Manfaat Kentang Untuk Merawatan Kecantikan






Anisa AE - Selain buah naga, sayuran bernama Kentang juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan lho. Gak percaya? Ingin tahu bagaimana jika kentang digunakan untuk kecantikan? Simak di bawah ini yuk J


Kentang merupakan bahan alami terbaik untuk mencerahkan kulit tubuh maupun wajah, menyamarkan kantung mata, memudarkan flek hitam, dan meratakan warna kulit yang belang. Hal ini dikarenakan kentang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Kentang juga bisa lho digunakan untuk masker. Mau tahu caranya? Untuk membuat masker, gunakan kentang segar pilihan. Kemudian tumbuk kentang hingga halus atau lembut.



Untuk mendapatkan khasiat yang lebih kuat, kentang bisa juga dibuat jus kemudian dicampur dengan yogurt menggunakan perbandingan yang sama. Lalu tuangkan 1 sendok minyak zaitun. Sebelum menggunakan masker kentang ini, jangan lupa bersihkan wajah terlebih dahulu Setelah itu aplikasikan masker ke wajah. Jangan lupa diamkan selama 30 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih ya.
Kenapa harus dicampur dengan yogurt dan minyak zaitun? Hal ini dikarenakan yogurt merupakan sumber lactic acid yang penting untuk peremajaan kulit. Sedangkan minyak zaitun kaya akan antioksidan dan pelembap yang bisa menjaga sel kulit menjadi awet muda.



Selain campuran dari kedua bahan di atas, bisa juga dicampur dengan 2 sendok makan susu segar (pasteurisasi) dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan dengan cara yang sama seperti penjelasan sebelumnya.

Ini nih yang wajib kalian ketahui, bahwa kentang dan susu merupakan dua bahan pemutih alami bagi kulit. Begitu pula dengan campuran susu dan minyak zaitun. Kulit kalian dijamin terlihat lebih cerah dan lembut apabila menggunakan masker ini secara teratur :D. Jadi, tidak perlu lagi memakai pemutih instan yang banyak menghasilkan efek buruknya deh. Apalagi harganya begitu menguras kantong, iya kan?


Selain itu, mengombinasikan parutan kentang segar dengan air lemon dalam perbandingan sama juga bisa mencerahkan kulit, bahkan dua kali lipat lho. Cara penggunaannya sama dengan menggunakan masker biasa, yaitu dengan mengoleskan ke wajah. Jangan lupa bersihkan wajah terebih dahulu ya. Kemudian diamkan selama 30 menit, setelah itu bilas wajah hingga bersih. Mudah sekali bukan?

Selain berbagai macam bahan campuran di atas. Cairan kentang yang sudah diparut bisa dicampurkan dengan bubuk kunyit yang dapat digunakan untuk membuat masker. Oleskan masker pada wajah yang sudah dibersihkan. Kemudian diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.


Tidak hanya itu lho. Ada cara lain lagi nih, yaitu kentang dicampur dengan tepung beras dan susu. Caranya juga sama dengan yang sebelumnya, yaitu dengan menumbuk, memarut ataupun memblender hingga halus. Lalu tuangkan campuran kentang, tepung beras, dan susu ke dalam wadah. Kemudian aduk hingga merata. Setelah itu, oleskan ramuan itu pada wajah sampai merata. Apabila sudah kering, bersihkan menggunakan handuk yang sudah direndam dalam air hangat supaya pori-pori wajah terbuka. Selanjutnya bilas dengan air bersih.



Oh iya, selain mengandung vitamin C kentang juga memiliki kandungan vitamin B lho. Kentang dengan kandungan vitamin B tersebut bisa membantu menghilangkan lingakaran hitam pada mata atau yang biasa disebut mata panda. Tahu tidak apa yang menyebabkan mata panda? Mata panda ini diakibatkan dari kurangnya istirahat maupun kekurangan vitamin B. Hal ini bisa membuat sang pemilik lingakaran hitam pada mata menjadi tidak percaya diri.
Cara menghilangkan mata panda adalah dengan mengupas dan dilanjutkan mengiris kentang membentuk lingkaran. Kemudian gunakan untuk mengompres mata selama 15-20 menit. Lalu bersihkan wajah menggunakan air hangat. Selain itu, bisa juga menjadikan sayur satu ini sebagai masker dengan cara menghaluskannya terlebih dahulu. Setelah itu aplikasikan pada daerah sekitar mata yang menghitam. Namun, hal ini harus dilakukan secara terus menerus sampai lingkaran hitam menghilang.







Selain buah naga yang bisa membantu mencegah penuaan dini. Kentang juga bisa lho dalam hal ini. Caranya adalah mencampurkan sari kentang dengan susu kental dengan perbandingan yang sama dalam mangkuk dan tambahkan satu sendok minyak zaitun.

Tidak hanya itu, kentang juga bisa melindungi kulit dari sinar matahari/ UV. Kulit yang sering terkena paparan sinar matahari akan terlihat kusam atau seperti terbakar. Nah, masker dari bahan dasar kentang ini bisa mendinginkan kulit tubuh maupun kulit wajah dan membuatnya cerah kembali, bahkan bisa lebih cerah dari sebelumnya lho :D. Namun ingat, gunakan masker ini dua kali seminggu atau bisa juga setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.



Kentang yang sudah dilembutkan juga bisa dicampur dengan 1 sendok teh madu dan juga 2 sendok teh minyak zaitun. Lalu oleskan pada wajah maupun kulit tubuh yang diingkan. Namun, jangan lupa bersihkan wajah maupun kulit tubuh terlebih dahulu ya J. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas sampai bersih. Lakukan cara ini secara rutin. Hal ini berguna untuk lebih menyehatkan dan  melembabkan kulit.

Oh iya, pori-pori juga bisa dibersihkan dengan olahan sari kentang lho. Caranya dengan mencampurkan 5 sendok makan sari kentang dan 1 sendok baking soda dalam secangkir air. Lalu oleskan ke kulit secara menyeluruh. Jangan lupa bersihkan kulit terlebih dahulu ya J.



Tahu enggak kalau kentang itu memiliki efek yang menenangkan? Nah, efek itulah bisa digunakan untuk bagian mata. Alias mengobati mata bengkak. Caranya dengan mencampurkan sari kentang dan sari ketimun dengan takaran sama, lalu aduk hingga rata. Jangan lupa bersihkan wajah terlebih dahulu, setelah itu aplikasikan pada sekitar mata dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas. Ingat! Aplikasikan pada mata bagian luar lho ya. Bukan pas matanya.

Untuk mengurangi minyak pada kulit, terutama kulit wajah. Kalian juga bisa mencampurkan parutan halus dari kentang dengan air mawar dan air beras. Tambahkan juga 1 sendok jus lemon ke dalamnya. Tidak lupa bersihkan kulit dengan air bersih terlebih dahulu. Kemudian aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu tinggal bilas deh.

Kentang juga bisa mengatasi kulit kering lho. Caranya parut/ haluskan 1 Kentang, kemudian campurkan dengan susu kental ke dalam mangkuk. Aduk hingga rata. Bersihkan wajah atau bagian kulit yang diinginkan menggunakan air bersih. Lalu, aplikasikan bahan tadi pada wajah atau kulit yang diinginkan. Diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih. Manfaat dari masker ini  selain untuk merawat kulit kering juga bisa melembabkan kulit.



Selain itu, parutan kentang juga bisa mengangkat sel kulit mati. Caranya yaitu dengan mengoleskan pada wajah dan membiarkannya selama 10 menit. Sebelumnya jangan lupa bersihkan wajah terlebih dahulu ya J. Setelah 10 menit, bilaslah menggunakan air bersih. Terapkan cara ini secara teratur untuk mengangkat sel kulit mati dan meremajakan kulit.
Untuk meningkatkan kesehatan kolagen juga bisa menggunakan bahan dasar kentang lho. Karena kentang memang kaya akan kandungan vitamin C-nya. Namun, gunakan masker ini secara teratur ya J.

Selain vitamin C dan B, kentang juga memiliki kandungan sulfur, kalium, dan fosfor yang juga baik untuk merawat kesehatan kulit tubuh maupun kulit wajah. Namun, tidak semua orang cocok dengan perawatan berbahan dasar kentang. Karena, telah ada sebagian orang memiliki alergi pada kentang jika digunakan untuk perawatan kulit.

Jadi, buat kalian yang ingin menggunakan kentang untuk merawat kecantikan lebih baik konsultasi kepada dokter kecantikan terlebih dahulu. Guna mengetahui kulit kalian alergi pada kentang atau tidak.



Bagaimana teman-teman? Sudah tahu kan sekarang merawat kecantikan tidak perlu mengeluarkan uang banyak? Nah, buat kalian yang mau mencoba bisa banget lho mencoba tipsnya hehe. Selamat mencoba J.

All picture by: Google

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v