Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan






Anisa AE - Perlu saudara-saudara ketahui, sebenarnya di sekitar kita itu banyak sekali bahan alami yang bisa digunakan obat. Mulai dari sakit ringan hingga sakit berat. Tidak mahal pula harganya :D. Mau tahu? Yups salah satunya adalah lobak.


Pernah dengar tanaman lobak enggak? Lobak termasuk jenis tanaman umbi-umbian. Jika sudah besar bentuknya menyerupai wortel. Lobak sendiri memiliki beberapa macam warna di antaranya putih, ungu, dan merah.



Untuk lobak putih sendiri ternyata memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh lho. Tidak usah repot mengolahnya terlebih dahulu, karena lobak putih ini bisa langsung dimakan J. Tentu harus dicuci terlebih dahulu ya sampai bersih. Namun, jika ingin mengolahnya menjadi berbagai macam olahan juga boleh kok, karena tidak akan mengurangi zat gizi yang terkandung di dalamnya J. Rasa dari lobak putih ini ada manis-manisnya, kayak Le-Mineral gitu hehe. Namun, juga memiliki rasa yang agak pedas.
Kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan pada lobak putih ini antara lain vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan E. Selain itu, kandungan lainnya meliputi minyak atsiri, beta karotin, niasin, mangan, kolin, dan asam folik. Tidak hanya itu, lobak putih juga kaya akan serat kasar dan mengandung kalsium, zat besi, fosfor, karbohidrat, protein, kalori, sodium, magnesium, lemak, dan asam oksalat. Tanaman satu ini juga mengandung potasium dalam jumlah sangat banyak.



Saya akan memberi tahu beberapa manfaat lobak putih untuk kesehatan di bawah ini:

1. Tahukah kamu bahwa lobak putih bisa membantu proses pencernaan? Ya, memang hal itu benar adanya. Karena kaya akan serat yang terdapat dalam lobak putih inilah yang bisa membantu gerakan usus menjadi lebih teratur, sehingga pencernaan menjadi lancar.

Selain itu, serat yang terkandung di dalamnya juga bisa meningkatkan kemampuan sistem pencernaan sehingga metabolisme tubuh lebih membaik. Khasiat yang terdapat pada tumbuhan satu ini juga dapat membersihkan usus dari berbagai macam zat pengganggu kesehatan.

2. Demam dan flu juga bisa diobati dengan lobak putih lho J. Jika kamu atau orang-orang yang kamu sayangi mengalami demam maupun flu, jangan terburu-buru untuk memberikan obat berbahan kimia. Cobalah dulu dengan obat alami satu ini. Hal ini dikarenakan lobak putih memiliki kandungan zat-zat yang bersifat antibiotik, sehingga mampu mengatasi infeksi yang mengakibatkan demam dan juga flu.

3. Lobak putih juga bisa lho mengontrol atau mengendalikan tekanan darah J. Hal ini dikarenakan adanya kandungan potasium yang sangat tinggi.

Potasium pada lobak putih dapat mempertahankan keseimbangan natrium dan kalium di dalam tubuh. Hal ini juga sangat baik bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Karena dengan mengonsumsi lobak putih bisa menurunkan tekanan darah. 



4. Bagi kamu yang merasa kegendutan dan ingin diet, tanaman satu ini juga sangat cocok lho buat menjalankan program diet J. Hal ini dikarenakan lobak putih memiliki kandungan serat dan air yang tinggi yang dapat menambah massa tinja serta membuangnya. Selain itu, serat tersebut juga bisa membuat pengonsumsinya merasa lebih kenyang sehingga mencegah untuk makan dengan porsi lebih banyak.

5. Tanaman yang menyerupai wortel ini juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh lho. Hal tersebut disebabkan adanya kandungan antioksidan di dalam lobak putih yang didapatkan melalui vitamin C. Peningkatan pada sistem kekebalan tubuh terjadi disebabkan vitamin C yang telah memperbaiki metabolisme tubuh.

Tidak hanya vitamin C yang juga turut berkontribusi pada peningkatan kekebalan tubuh. Melainkan dibantu juga dengan adanya beberapa kandungan zat gizi lainnya seperti vitamin B, vitamin E, dan potasium. Bagi yang suka mengonsumsi lobak putih secara teratur bisa mencegah sakit dan tidak mudah tertular penyakit.
6. Untuk menjaga kulit tetap sehat, bisa juga lho menggunakan lobak putih J. Hal ini disebabkan tumbuhan satu ini memiliki kandungan seperti air, vitamin C, vitamin B kompleks, dan berbagai macam mineral. Nah, kandungan itulah yang bisa mebantu menjaga kelembapan kulit.





Kulit yang tetap lembab akan terhindar dari gangguan seperti kulit kering, bersisik, kusam, ruam, dan pecah-pecah. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi lobak putih kulit tetap sehat dan terlihat cantik.

7. Hati merupakan organ yang sangat penting untuk dijaga, sebab hati mempunyai banyak fungsi. Fungsi hati yang sangat banyak itu bisa terganggu apabila dia memiliki banyak masalah. Oleh karena itu, hati wajib dilindungi.

Khasiat dari lobak putih ini bisa menjaga kesehatan hati dan mengatasai beberapa masalah. Selain itu, tumbuhan yang dapat melakukan detoksifikasi tubuh ini ternyata juga bisa mengurangi kerja hati. Hal ini bisa mencegah rusaknya hati karena beban kerja menetralisir racun.



8. Selain manfaat lobak putih untuk menjaga kesehatan organ hati, tumbuhan ini juga bisa menjaga kesehatan organ jantung yang tidak kalah pentingnya lho. Serat yang terkandung dalam lobak putih ini dapat menyerap kolesterol yang kemudian dibuang. Hal tersebut juga berdampak pada penurunan kadar lipid darah.

Perlu saudara-saudara ketahui, bahwa kadar lipid yang berkurang adalah kolesterol jahat atau kolesterol LDL dan trigliserida. Apabila kadar kolesterol jahat dan trigliserida menurun, maka hal ini bisa menjaga jantung tetap sehat.

9. Selain bisa mengontrol tekanan darah, lobak putih ternyata juga bisa mengontrol kadar gula darah. Lobak yang tergolong ke dalam sayuran cruciferous ini memang memiliki kemampuan hipoglikemik yang bisa menjaga kadar gula darah tetap dalam kisaran normal.
10. Banyak sekali makanan dan minuman yang mengandung racun-racun berbahaya masuk ke dalam perut. Apabila hal itu tidak segera dibuang atau membiarkan racun itu menumpuk, maka bisa mengganggu kesehatan dan memicu berbagai macam masalah medis pada tubuh si pemakan.

Nah, lobak putih inilah yang bisa membantu membuang racun-racun berbahaya tersebut. Hal ini disebabkan adanya kandungan zat di dalam sayuran cruciferous bisa menghilangkan limbah metabolisme tubuh yang bersifat racun, sehingga tubuh bisa terbebas dari racun.

11. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam lobak putih ini juga bisa membantu mengobati osteoarthritis. Hal ini disebabkan dapat menangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerusakan pada tulang rawan.

Kandungan vitamin C yang dimiliki lobak putih juga dapat merangsang pembentukan kolagen yang dibutuhkan oleh tulang rawan. Mengonsumsi lobak putih pun bisa mencegah radang atau nyeri pada tulang rawan.



12. Selain lobak putih sangat bermanfaat untuk tubuh, tumbuhan satu ini juga bisa mengatasi masalah rambut ketombe, rontok, dan berminyak lho. Kandungan yang terdapat dalam lobak putih ini dipercaya bisa mencegah keluarnya sebum secara berlebihan sehingga produksi minyak pada rambut bisa berkurang. 

Salah satu cara untuk menghilangkan permasalahan rambut tersebut adalah dengan cara mengolahnya menjadi masker lalu tinggal dioleskan ke rambut hingga ke akarnya secara merata deh. Jangan lupa pijat secara perlahan agar khasiatnya bisa meresap.



Perlu saudara-saudara ketahui, jika untuk mengatasi masalah ketombe gunakan masker lobak putih ini pada malam hari ya dan biarkan sampai esok pagi. Setelah itu bilas deh hingga bersih. Sedangkan untuk masalah rambut rontok jika ingin membuatnya terlihat lebih berkilau, gunakan masker tersebut secara teratur serta dalam jangka waktu lama.

Selain manfaat-manfaat di atas, sebenarnya masih banyak lagi manfaat untuk kesehatan lainnya lho yang tidak bisa saya sebutkan.

Bagaimana saudara-saudaraku? Sudah tahu kan sekarang?

Selamat mencoba J.

All picture by: Google

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v



3 comments:

  1. masih jarang banget aq makan lobak, tapi penasaran lobak buat menyembuhkan demam dan flu itu diapaan yah mbak ?

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata manfaatnya mantul ya mbak, tp jujur aja aku orang yg paling ga suka sama lobak, aneh bgt aroma & rasanya, kalau beli soto mie bogor ada lobaknya pasti aku singkir2in tuh, tadinya aku pikir lobak adalah sayuran yg ga ada faedahnya, ternyata aku salah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe ternyata banyak juga kan kak manfaatnya :)

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.