10 Keistimewaan Bulan Ramadhan






Anisa AE - Sekarang sudah memasuki bulan Mei nih. Tahu tidak bahwa bulan ini merupakan bulan yang saya nanti-nantikan selama 12 bulan. Mungkin bukan hanya saya, namun juga kalian yang sedang membaca artikel ini.

Kalian tahu tidak apa yang sedang saya nantikan? Yups benar sekali, bulan Ramadan. Bulan yang paling mulia diantara 12 bulan yang ada. Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Ngomongin bulan Ramadan kalian sudah tahu tidak tentang keutamaan yang ada di Bulan Ramadan? Banyak banget lho keutamaan yang ada di bulan Ramadan ini. Mau tahu tidak? Mau tahu aja apa mau tahu banget nih hehe. Nah, buat kalian yang masih belum tahu saya kasih tahu nih 10 keistimewaan bulan Ramadan :

1. Bulan Penuh Berkah


Bulan Ramadan merupakan bulan dengan penuh keberkahan. Kenapa disebut demikian? Hal ini dikarenakan pada bulan ini akan terdapat banyak pahala. Pahala akan berlipat ganda. Ketika kalian melakukan suatu kebaikan di bulan ini, pahala yang kita terima akan menjadi 2 kali lipat. Lebih banyak daripada ketika kita melakukan kebaikan di bulan lainnya. Nah, dengan begitu kalian bisa melakukan banyak kebaikan. Misalkan saja puasa, melakukan sholat 5 waktu,salat tarawih, berbagi makanan ketika berbuka puasa dan masih banyak lagi. Maka dari itu marilah kita berlomba-lomba untuk melakukan dan juga menebar kebaikan.

2. Setan dibelenggu


Ketika bulan Ramadan tiba. Setan-setan yang biasanya menggoda manusia untuk melakukan tindak kemaksiatan akan dibelenggu. Dengan begitu setan tidak akan mampu untuk menggoda kaum muslim yang hendak melakukan kebaikan. Nah, jadi nggak ada alasan lagi nih ya untuk tidak melakukan kebaikan. Dengan begitu kita sebagai manusia bisa mengerjakan amalan yang baik untuk menghapus dosa-dosa yang telah kita perbuat. Tapi, nanti kalau bulan Ramadannya berakhir jangan melakukan tindak kemaksiatan yang bisa membuat diri kita menjadi dosa ya.


3. Bulan dikabulkannya doa


Setiap orang pasti mempunyai sebuah keinginan iya kan? Nah, buat kaum muslim jangan sampai melewatkan berdoa ketika pada bulan Ramadan ya. Karena bulan ini merupakan waktu yang baik untuk berdoa. Di antara 12 bulan bulan Ramadan merupakan salah satu bulan yang membuat doa akan cepat dikabulkan. 

Nah, kalian tahu tidak waktu yang baik ketika berdoa di bulan Ramadan itu kapan saja? Jadi, waktu yang paling tepat untuk berdoa adalah ketika saat sahur, berbuka puasa, selesai melaksanakan sholat dan satu lagi nih yaitu di sepertiga malam terakhir. Alangkah baiknya jika kalian berdoa di setiap waktu itu. Namun, berdoanya dengan catatan harus dengan adab yang baik ya.

4. Nuzulul Qur’an


Nah, kalian tahu tidak bahwa kitab suci Al-Qur’an yang merupakan kitab suci umat islam. Kitab suci yang merupakan petunjuk dan juga pedoman umat islam ini diturukan di bulan Ramadan tanggal 17 Ramadan. Maka dari itu, setiap tanggal 17 Ramadan diperingati dengan bulan diturunkannya Al- Qur’an dengan sebutan lain Nuzulul Qur’an. Subhanallah sungguh mulia ya bulan Ramadan ini.


5. Malam Lailatul Qadar





Di dalam bulan Ramadan ada salah satu malam yang paling mulia dan dinantikan umat muslim. Tahu tidak malam apa itu? Ada yang tahu apa tidak nih? Jadi, malam itu adalah Malam Lailatul Qadar. Malam ini merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam ini tidak selalu ada di setiap malam pada bulan Ramadan. Malam Lailatul Qadar ini hanya 1 kali selama bulan Ramadan. 

Waktu ketika munculnya malam ini yang disebutkan di dalam hadist adalah ketika 10 malam terakhir yang ada di bulan Ramadan dengan hitungan hari ganjil. Jadi, tingkatkan ibadah kalian pada 10 malam terakhir ya agar bisa bertemu dengan Malam Lailatul Qadar ini. Orang yang bertemu dengan Malam Lailatul adalah merupakan orang yang paling beruntung. Hal ini dikarenakan hanya orang pilihan Allah yang bisa bertemu dengan malam yang mulia ini.

6. Bau mulut orang berpuasa


Bayangkan saja nih ya. Kalian tidak makan sama sekali mulai dari pagi fajar hingga matahari terbenam. Tidak ada asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Pasti mulut kita kan bau kan? Namun, firman Allah SWT yang ada di dalam hadist mengatakan bahwa bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum daripada minyak kasturi. 

Kalian tahu tidak minyak kasturi itu minyak apa? Minyak kasturi atau yang sering disebut dengan minyak misik ini merupakan minyak dengan aroma terbaik yang pernah ada. Minyak ini juga merupakan minyak yang paling disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Kalian sudah pernah belum menghirup mewangian yang satu ini. Kalau saya sendiri sih belum pernah hehe.

7. Salat Tarawih


Siapa nih di sini yang rindu dengan salat tarawih pada bulan Ramadan? Buat kalian yang rindu, saya mau bilang. Sama saya juga rindu :(. Ketika bulan Ramadan tiba ada salah satu salat sunah yang hanya ada di dalam bulan Ramadan. Salat ini dimulai ketika selesai salat Isya dengan jumlah 20 raka’at yang kemudian dilanjutkan dengan 3 rakaat salat witir. Salat ini biasanya dilakukan secara berjamaah di masjid. Hmm jadi pingin cepat-cepat Ramadan nih biar bisa salat tarawih :D.

8. Tadarus Qur’an


Hmm ada satu hal lagi nih yang paling saya rindukan ketika bulan Ramadan yaitu tadarus qur’an. Dahulu waktu saya masih ketik, ketika waktu sudah menunjukkan pukul 3 sore langsung buru-buru ke langgar (mushola) untuk melakukan tadarus atau membaca qur’an secara bergantian dengan teman-teman yang lainnnya. Hal ini lah yang membuat saya rindu bulan Ramadan. Ketika saya melihat anak saya berangkat mengaji dan mendengarkan suaranya di speaker mushola saya jadi teringat masa kecil saya :).


9. Bulan penuh ampunan


Siapa sih yang merasa bahwa dirinya tidak mempunyai dosa? Tidak pernah melakukan kesalahan? Pasti setiap manusia mempunyai dosa, termasuk juga saya :(. Astagfirullah hal adzim. Bulan Ramadan merupakan salah satu bulan dengan penuh ampunan. Pada bulan Ramadan ini Allah SWT akan membukakan pintu ampunan lebar-lebar. Maka dari itu, inilah kesempatan kita untuk memohon ampun kepada Allah SWT dan membersihkan diri dari dosa.

10. Bulan yang baik untuk bersedekah


Seperti halnya kebaikan yang lainnya. Bersedekah di bulan Ramadan merupakan salah satu waktu yang tepat untuk melakukannnya. Selain mendapatkan pahala yang berlipat ganda, kamu juga akan merasakan bahwa tidak semua orang mempunyai kemudahan seperti kamu. Dengan melakukan sedekah kamu bisa membantu mereka yang kekurangan. Tidak hanya itu, tentunya kamu juga akan merasa senang ketika melihat orang lain senang.

Banyak juga kan ya keistimewaan yang ada di bulan Ramadan. Saya jadi pingin cepat-cepat bulan Ramadan nih. Apa cuma saya saja nih yang rindu Bulan Ramadan. Kamu rindu tidak dengan bulan Ramadan?


All picture by : Google

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v