10 Amalan Sholeh di Bulan Puasa







Anisa AE - Bulan Ramadan memang merupakan salah satu bulan yang paling mulia diantara 12 bulan. Banyak kemuliaan yang ada di dalamnya. Mulai dari pahala yang dilipat gandakan, dosa yang diampuni dan masih banyak lagi. Maka dari tidak banyak umat islam yang berlomba-lomba untuk mencari pahala serta meningkatkan ibadahnya. Hal ini bisa dilakukan dengan melakuan berbagai amalan. Apa saja sih amalan yang bisa kamu lakukan di bulan yang penuh berkah ini? Mau tahu apa saja? Ini dia amalan yang bisa kamu lakukan saat bulan Ramadan :

1. Puasa


Salah satu amalan yang bisa kamu lakukan adalah berpuasa. Selain itu puasa di bulan Ramadan ini merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat islam yang bertaqwa. Sebagaimana yang ada di dalam Al-Qu’an surah Al-Baqarah ayat 183. Selain itu puasa tidak hanya bisa menambah pahala. Namun, juga bisa menghapus dosa di masa lalu.
2. Mengakhiri sahur


Siapa nih yang biasanya tidak sahur hayo? Memang biasanya merasa malas untuk bangun  untuk  makan sahur. Namun, dengan memakan sahur kamu bisa mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Nah, buat kamu yang biasanya memakan sahur pada  tengah malam atau sebelum jam 3 pagi. Hal ini masih dianggap sebagai makan malam biasa. Meskipun kamu sudah mengucapkan niat berpuasa dan juga niat sahur. Maka dari itu mengakhiri sahur merupakan suatu hal yang sangat dianjurkan. 

Untuk waktu yang paling tepat untuk melaksanakan sahur adalah menjelang imsak. Hal ini juga dikarenakan untuk menghindari hal yang bisa membuat kamu tidak melakukan sala shubuh. Kan biasa setelah selesai sahur dengan menunggu waktu salat shubuh kamu tinggal tidur sejenak. Iya nggak nih? Eh pas bangun udah pagi. Nah, dengan mengakhiri sahur kamu bisa terhindar dari keblabasan ini.

3. Menyegerakan berbuka puasa


Kalau untuk sahur dianjuran untuk mengakhiri yaitu menjelang imsak. Berbeda dengan berbuka puasa. Waktu yang paling dianjurkan saat berbuka puasa adalah setelah mendengar adzan magrib. Meskipun itu hanya dengan sekedar memakan buah kurma ataupun hanya denga meminum air. Jadi, jangan memperlambat waktu berbuka puasamu ya. Selain mendaatkan pahala, perutmu yang kosong sudah tertolong juga. Iya nggak nih? Hehe

4. Tadarus







Taradus atau membaca Al-Qur’an ini sangat dianjurkan saat bulan puasa. Hal ini dikarenakan kitab suci umat islma ini pertama kali turun di bulan Ramadan tepatnya pada tanggal 17 Ramadan yang diperingati sebagai nuzulul Qur’an. Tidak hanya itu, setiap satu huruf Al-Qur’an yang kamu baca dihitung sebagai sepukuh kebaikan. Padahal ada berapa banyak huruf yang ada di dalam Al-Qur’an? Banyak banget kan? Maka dari itu jangan lupa membacanya ya meskipun hanya beberpa ayat saja :).

5. Salat 5 waktu

Salah satu kewajiban umat islam adalah salat. Selain itu salat juga merupakan tiang agama. Pasalnya jika kamu bisa melakukan salat ini tepat pada waktunya dan juga tidak pernah putus di bulan yang penuh berkah ini. Kamu tidak hanya mendapatkan pahala yang berlipat-lipat. Namun, juga mendapatkan keberkahan tersendiri. Karena salat di bulan Ramadan lebih berkah dibandikan ketika salat 1000 rakaat di bulan yang lain.

6. Salat tarawih


Siapa nih yang biasanya tidak salat tarawih? Hihi. Nah, salah satu amalan di bulan Ramadan yang bisa kamu lakukan adalah salat tarawih. Salat yang dilakukan setelah salat isyak ini selain menambahkan pahala. Namun, juga mendapatkan keberkahan di setiap salatnya. Eits, tidak hanya itu lho. Dengan melaksanakan salat tarawih juga bisa menjadlin silaturahmi dengan tetangga. Terlebih lagi kalau kamu melakukannya di masjid.

7. Sedekah


Bersedekah merupakan salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan bagi umat islam. Hal ini bertujuan untuk membersihkan sebagian harta yang dimiliki. Bersedekah di bulan Ramadan tentu berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Hal ini dikarenakan selain pahalanya yang dilipat gandakan. Namun, juga bisa terbebas dari api neraka. Selain itu juga dimudahkan jalannya menuju surga. Kamu sudah bersedekah belum nih? Kalau belum ayo berlomba-lomba untuk bersedekah meskipun hanya sedikit :)

8. Memberi menu berbuka puasa


Nah, salah satu amalan di bulan Ramadan yang bisa kamu lakukan adalah memberikan menu berbuka puasa untuk orang yang sedang berpuasa. Amalan yang satu ini juga sangat dianjurkan. Karena selain bisa berbagi kebahagiaan akan menu berbuka. Namun, kamu juga akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang berpuasa. Terlebih lagi ketika kamu didoakan sama orang yang kamu beri makan tersebut. Karena doa orang itu adalah doa yang mustajab.
9. I’tikaf


I’tikaf atau dengan kata lain adalah bediam diri di dalam masjid ini juga merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan. Terlebih lagi ketika sudah memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadan. Hal ini dikarenakan adanya malam yang lebih baik dari seribu bulan yang biasanya di sebut dengan Malam Lailatul Qadar. Malam ini ada di dalam 10 hari terakhir bulan Ramadan dan di malam yang ganjil.

10. Zakat


Zakat yang dimaksud di sini adalah zakat fitrah. Zakat ini merupakan salah satu amalan yang wajib dilakukan oleh seluruh umat islam tanpa terkecuali. Hal ini bertujuan untuk membersihkan ucapan atau perkataan yang salah. Selain itu zakat fitrah juga bisa menyempurnakan amalan-amalan lain yang dilakukan saat bulan Ramadan.

Bagaimana masih bingung mau melakukan amalan apa saat bulan Ramadan? Eits, tidak perlu bingung lagi ya. Karena kamu bisa melakukan beberapa amalan yang ada di atas. Bahkan semuanya :D. Selamat berpuasa ^^

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v