Tempat Wisata Bersejarah di Kota Surabaya






Anisa AE - Apa sih yang ada dipikiran kalian ketika mendengar Kota Surabaya? Apa tentang sejarah yang ada di dalamnya, apa tentang tempat wisata yang ada di dalamnya? Nah, kalau saya sih berpikirnya tentang tempat wisata dong. Namun, tempat wisatanya juga yang bersejarah. Kenapa saya memilih tempat wisatanya? Yups benar sekali itu karena saya suka berwisata, tapi sekalian dengan belajar dong pastinya.

Ngomongin tentang Kota Surabaya. Kalian tahu tidak tentang sejarah dari kota ini? Nah, buat kalian yang belum tahu, saya kasih tahu nih. Jadi, kota ini merupakan kota terbesar ke-2 di Indonesia. Tepatnya setelah Kota Jakarta. Tidak hanya itu, Kota Surabaya ini juga menyimpan sejarah yang membuat saya takjub. Hal ini dikarenakan kota ini merupakan Kota Pahlawan. 


Mengapa disebut Kota Pahlawan? Jadi, kota ini mengingatkan tentang perjuangan pemuda-pemudi Surabaya (Arek-arek Suroboyo) yang berjuang melawan penjajah hanya untuk mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia


Buat kalian yang suka belajar sejarah wajib nih datang ke Kota Surabaya, karena di dalam kota ini terdapat banyak tempat wisata yang bersejarah dan pastinya menambah pengetahuanmu. Mau tahu tempat wisata apa saja yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Kota Pahlawan ini. Yuk simak terus artikelnya hehe. 6 tempat wisata bersejarah yang ada di Kota Surabaya :

1. Tugu Pahlawan


Tempat wisata yang satu ini wajib banget kalian kunjungi ketika kalian sedang travelling ke Kota Surabaya. Tempat ini merupakan salah satu ikon yang terkenal di Kota Surabaya. Mau tahu mengapa tugu ini dinamakan Tugu Pahlawan? Mau dong pastinya :D. Tugu Pahlawan ini berdiri semata-semata untuk mengenang pertempuran yang terjadi pada tanggal 10 November 1945. Pada tanggal tersebut terdapat perjuangan arek-arek Suroboyo yang sedang melawan pasukan sekutu.

Nah, ketika kalian datang ke sini jangan lupa untuk berfoto ya :D. Eits, sudah tahu alamatnya belum? Nah, buat kalian yang mau berkunjung ke sana saya beri tahu nih alamatnya :D. Jadi, Tugu Pahlawan ini berada di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya.

2. Museum 10 November


Setelah membahas tentang Tugu Pahlawan masih belum lengkap dong kalau tidak membahas Museum 10 Novembernya juga. Jadi, buat kalian yang sedang berkunjung ke Tugu Pahlawan bisa banget nih mampir ke Museum 10 November, karena letak Museum 10 November ini berada di dalam lahan Tugu Pahlawan.

Tujuan didirikannya museum ini adalah untuk mengingat keberanian serta perjuangan yang telah dilakukan Arek-arek Suroboyo. Di dalam museum ini terdapat benda peninggalan Bung Tomo. Eits, tidak hanya itu lho. Rekaman semangat pidato Bung Tomo yang membara juga dapat didengarkan di dalam museum ini, tapatnya pada radio kuno.

3. Monumen Bambu Runcing






Monumen yang satu ini mudah dijumpai oleh para wisatawan yang sedang berkunjung ke Kota Surabaya. Hal ini dikarenakan letaknya yang berada di jantung Kota Surabaya. Mengapa dinamakan Monumen Bambu Runcing? Ada yang tahu tidak nih? Jadi, monumen ini didirikan dengan arsitektur yang sama dengan bambu runcing pada aslinya. 


Monumen ini dibangun sebagai bukti nyata bahwa zaman dahulu sebelum masa kemerdekaan. Arek-arek Suroboyo telah berhasil mengalahkan penjajah dengan menggunakan senjata bambu runcing. Seperti yang kalian tahu. Pada saat itu penjajah sudah menggunakan senjata modern. Namun, rakyat Indonesia lebih tepatnya pemuda-pemudi Surabaya tidak menurunkan semangatnya. Walaupun mereka hanya mempunyai senajata bambu runcing.

4. Monumen Kapal Selam


Monumen Kapal Selam yang sering disingkat dengan sebutan Monkasel ini merupakan salah satu monumen langka yang ada di Kota Surabaya. Untuk lokasinya sendiri tidak jauh dari Monumen Bambu Runcing, tepatnya berada di Jalan Pemuda No. 39, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya.
Kalian tahu tidak bahwa di dunia ternyata hanya sedikit lho negara yang mempunyai Monumen Kapal Selam. Monumen Kapal Selam yang ada di Kota Surabaya merupakan salah satu Monumen Kapal Selam terbesar yang dimiliki Indonesia. 

Nah, buat para pengunjung yang pertama kali mengunjungi Monumen Kapal Selam ini mungkin akan bingung dengan bagian yang ada di dalam kapal selam ini. Hal ini dikarenakan ruangan yang ada di dalam kapal ini sempit. Tidak hanya itu, banyak peralatan yang terpasang pada dinding kapal. Hal ini dilakukan untuk menciptakan suasana seperti pada saat kapal selam ini masih berlayar.  Namun, kalian tidak perlu khawatir merasa panas meskipun ruangannya sempit karena di tempat ini sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan.

5. Jalan Gula


Kalian sudah pernah dengar belum nama jalan satu ini. Nah, buat yang baru dengar. Saya kasih tahu nih jalan apa ini sebenarnya. Jadi, Jalan Gula merupakan jalan yang terdiri dari lorong sempit diapit gedung yang ternyata mempunyai banyak sejarah. Dahulu gedung yang ada di jalan ini merupakan pabrik tembakau milik Belanda. Jalan Gula sendiri sudah berusia tua. Hal ini dapat dilihat dari bangunannya yang sudah mulai rapuh dan juga berlumut. Namun, sekarang tempat ini menjadi salah satu spot foto yang unik di Surabaya

6. Jalan Karet


Nah, jika Jalan Gula didominasi dengan bangunan yang mulai rapuh berbeda dengan Jalan Karet. Ketika kalian ada di jalan ini kalian akan disuguhkan dengan pemandangan banyaknya rumah yang mewah. Tahu tidak mengapa di jalan ini banyak terdapat bangunan yang mewah? Hal ini dikarenakan pada zaman penjajahan, kawasan ini merupakan pusat perniagaan yang selalu ramai di Kota Surabaya.


Gimana kalian tertarik tidak untuk mengunjungi salah satu tempat wisata bersejarah yang ada di Surabaya? Nah, buat kalian yang tertarik mengunjungi tempat wisata bersejarah ini bisa langsung datang ke Surabaya ya.

Masih bingung mau ke Surabaya naik apa? Kalian yang rumahnya di Malang bisa lho ke Surabaya naik kereta api maupun bus. Nah, buat kalian yang rumahnya di Jakarta juga jangan khawatir. Kalian bisa banget lho travelling ke Surabaya dengan naik pesawat. Kalian tidak perlu risau karena sekarang sudah bisa pesan tiket pesawat secara online menggunakan aplikasi pegipegi. Untuk pesan tiket pesawat Jakarta Surabaya bisa langsung kalian cek ya.


Nah, dengan menggunakan aplikasi pegipegi kalian sudah bisa memesan tiket pesawat online. Dengan begitu kalian tidak perlu antri. Lebih mudah bukan? Eits, buat yang mau naik kereta api juga bisa lho pesan tiketnya di pegipegi. Bagaimana sudah siap berangkat travelling?

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v