Review Film yang Bikin Nangis, Mantan Manten






Anisa AE - Siapa nih di sini yang suka menonton film di bioskop? Angkat tangannya yang tinggi dong. Saya juga suka banget lho kalau ada kesempatan bisa menonton film di bioskop. Ngomong-ngomong sekarang bulan apa nih? Udah Bulan April lho. Buat kalian yang suka nonton film wajib tahu nih film apa saja yang akan tayang pada bulan April.

Film yang akan tayang bulan April ini ada banyak lho. Mulai dari genre horor seperti Film Lukisan Ratu Kidul yang menceritakan ada sebuah lukisan yang menjadi sumber malapetaka. Tidak hanya itu, bahkan juga ada perempuan yang dimasuki sosok wanita.

Mandala Malang Plaza

Ada satu lagi nih genre horor yang akan tayang di Bulan April yaitu Film Sunyi. Film ini menceritakan ketika saat kegiatan belajar berlangsung di sekolah. Namun, tindak kekerasan fisik menghantuinya. Hingga sekolah unggulan itu menjadi menakutkan. Hal ini dikarenakan perlahan demi perlahan nyawa siswa melayang.


Baca juga : 9 Film yang Akan Tayang Februari


Serem banget kan ya. Nah, buat kalian yang takut atau nggak suka dengan film genre horor kalian bisa menonton film dengan genre drama yang tayang pada Bulan April ini. Mau tahu film apa itu? Makin penasaran kan apa nama filmnya? Nah, buat kalian yang penasaran aku kasih tahu nih. Jadi, kalian yang suka dengan genre drama bisa banget nih nonton Film Mantan Manten.


Saya sudah nonton lho kemarin dan filmnya tuh bagus banget. Kemarin saya berangkat ke sana kurang lebih pukul 11.00. Karena akses jalan menuju ke Malang Kota macet dan saya sendiri masih ada keperluan. Akhirnya sampai di bioskop pukul 13.30. Rencananya sih mau nonton yang pukul 13.00. Eh ternyata udah kelewat. Akhirnya saya membeli 2 tiket nonton pada jadwal tayang yang kedua yaitu pukul 14.05. Masih ada waktu sekitar setengah jam lebihlah. Hmm mau ngapain ya setengah jam ini? Lebih baik selfie aja dulu ya hehe. Selesai selfie-selfie kami sudah diperbolehkan untuk masuk.

Setelah menunggu beberapa menit di dalam bioskop, film Mantan Manten pun diputar. Eits, sebelumya kalian tahu tidak film ini garapan siapa? Film ini merupakan kolaborasi antara Produser Film Keluarga Cemara (Anggia Kharisma) dengan Produser Love For Sale (Kori Adyaning).
Setelah mengeluarkan beberapa judul film seperti Film Kelurga Cemara, film dengan genre drama komedinya yaitu Film Terlalu Tampan. Saat ini Visinema Pictures memproduksi film terbarunya yaitu Film Mantan Manten. Film Mantan Manten ini dibintangi oleh 2 aktor terkenal yakni Atiqah Hasiholan sebagai Yasnina dan Arifin Putra sebagai Surya. Tidak hanya itu, di dalam film ini juga terdapat banyak artis papan atas seperti Tyo Pakusadewo, Tutie Kirana, Dodit Mulyanto, Asri Welas dan lain-lain.


Film yang digarap sutradara Farishad Latjuba ini berhasil membuat saya meneteskan air mata di akhir cerita :(. Lho kok menangis? Penasaran kenapa kok saya sampai meneteskan air mata? Simak terus artikelnya ya.

Film Mantan Manten ini mengusung tema adat dan kebudayaan Jawa yang kental, terutama untuk urusan pernikahan. Film Mantan Manten ini menceritakan tentang kehidupan Yasnina yang awalnya memiliki karier yang menjulang tinggi. Yasnina sendiri merupakan manajer investasi terkenal yang memiliki kehidupan super glamor dan ia juga mempunyai kekasih yang setia menemaninya. Hingga suatu saat ia melakukan tunangan dengan Surya, kekasihnya.


Namun, perlahan kehidupan glamor itu hilang dalam sekejap. Dia dikhianati oleh Iskandar (Tyo Pakusadewo) yang merupakan ayah Surya. Perlahan demi perlahan kehidupan Yasnina berbanding terbalik. Harta yang selama ini ia punya hilang dalam sekejap. Ia tak mempunyai apa pun yang selama ini ia miliki. Hingga rekan kerjanya memberi tahu bahwa masih ada 1 aset yang bisa ia gunakan untuk  memperbaiki kehidupannya, yaitu sebuah villa yang berada di Tawamangu.

Tak berpikir lama, Yasnina langsung mengunjungi villa tersebut. Namun, ketika sesampainya di Tawamangu ia terpaksa harus tinggal sementara di villa yang jauh dari hiruk-pikuk ini bersama dengan Marjanti (Tutie Kirana). Selama di Tawamangu, mau tidak mau ia harus menjadi dukun manten.


Hidup bersama dengan Marjanti, ia diajari mulai dari cara memaes pengantin, melakukan ritual pada pernikahan yang menggunakan adat jawa. Tidak hanya itu, semua ilmu yang dimiliki Marjanti pun diturunkan kepada Yasnina.

Hingga Yasnina bertemu dengan seorang perempuan yang mau menikah. Dengan senang hati Yasnina menemani calon pengantin perempuan ini ke tempat yang menjual batik solo untuk pengantin. Setelah ia menemani calon pengantin ini. Mereka berdua berbincang-bincang tentang pernikahan.

Tanpa ia ketahui ternyata perempuan itu adalah perempuan yang dijodohkan oleh orangtuanya dengan seseorang yang telah memberinya cincin sebagai tanda telah melakukan tunangan. Laki-laki itu adalah Surya.


Mengetahui hal itu hati Yasnina merasa hancur, bahkan sangat hancur. Bagaimana tidak, tunangannya yang selama ini menemaninya kemana pun dan dalam kondisi apapun ternyata telah dijodohkan dengan perempuan lain. Yasnina juga sangat marah kepada Marjanti, karena Marjanti sebenarnya telah mengetahui hal ini. Namun, Marjanti belum sempat menyampaikannya.
Yasnina yang kecewa dengan tunangannya, ia juga merasa ditusuk dari belakang oleh Marjanti. Hingga ia memutuskan untuk kembali ke Jakarta. Ia menemui rekan kerjanya dahulu untuk menenangkan dirinya.


Namun, malam harinya ia memimpikan Marjanti, ia memutuskan untuk kembali ke Tawamangu. Tahukah kalian apa yang didapati oleh Yasnina? Ternyata Marjanti yang selama ini mengajarinya tentang memaes pengantin ini sudah meninggal dunia. Seketika Yasnina terkejut dan menangis.

Tak lama setelah kepergian Marjanti. Iskandar yang merupakan ayah dari Surya mendatangi villanya. Ia turut berduka cita atas meninggalnya Marjanti. Namun, selain itu Iskandar juga mempunyai maksud lain yaitu agar saat pernikahan anaknya (Surya) Yasnina mau memaes pengantinnya.

Bagaimana perasaan kalian, jika seseorang yang sudah memberikan harapan untuk selalu barsama. Tidak hanya itu, bahkan mereka berdua sudah merencanakan pernikahan. Namun, hal itu tidak terwujud dan kamu menjadi saksi sekaligus orang yang melancarkan pernikahan tersebut? Bahkan Yasnina dikhianati oleh Iskandar. Sakit banget kan ya :(.


Mantan Manten

Bagaimana ending hubungan Yasnina dengan Surya? 
Pokoknya kalian wajib nonton Film Mantan Manten ini deh. Buruan nonton ke bioskop mumpung masih baru tayang lho. Jangan lupa bawa tisu ya :D. Soalnya kemarin tuh di bangku belakang, saya lihat ada si mas yang nangis karena lihat ending film ini. 

Apa di sini ada yang sudah nonton? Kalian nangis apa tidak waktu nonton? Share pengalamanmu di kolom komentar ya :D 

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v