Ini Dia Alasan Harus Beli Rumah di Bandung


Anisa AE - Siapa yang tak tertarik memiliki hunian di kota besar dengan suasana nyaman? Apalagi sangat mudah diakses dari ibukota. Ya, kurang lebih ini adalah alasan utama banyak orang yang ingin beli rumah di Bandung.

Menurut tempo.co, harga properti di Bandung terus meningkat, khususnya untuk kategori hunian. Dan inisalah satunya dipicu oleh tingginya permintaan. Apalagi yang berminat beli rumah di Bandung juga banyak berasal dari luar kota, seperti Jakarta, khususnya mereka yang memiliki daya beli tinggi.

Hal ini tak lepas dari keberadaan infrastruktur yang sangat memadai dan memudahkan akses antara Bandung dan Jakarta.Ditambah dengan rencana pembangunan kereta cepat dan yang lainnya. Bukan saja untuk hunian, beli rumah di Bandung bisa jadi langkah tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi.

Lalu selain beberapa faktor di atas, apa saja sihhal lain yang membuat Bandung sangat diminati dalam mencari hunian?

1. Iklim yang sejuk dan banyak ruang terbuka
Seperti yang sempat disinggung, bahwa Bandung merupakan kota yang nyaman, ini salah satunya didukung oleh iklim pegunungan yang sejuk, dan banyaknya ruang terbuka yang membuat suasanakian asri.

2. Banyak pilihan tempat wisata dan hangout
Hal ini jelas menjadi daya tarik tersendiri dari Kota Kembang. Ada banyak destinasi wisata yang bisa Anda coba kunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata belanja, wisata kuliner, dilengkapi dengan sejumlah tempat menarik dan unik untuk berkumpul atau sekedar bersantai dengan teman serta keluarga. Ditambah lagi kini Bandung juga sudah dihiasi dengan banyaknya taman terbuka. Sehingga di tengah kota pun masih terasa nyaman dan asri.

3. Biaya hidup relatif lebih terjangkau ketimbang Jakarta
Jika berpatokan pada Upah Minimum Kota, Bandung masih di bawah Jakarta. Jadi bisa dibilang secara umum, biaya hidup di kota ini pun masihlebih murah ketimbang ibukota, termasuk harga propertinya.

4. Pilihan pusat pendidikan unggulan
Bandung memiliki sejumlah kampus yang sudah cukup dikenal di Indonesia dan memiliki banyak peminat misalnya saja Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjajaran (Unpad). Oya, untuk yang beli rumah di Bandung dengan tujuan investasi, bisa mencoba memilih properti yang dekat ke wilayah kampus, mengingat permintaan hunian dengan sistem sewa atau kontrak cukup tinggi lho…

Tips Beli Rumah di Bandung


Mulai tertarik untuk beli rumah di BandungTunggu dulu… Ada beberapa hal yang perlu Anda tahu sebelum membeli sebuah properti, terlebih karena ini menyangkut uang yang tidak sedikit.

Dan khususnya untuk yang baru pertama kali beli rumah, ini jelas bukan keputusan yang mudahya? Dalam hal ini perlu banyak pertimbangan mulai dari perhitungan harga, lokasi, dan sebagainya, terlepas nanti untuk dihuni maupun disewakan.









1. Harus teliti dalam menghitung
Karena membeli hunian selain menyangkut uang yang banyak, juga jangka waktunya sangat panjang. Jadi tentu perlu perhitungan yang cermat, tak hanya membayar sesuai harga rumah yang sudah ditetapkan, tapi tentunya ada biaya-biaya lain yang dikeluarkan. Jadi perlu diketahui sejak awal jumlah biaya keseluruhan yang akan dikeluarkan.

Misalnya, hitung uang muka, cicilan per bulan, pajak, asuransidan elemen lainnya seperti biaya perbaikan (jika membeli rumah bekas), hingga biaya tranportasi dalam keseharian. O ya, hitung juga biaya yang harus dikeluarkan jika ingin membeli perabotan dan lainnya. Terutama bagi yang menempati rumah baru dan belum memiliki furnitur sebelumnya.

Jadi jangan sampai membeli rumah yang dibanderol murah, tapi tidak mengitung biaya-biaya tersembunyi yang jumlahnya ternyata jika ditotal bisa sangat besar. Intinya jangan sampai ada elemen-elemen yang luput dalam perhitunganya, barulah setelah itu sesuaikan dengan budget.

2. Bandingkan sumber pinjaman
Membayar rumah dengan sistem cicilan jadi langkah yang banyak ditempuh masyarakat saat ini, terutama yang memiliki danaterbatas. Produk kredit rumah dari sejumlah bank yang ada di Indonesia yakni KPR juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, tak ada salahnya Anda lakukan riset dulu, dan kemudian bandingkan. Datangi satu per satu bank yang menyediakan program KPR dan tanyalah secara detail ketentuannya.

Mulai dari persyaratan, besaran bunga, hingga tempo cicilan. Tanyakan juga bonus atau faslitas ekstra yang bisa Anda dapatkan. O ya, dalam hal ini, ketentuan yang umum diberlakukan setiap bank salah satunya adalah “riwayat yang bersih”, alias nama Anda tidak tercatat dalam sistem perbankan sebagai nasabah yang pernah bermasalah dalam kredit.

3. Periksa dengan teliti kelengkapan dokumen atau surat


Ini harus dilakukan dengan cermat ya… Jangan sampai Anda jadi ribet karena masalah satu ini di kemudian hari. Tanyakan segala sesuatu yang tidak Anda pahami. Lembaga pemberi kredit ataupun agen properti serta pihak-pihak yang terkait dalam jual beli rumah, akan menjelaskan dengan rinci sampai Anda benar-benar paham. Jika mereka tidak melakukan itu, sebaiknya cari saja lembaga atau agen yang lain…

Nah, itu dia hal-hal penting yang perlu Anda ketahui. Tapi, masih ada beberapa hal lainnya yang tak boleh diabaikan lho …

4. Survei langsung ke properti
Ini adalah poin penting yang perlu Anda lakukan, meski Anda sudah melihat spesifikasi maupun foto rumah lewat iklan online. Mengecek langsung ke lokasi tentunya untuk mengetahui dan merasakan secara langsung suasana dan kondisi rumah, ini merupakan sesuatu yang tidak bisa Anda dapatkan jika hanya melihat iklan.

Hindari juga mengambil keputusan hanya karena hal-hal yang sifatnya hanya keinginan semata, bukan kebutuhan. Misalnya karena ada halaman belakang, atau hal-hal bersifat dekoratif lainnya, karena nilai properti terutama ditentukan salah satunya adalah oleh lokasi dan kualitas bangunan.

5. Pertimbangan lokasi dan lingkungan rumah
Bicara lokasi, ini memang jadi pertimbangan utama saat beli rumah di Bandung atau di kota lainnya, baik untuk dihuni maupun untuk investasi. Kalau Anda membeli rumah di lokasi strategis biasanya ini akan memiliki nilai yang sangat tinggi. Terutama karena lokasi seperti ini bisa cepat berkembang dan memilikiakses yang mudah terutama ke pusat bisnis dan fasilitas sosial seperti rumah sakit, sekolah hingga pusat perbelanjaan.

6. Cek faktor penunjang
Dalam hal ini yang perlu Anda pertimbangkan adalah kualitas dan sumber air, sirkulasi udara, sinar matahari, faktor kebersihan dan tentunya kualitas material bangunan yang digunakan.

7. Keamanan lingkungan
Kalau Anda membeli unit rumah di sebuah komplek peumahan, biasanya sudah dilengkapi dengan sistem keamanan 24 jam, one gate systembahkan ditunjang pula oleh CCTV. Tapi kalau Anda membeli rumah di luar komplek, maka perlu survei juga terkait keamanan di sini. Apakah lingkungannya rawan dari tindak kiriminal? Sekaligus cek apakah rawan banjir atau tidak…

Mau Beli Rumah di Bandung, Cek Info Lengkapnya via Online


Seperti yang disinggung sebelumnya, Anda perlu survei langsung ke lokasi saat memutuskan untuk membeli sebuah hunian. Tapi sebelum survei, akan jauh lebih efisien jika Anda melakukan survei online. Dalam hal ini Anda bisa kunjungi www.99.co/id sebagai salah satu situ jual beli rumah di Bandung yang bisa diandalkan…

Tinggal ketik di kolom pencarian hunian yang Anda butuhkan, sesuaikan pula pencarian berdasarkan lokasi, harga, hingga spesifikasi seperti luas bangunan, jumlah kamar tidur, kamar mandi dan sebagainya.

Setelah Anda menyeleksi berbagai pilihan menarik yang Anda temukan secara online, Anda bisa mengontak si penjual di nomor kontak yang tertera pada setiap listing properti. Nah, barulah setelah itu Anda membuat janji dengan penjual untuk survei langsung ke lokasi. Dengan begini, saat survei Anda sudah tahu lokasi yang dituju dan unit rumah yang akan dicek langsung. Jadi lebih hemat waktu kan?

Sebagai gambaran, berikut contoh iklan rumah menarik di 99.co Indonesia.


Jika Anda berminat beli rumah di Bandung Utara, ada hunian di kawasan Setiabudi, yang berlokasi sangat strategis karenadekat ke berbagai kawasan wisata dan pusat perbelanjaan. Hunian bernama The Green Setiabudi ini dibanderol sebesar Rp 300 jutaan saja per unit. Ini tentu menarik, mengingat hunian di kawasan utara sudah terbilang mahal dibanding kawasan lain seperti kawasantimur dan selatan. Meski relatif murah, tapi komplek perumahan ini juga memiliki fasilitas menarik berupa rumah ibadah, playground, fasilitas kesehatan dan olahraga, bahkan juga ada Urban Farming Mart. 

Mau pilihan lebih murah? Ada di kawasan Cibaduyut, yakni Mekar Mulya Residence, yang didesain dengan arsitektur modern. Berada di lokasi strategis dan bebas banjir, unit rumah seluas 36m2 dengan tanah 60m2 di sini dijual dengan harga Rp 200 jutaan saja.

Menarik ya? Jadi, jangan tunda lagi deh untuk beli rumah di Bandung…

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v