10 Barang yang Wajib dibawa Saat Akan Bersalin






Anisa AE - Masa kehamilan adalah masa yang paling dinantikan oleh para Bunda. Benar apa tidak nih? Apalagi bagi yang baru melakukan proses pernikahan. Apa ada nih di sini yang lagi mengandung sang buah hati? Sudah berapa bulan nih Bun?

Buat para Bunda yang usia kandungannya sudah memasuki usia 8 bulan atau bahkan sudah mau usia 9 bulan. Pastinya sudah ada rencana mau ke rumah sakit atau klinik kan Bun. Nah, apalagi ini merupakan calon anak yang pertama. Pastinya belum pernah kan mengalami proses melahirkan? Buat Bunda yang baru pertama kali mau melahirkan, nggak usah bingung nih sama barang apa saja yang harus di bawa ketika akan bersalin.


Penasaran barang apa saja yang wajib dibawa saat akan melakukan proses persalinan? Buat yang penasaran, simak terus artikelnya ya :D.

Ini nih saya kasih tahu 10 barang yang wajib dibawa saat akan bersalin :

1.  Popok bayi


Barang yang satu ini wajib banget nih dibawa oleh para Bunda ketika akan melakukan proses persalinan. Hal ini dikarenakan bayi yang baru lahir biasanya sering buang air kecil. Namun, pemilihan popok ini dianjurkan menggunakan popok kain ya. Mengapa harus memilih popok kain? Hal ini dikarenakan pada saat buang air kecil maupun buang air besar mudah dipantau oleh orangtua.

2.  Pakaian bayi


Ketika Bunda membawa pakaian bayi harus sesuai ya dengan calon dedek bayinya. Jangan sampai berbeda dengan dedek bayinya. Misalkan saja calon dedek bayinya perempuan, masa iya Bunda mau bawa pakain bayi laki-laki :D. Kalian tidak harus membeli baru kok untuk pakaian bayinya. Bunda bisa lho memakaikan pakaian lungsuran dari saudara, tetangga sekitar atau bekas dari anaknya yang pertama (kalau ada).

3. Waslap


Nah, perlengkapan mandi untuk calon dedek bayi juga wajib dibawa ya Bunda. Hal ini untuk memudahkan dalam proses memandikan si dedek bayi. Bunda tahu tidak perlengkapan mandi apa saja yang bisa dibawa? Jadi, Bunda bisa membawa waslap untuk menggosok tubuh bayi. Mengapa harus menggunakan waslap? Hal ini dikarenakan bahannya yang lembut dan juga nyaman di kulit si kecil.  

4. Handuk


Nah, selain waslap handuk juga sangat penting ya Bunda. Handuk ini digunakan untuk membungkus tubuh bayi ketika setelah mandi untuk mengeringkan tubuhnya. Maka dari itu, pilihlah handuk yang memiliki serat halus yang dapat menyerap air dengan baik.


5. Perlak





Barang selanjutnya yang wajib dibawa adalah perlak. Perlak ini berguna sebagai alas yang digunakan setelah si kecil mandi. Pilihlah perlak dengan ukuran yang lebih lebar ya Bunda. Hal ini agar tidak membasahi kasurnya juga.

6. Bra menyusui


Bra menyusui ini juga harus dibawa, jangan sampai ketinggalan lho. Karena bra menyusui ini memudahkan sekali buat Bunda saat menyusui si kecil yang baru lahir. Nah, ketika Bunda memakai bra menyusui kan jadi memudahkan tuh untuk proses menyusuinya.

7. Selimut


Baik selimut untuk Bunda yang mau melahirkan atau untuk si kecil yang lahir sama-sama penting ya. Selimut merupakan salah satu barang yang nggak boleh ketinggalan. Karena bayi yang baru lahir juga membutuhkan kehangatan dong pastinya. Selimut juga sangat penting untuk Bunda sendiri, karena biasanya ada Bunda yang kedinginan ketika mau melahirkan. Oh iya, membawa kaos kaki juga bisa lho.

8. Pakaian untuk Bunda dan juga Ayah


Karena Bunda berangkat ke rumah sakit atau klinik beberapa hari sebelum melahirkan. Maka dari itu, pakaian untuk Bunda juga jangan sampai ketinggalan ya. Karena nggak mungkin juga kan Bunda nggak ganti pakaian selama berhari-hari. Apalagi ketika setelah melahirkan. Pakaian dalam juga jangan lupa :D.

Nah, untuk Ayah juga sama nih. Nggak mungkin juga kan Ayah mau bolak-balik rumah sakit-rumah-rumah sakit hanya untuk berganti pakaian :D. Maka dari itu, sekalian bawa pakaian ganti untuk Ayah. Bayangkan saja kalau Ayah bolak-balik dari rumah sakit ke rumah, terus nanti siapa tuh yang mau menjaga Bunda yang mau melahirkan. Iya kalau ada saudara yang ke sana. Kalau tidak ada hayo, si Bunda kan jadi sendirian :(.

9.  Pembalut bersalin


Pembalut ini sangat penting. Apalagi ketika setelah air ketuban pecah. Usahakan membeli pembalut yang khusus untuk pasca melahirkan ya. Jangan membeli hanya satu buah saja. Kalau bisa langsung beli saja 1 pak. Selain pembalut Bunda juga bisa mebawa kreseknya sekalian ya Bun. Kresek ini fungsinya untuk tempat pakaian yang kotor dan juga untuk tempat pembalut yang mau dibuang.

10. Peralatan Pribadi


Ini nih yang tidak kalah pentingnya. Peralatan pribadi seperti handphone, charger, headset sampai kamera yang digunakan untuk mengambil  gambar waktu si kecilnya sudah lahir jangan sampai ketinggalan ya. Wah menyenangkan sekali nih berfoto bersama si kecil yang masih lucu-lucunya :D.

Oh iya, jangan lupa juga membawa dokumen yang penting seperti fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotocopy KTP, buku KIA guna untuk melengkapi berkas dari rumah sakit atau hanya untuk jaga-jaga saja. Banyak juga ya barang bawaan yang dibawa ketika mau proses persalinan.

Hal ini semata-semata untuk memudahkan si Bunda dan juga calon dedek bayinya kok :D. Semoga informasi ini bermanfaat buat Bunda yang mau melahirkan ya hehe. Apa di sini ada yang mau lahiran nih. Saya doakan semoga dedek bayinya lahir dengan lancar ya, Bundanya juga sehat selalu :)

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v