10 Nasi Goreng Favorit yang Ada di Indonesia






Anisa AE - Indonesia memang mempunyai keindahan alam yang sangat luar biasa. Namun, siapa sangka bahwa Indonesia juga mempunyai kuliner yang beragam, mulai dari soto, mie ayam, nasi padang, nasi goreng dan masih banyak lagi. Ngomongin nasi goreng. Siapa sih yang tidak mengenal salah satu makanan khas Indonesia ini? Kuliner yang satu ini memang merupakan salah satu kuliner yang paling diminati oleh warga Indonesia terutama pecinta kuliner. Betul nggak nih? 

Pembuatan nasi goreng ini pertama kali dibuat karena sisa nasi kemarin yang sayang banget kalau dibuang. Maka dari itu, nasi tersebut digoreng dan bisa dimakan lagi. Namun, seiring perkembangan zaman nasi goreng mengalami perubahan dan menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat Indonesia.


Tahu tidak ternyata di Indonesia mempunyai banyak jenis nasi goreng yang super lezat dan mempunyai ciri khas masing-masing lho. Mau tahu apa saja nasi goreng yang ada di Indonesia? Simak artikelnya sampai habis ya hehe. 10 Nasi goreng favorit yang ada di Indonesia :

1. Nasi Goreng Seafood


Siapa nih yang suka makan seafood? Angkat tangannya yang tinggi dong hehe. Nah, buat kalian pecinta seafood. Nasi goreng ini menjadi solusinya, di mana semua menu yang ada di dalam nasi goreng ini adalah hidangan laut. Apa saja itu? Nah, di dalam nasi goreng ini akan ada  udang, cumi-cumi, kerang dan masih banyak lagi. Saya mau tanya nih biasanya kalian kalau makan seafood diapakan nih? Dibakar atau digoreng kan? Nah, dengan nasi goreng ini kamu bisa mendapatkan satu porsi makan yang lengkap dan dijamin bikin ketagihan deh.

2. Nasi Goreng Daging Kambing


Nah, nasi goreng yang satu ini cocok banget buat kamu yang suka makan daging kambing. Yups sesuai dengan namanya, nasi goreng daging kambing. Menu yang ada di dalam nasi goreng ini didominasi oleh daging kambing yang dipotong sebesar dadu. Potongan daging yang tercampur pada nasi goreng akan memberikan cita rasa yang berbeda dari nasi goreng lainnya.

3. Nasi Goreng Jawa


Buat yang tempat tinggalnya di Jawa pasti tahu dong nasi goreng yang satu ini. Nasi goreng Jawa ini mempunyai ciri khas tersendiri lho. Mau tahu apa ciri khasnya? Jadi, ciri khas yang ada di dalam nasi goreng ini adalah mempunyai rasa yang cukup pedas. Ini dikarenakan adanya campuran bumbu sambel ulek. Nah, sebagai contohnya adalah nasi goreng Surabaya. Ciri khas yang ada pada nasi goreng Surabaya ini ada pada warna nasi gorengnya yaitu merah kecoklatan yang ditambahkan suwiran ayam di atasnya.


4. Nasi Goreng Sunda





Orang Sunda juga tidak mau ketinggalan nih. Nasi goreng yang dibuat oleh orang Sunda ini disebut dengan nasi goreng Sunda. Nasi goreng ini juga mempunyai ciri khas yang tidak dimilik nasi goreng lainnya yaitu warnanya yang kekuningan. Selain itu juga dengan rasanya yang pedas. Kenapa nasi goreng ini kok berwarna kuning hayo? Ada yang tahu tidak nih? Yups benar sekali ini karena adanya bumbu tambahan yaitu kunir dan juga kunyit.

5. Nasi Goreng Spesial


Nasi goreng aja ada yang spesial. Nah, kalau kamu siapa nih yang spesial di hatimu? Ciee kok jadi kebawa perasaan gini ya. Balik lagi nih ke nasi goreng spesial. Kenapa sih kok dinamakan nasi goreng spesial? Karena di dalam nasi goreng ini mempunyai isi yang banyak atau isi tambahan seperti ayam yang disuwir, telur, sosis bahkan ada seefoodnya juga. Spesial banget ya nasi goreng yang satu ini :D.

6. Nasi Goreng Ijo


Unik banget ya nama nasi goreng yang satu ini. Apakah warna nasi goreng ini memang hijau? Yups benar sekali nasi goreng ini memang berwara hijau. Eits, tapi jangan salah sangka dulu ya. Nasi goreng ini tidak diuat dari campuran bahan pewarna ya. Nasi goreng ini berwarna hijau karena memakai bumbu dasar cabe rawit hijau. Cabe rawit ini diuleg dengan bahan lainnya kemudian ditumis dan teralhir ditambahkan nasi ke dalamnya. Unik banget ya memang nasi goreng yang satu ini.

7. Nasi Goreng Mawut


Nah, kalau nasi goreng yang satu ini cocok banget buat anak kos. Kok bisa gitu? Ini karena porsi yang ada di dalam nasi goreng ini cukup banyak dengan tambahan mie kuning di atasnya. Akan tetapi selain tambahan mie kuning, juga ada tambahan lainnya seperti daun bawang, irisan kol dan juga suwiran ayam. Nasi goreng ini cocok banget nih buat makan berdua. Karena selain irit juga bisa jadi romantis hehe. Buat yang lagi sendiri alias jomlo jangan baper ya :D.

8. Nasi Goreng Babat


Nasi goreng yang satu ini cocok banget buat kamu yang suka babat. Ada yang tahu tidak apa itu babat? Jadi, babat adalah daging terutama daging sapi yang berasal dari lambung. Kemudian diolah dan dijadikan sebagai tambahan lauk. Nah, sesuai dengan namanya nasi goreng ini didominasi oleh daging babat yang mempunyai rasa khas. Nasi goreng ini sama dengan nasi goreng Jawa karena menggunakan bumbu yang diulek. Untuk soal rasa sudah nggak bisa diragukan lagi nih. Selain itu ada yang menyebut bahwa nasi goreng ini berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah.


9. Nasi Goreng Resek


Resek? Apa sih yang ada di pikiran kalian kalau mendengar kata resek? Yups pasti kalian langsung berpikir bahwa resek adalah sampah. Iya nggak sih? Namun, lain lagi dengan nasi goreng resek yang ada di Malang ini. Mengapa kok dinamakan nasi goreng resek? Hal ini dikarenakan tampilan yang ada di dalam nasi goreng ini acak-acakan. Eits, tapi untuk soal rasa sudah nggak bisa diragukan lagi ya. Nasi goreng legendaris  ini menjadi salah satu nasi goreng favorit yang ada di Kota Malang.

10. Nasi Goreng Ikan Asin


Nah, kalau di menu nasi goreng lainnya ada tambahan daging kambing, suwiran daging ayam, aneka macam seafood. Lain halnya dengan nasi goreng ikan asin ini. Yups sesuai dengan namanya nasi goreng ikan asin ini menggunakan tambahan menu di atasnya yaitu ikan asin. Ikan asin dengan rasa yang khas akan menambah kenikmatan nasi goreng yang siap disantap. Cocok banget nih buat kamu penggemar kuliner dengan tambahan lauk ikan asin. Iya nggak nih?

Banyak banget bukan nasi goreng yang ada di Indonesia. Kalau saya sendiri suka banget sama nasi goreng spesial. Siapa sih yang nggak suka kalau menjadi seseorang yang spesial? Eh kok pertanyaannya gini amat yah hehe. Bercanda doang kok :D. Kalau nasi goreng favorit kamu yang mana nih dari ke 10 nasi goreng yang ada di atas? Jawab di kolom komentar ya :D.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v