulang belakang. Sedangkan nyeri di bagian dada disebabkan adanya kanker kelenjar getah bening yang memengaruhi timus. Timus merupakan organ kecil yang letaknya di antara tulang dada dan paru-paru.

6. Nyeri di bagian perut. Sebenarnya hal ini terjadi apabila kanker kelenjar getah bening terjadi di bagian perut dan terjadi secara konstan serta sulit dihilangkan. Apabila kamu mengalami hal tersebut, segeralah periksa ke dokter.

7. Adanya pembengkakan di wilayah kelenjar getah bening pada saat stadium awal. Umumnya pembengkakan atau benjolan terdapat di daerah leher, ketiak, ataupun pangkal paha.

Selain tanda-tanda adanya penyakit kanker kelenjar getah bening, ada pun beberapa faktor penyebab terjadinya penyakit berbahaya ini sebagai berikut:



1. Pembengkakan getah bening atau biasa disebut kelenjar limfa ini bisa disebabkan adanya infeksi virus. Apabila terdapat benjolan di daerah kelenjar getah bening, itu tandanya area tersebut terserang virus.

2. Benjolan disebabkan oleh infeksi bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Salah satunya dari bakteri TBC.

3. Infeksi pada telinga juga bisa mengakibatkan pembengkakan atau benjolan di area telinga maupun leher.

4. Infeksi yang terjadi pada gigi juga merupakan salah satu penyebab adanya penyakit kelenjar limfa. Infeksi gigi ini sendiri disebabkan oleh penumpukan nanah di sekitar gigi ataupun gusi oleh adanya bakteri.

5. Infeksi HIV/ AIDS juga merupakan salah satu penyebab yang mengakibatkan terjadinya pembengkakan kelenjar limfa.

6. Jika mempunyai kutu rambut, jangan menyepelekannya ya. Karena selain terjadinya ruam pada kulit, kulit menjadi gatal, merah, terasa panas, dan perih itu bisa menimbulkan adanya penyakit berbahaya ini lho. Ini namanya disebabkan infeksi kulit. Infeksi kulit ada beberapa macam yaitu eksim, abses kulit, dan dermatitis kontak.

Baca juga: ZOMBIE DEER VIRUS


7. Adanya penyebab dari penyakit mononucleosis yang disebabkan oleh virus. Virus ini akan menularkan lewat air liur. Membuat penderitanya merasakan gatal-gatal, sakit tenggorokan, mimisan, demam, sesak napas, sakit kuning sampai membuat tubuh terasa sangat lemas.

Sampai sekarang pun penyakit ini belum ditemukan obatnya. Mungkin hanya obat untuk meringankan atau mengurangi penyakit berbahaya ini seperti antibiotik. Maka dari itu, lebih baik mulai sekarang jagalah kesehatan tubuh kamu serta kenali gejala sedari dini pada saat terserang jenis kanker apapun. Agar bisa mencegah sel kanker tumbuh menggerogoti tubuhmu.

Untuk mengetahui atau mendeteksi adanya penyakit kelenjar getah bening ini harus konsultasi pada dokter untuk melakukan CT scan atau X-ray. Selain itu Anda juga bisa menggunakan cara pengambilan sedikit sel pada jaringan yang terdapat benjolan untuk mendiagnosis suatu penyakit setelah diproses dalam laboratorium. Atau bisa juga dengan tes darah untuk mengetahui jumlah sel darah putih.



Dari dulu kanker adalah penyakit yang paling ditakuti selain jantung. Karena memang kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan kematian. Di Indonesia sendiri sudah tidak terhitung lagi korban meninggal akibat penyakit ganas satu ini. Maka dari itu, wajib hukumnya menjaga kesehatan tubuh kita.

Siapa sih yang ingin sehat? Siapa sih yang ingin terkena penyakit-penyakit ganas seperti di atas? Pasti setiap manusia tidak ada yang memimpikan mempunyai penyakit berbahaya itu. Semoga kita semua terhindar dari berbagai macam penyakit amin. Karena sehat itu mahal guys.

Lebih baik tidur dan makan di rumah sendiri daripada harus tinggal di rumah sakit. Duh paling gak enak tuh. Selain itu bau obat di rumah sakit membuat semakin gak nafsu makan. Itu sih kalau saya ya, hehe.
Oh iya, kelenjar getah bening dan kelenjar tiroid itu beda lho ya. Kalau kelenjar tiroid benjolannya padat atau berisi cairan dan bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti kekurangan yodium, pertumbuhan jaringan tiroid yang berlebihan, kista tiroid, kanker tiroid, dan peradangan kronis tiroid (tiroiditis).

Benjolan yang disebabkan oleh pembengkakan kelenjar tiroid ini umumnya terdapat di bagian tengah leher, seperti halnya jakun pada pria. Bentuknya kecil dan apabila disentuh tidak akan terasa karena memang letaknya berada di dalam jaringan tiroid atau yang letaknya sangat dalam di tubuh.

Benjolan kelenjar tiroid ini memiliki ciri khas yaitu bisa bergerak seiring dengan proses menelan suatu makanan ataupun minuman. Hal ini disebabkan oleh kelenjar yang menempel pada tulang rawan yang fungsinya untuk menelan. Umumnya benjolan bergerak dari bawah ke atas.


Baiklah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian semua ya. Nah, buat kalian yang  mengalami gejala seprti di atas alangkah lebih baiknya kalian langsung konsultasi dengan dokter agar dapat ditangani :-).

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v

All picture by: Google




14 comments:

  1. Untung uda tahu penyebabnya, jadi tinggal mencegahnya saja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget. Mudah-mudahan nggak terjangkit penyakitnya ya kak :)

      Delete
  2. ternyata penyakit yang satu ini ngeri juga ya kak.
    Artikelnya bermanfaat, terima kasih kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak ngeri banget.

      Hehe iya kak, sama-sama

      Delete
  3. Aq waktu kuliah operasi kelenjar getah bening di leher sebelah kiri, gak terasa sakit sama sekali tp bb turun drastis, penyebabnya kata dokter banyak makan junkfood.

    takut banget kalo sekarang tumbuh lagi krn katanya memungkinkan, mkanya gak terlalu suka lagi makan junkfood.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm mulai sekarang lebih berhati-hati lagi ya kak.
      Semoga nggak tumbuh lagi. Semoga sehat selalu kak

      Delete
  4. Jadi ingat, baru-baru ini ada teman saya meninggal, dia mengidap kanker getah bening ini :(
    Semoga para survivornya bisa bertahan dan selamat dari kanker ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin :)
      Kasihan banget ya kak sampai meninggal dunia

      Delete
  5. saya jadi teringat alm olga
    terima kasih sharingnya mbak..

    ReplyDelete
  6. setelah lihat gambar, sy langsung cek..

    ReplyDelete
  7. Limfoma ini banyak menyerang para wanita ya mbak, kita harus berjaga dan tetap perhatikan kesehatan. Insyaallah kita jauh dari berbagai penyakit ya mbak, apalagi yang namanya kanker..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak.
      Amin semoga kita terhindar dari penyakit ini ya Mbak :)

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.