5 Aplikasi Untuk Menemani Puasa






Anisa AE -  Bulan apa sih yang kalian tunggu-tunggu selama 1 tahun? Nah, pasti bulan Ramadan. Iya nggak nih? Siapa sih yang nggak rindu bulan Ramadan? Semua umat islam yang ada di muka bumi ini sangat merindukan datangnya bulan yang penuh berkah ini. Selain di dalam bulan ini mempunyai banyak keberkahan di dalamnya. Namun, di bulan ini juga amalan baik akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Meskipun itu perbuatan baik yang kecil.

Nah, pastinya kamu inginkan kalau bulan Ramadan ini menjadi lebih menyenangkan dan bisa menambah amal kebaikan yang lebih banyak lagi. Eits, kamu bisa menggunakan aplikasi yang sudah tersedia di google playstore untuk membentu menyempurnakan ibadah kamu. Apa saja sih aplikasi yang bisa kamu pakai saat bulan Ramadan. Ini dia daftar aplikasinya :

1. Aplikasi Muslim Go


Nah, salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan ketika bulan Ramadan adalah aplikasi Muslim Go. Aplikasi ini adalah aplikasi pertama karya putra bangsa sendiri yang direkomendasikan juga oleh kementrian agama. Aplikasi yang satu ini sudah banyak diunduh lho, yaitu lebih dari satu juta kali di playstore. Eits, tidak hanya itu ya. Aplikasi ini juga mempunyai banyak ulasan dan banyak pengguna yang memberikan nilai atau rating sebesar 4,7. Wah keren banget kan. Lalu apa saja sih isi dari aplikasi Muslim Go ini? Penasaran ya, apa saja isinya? 
Nah, untuk fitur yang ada di dalamnya yaitu meliputi waktu salat, Al-Qur’an digital, kumpulan doa, salat-salat sunnah, kalender hijriah dan masih banyak lagi. Bahkan letak masjid dan juga restoran yang halal disekitar kita juga bisa kita lihat dari aplikasi ini. Eits, tidak hanya itu lho fitur yang ada di dalamnya. Aplikasi ini juga mempunyai fitur yang menarik yait berupa konten islami seperti music, buku, video, kartu ucaoan dan masih banyak lagi.

2. Aplikasi Kesan


Aplikasi kesan? Bukannkah yang ada id benak kalian adalah pesan dan kesan pada seseorang? Iya nggak? Nah, nama kesan ini juga ada di dalam bagian aplikasi muslim yang satu ini. Kesan sendiri merupakan singkatan dari Kedaulatan Santri. Aplikasi ini baru diluncurkan bulan Mei ini lho. Namun, meskipun baru diluncurkan ternyata sudah banyak pengguna gadget yang mengunduh aplikasi yang satu ini. Hal ini dibuktikan bahwa aplikasi ini telah diunduh sebanyak 1000 kali lebih dan dengan rating 4,7. 





Nah, untuk ratingnya dari 64 ulasan pengguna setia gadget. Apa sih yang menarik dari aplikasi yang satu ini? Nah, aplikasi ini mempunyai fitur yang keren dan juga unik. Salah satu fiturnya adalah pengingat waktu salat wajib 5 waktu. Eits, tidak hanya salat 5 waktu saja ya. Namun, juga ada pengingat salat sunnah seperti salah duha dan juga salah tahajud. 
Nah, di dalam aplikasi ini juga ada jadwal imsyak selama bulan Ramadan lho. Keunikan lainnya yang ada di dalam aplikasi ini  adalah adanya konten seperti kalender hijriah, kitab kuning, salawat dan juga hadist. Eits, jangan khawatir untuk bahasanya karena sudah ada terjemahan bahasa Indonesia.

3. Aplikasi Umma


Aplikasi lainnya yang bisa kamu pakai selama bulan Ramadan adalah aplikasi Umma. Aplikasi ini baru diluncurkan juga lho. Tepatnya pada bulan April. Namun, baru diluncurkan bulan April aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 juta kali lho di playstore. Lalu apa saja sih konten yang menarik yang ada di dalam aplikasi Umma ini? Nah, untuk kontennya juga banyak nih. Konten yang ditawarkan sendiri merupakan konten islami yang dipersonalisasi yang memanfaatkan teknologi dan juga kecerdasan serta fitur komunitas. 

Konten yang ada di dalamnya seperti Spriritual Words, Qur’an Quotes, Ramadan Recipe dan masih banyak lagi konten menarik lainnya. Bahkan di dalam aplikasi ini juga ada grup chat islaminya juga lho. Eits, aplikasi ini juga mempunyai fitur baru yang dinamakan Ramadan Ummah. Fitur yang satu ini bisa membantu kamu mempermudah mengerjakan ibadah selain itu juga berdonasi.

4. Aplikasi Muslim Assistant


Nah, buat kamu yang sering lupa, apalagi lupa waktu beribadah. Wah ini bisa bahaya nih. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan aplikasi yang satu ini yaitu aplikasi Muslim Assistant. Dengan begitu kamu seperti memiliki asisten pribadi yang akan mengingatkanmu untuk beribadah. Aplikasi ini sudah diunduh 10 juta kali lho di playsotre. 

Wah banyak banget kan yang menggunakan aplikasi ini untuk mempermudah menjalankan ibadah. Selain itu aplikasi ini juga mempunyai rating 4,6 dari 153.000 ulasan dari pengguna setia aplikasi ini. Apa saja sih fitur yang ada di dalamnya. Nah, untuk fitur yang ada di dalam aplikasi ini antara lain arah kiblat, waktu salat, Al-Qur’an digital bahkan juga ada khotbah Jumat juga lho.
5. Aplikasi Muslim Pro


Nah, untuk aplikasi yang satu ini banyak sekali diundul oleh pengguna gadget. Untuk urutannya sendiri aplikasi ini merupakan aplikasi yang ada di urutan pertama jika kamu memasukkan kata muslim di kata pencarian playstore. Aplikasi ini sudah diundug dengan total mengunduh lebih dari 10 juta kali. Waw banyak banget kan ya. Aplikasi ini juga ada di peringkat 4,7. Nah, aplikasi ini sendiri dikembangka oleh perusahaan asing yaitu perusahaan asalw Negara Singapura yang bernama Bitsmedia Pte Ltd. 

Eits, tidak hanya itu lho. Aplikasi ini juga sudah mempunyai 40 terjemahan Al-Qur’an dalam bahasa lain. Tenang saja untuk bahasa Indonesia, juga sudah jelas ada dong hehe. Lalu apa saja fitur yang ada di dalam aplikasi ini? Nah, untuk fiturnya juga bermacam-macam yaitu mulai dari Al-Qur’an  digital, arah kiblat pengingat waktu salat. Eits, pengingat waktu salatnya dilengkapi dengan adzan juga lho. Selain itu juga masih ada fitur premium yang bisa kamu beli untuk memenuhi kebutuhanmu.

Nah, itu 5 aplikasi yang bisa kamu gunakan selama bulan Ramadan untuk mempermudah kamu dalam menjalankan ibadah dan memperoleh banyak pahala Kamu sudah mengunduh aplikasi yang mana nih? Share di kolom komentar ya :D. Selamat berpuasa ^^

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v