6 Penyebab dan Solusi Kulit Kering








Anisa AE - Kamu pasti nggak pingin kan kalau kulitnya kering? Setiap orang pasti menginginkan kulit yang bagus agar bisa tampil cantik dan menawan. Banyak permasalahan kulit yang terkadang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, misalkan saja tumbuh jerawat, kulit berminyak dan ada lagi nih yaitu kulit kering.

Nah, kalau kulitmu kering bagaimana? Pastinya kamu nggak nyaman kan? Pasti kamu juga tidak percaya dirikan? Ngomongin kulit kering. Kamu tahu tidak apa saja yang menyebabkan kulitmu menjadi kering? Belum tahu ya? Ada banyak lho penyebab kulit kering. Mau tahu apa tidak nih? Mau tahu banget apa mau tahu aja? Hehe Cuma bercanda doang kok. Ini nih yang menyebabkan kulitmu menjadi kering :

1. Kekurangan asupan air



Nah, salah satu yang menyebabkan kulitmu kering adalah kekurangan asupan air. Air yang dimaksud adalah air putih. Selain air putih terbukti untuk kesehatan tubuh. Air putih juga bisa menjaga kesehatan kulitmu. Coba deh diingat lagi berapa gelas, kamu meminum air putih dalam satu hari? Nah, kalau asupan air minummu kurang dari 8 gelas per hari. Hal inilah yang bisa menyebabkan kulitmu kering.

2. Salah menggunakan sabun


Seperti yang kita ketahui sabun memang bisa membersihkan kulit. Akan tetapi kamu harus memperhatikan terlebih dahulu nih sabun yang akan kamu gunakan untuk kulitmu terutama wajah. Apakah ada senyawa kimia golongan keras dengan nama surfaktan atau tidak. Kandungan senyawa inilah yang bisa menghilangkan minyak alami yang ada di dalam kulit. Kamu bisa mengeceknya dengan melihat kandungan yang tertera pada kemasan sabun.

3. Sering menggunakan AC


Nah, cuaca yang dingin juga bisa mempengaruhi kesehatan kulitmu lho. Misalkan saja penggunakan suhu AC uang terlalu dingin. Hal ini dapat menyebabkan lingkungan menjadi kurang lembab dan hal inilah yang membuat kulitmu menjadi kering bila kamu sering berada di ruangan yang menggunakan AC.

4. Cuaca panas


Salah satu penyebab kulit kering yang umum adalah cuaca atau suhu yang panas. Ketika kamu kelamaan berjemur di bawah terik matahari,ini juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Hal ini dikarenakan bisa menguapkan cairan yang ada di dalam kulit. Dengan begitu kulitmu akan dehidrasi. Apalagi kamu tidak segera meminum air putih. Hal ini jelas akan membuat kulitmu menjadi kering.

5. Sering mencuci tangan








Siapa nih yang sering mencuci tangannya? Mencuci tangan memang tindakan yang baik untuk dilakukan, karena bisa membunuh kuman. Akan tetapi jika kamu keseringan mencuci tangan itu juga tidak baik. Mau tahu kenapa? Karena hal ini bisa membuat kulit tanganmu menjadi kering. Hal ini disebabkan karena minyak alami yang ada di dalam kulit ikut hilang ketika kamu mencuci tangan dan akan menyebabkan kulit menjadi kering.

6. Mandi dengan air panas



Nah, buat kamu yang suka mandi dengan air panas. Jangan diteruskan deh. Lho kenapa? Mandi dengan menggunakan air yang terlalu panas akan membuat kelembapan alami kulit menjadi hilang. Hal ini lah yang bisa menyebabkan kulitmu menjadi kering. Masa iya sih ada yang suka mandi dengan air terlalu panas, bukannya nggak enak ya kalau mandi dengan air terlalu panas. Jadi, kamu bisa mengatur sendiri temperatur airnya agar tidak terlalu panas dan ini juga bisa menjaga kelembapan kulit.

Banyak juga ya ternyata yang bisa menyebabkan kulitmu menjadi kering. Lalu apa nih solusinya untuk menghilangkan kulit kering? Ini nih solusi untuk menghilangkan kulit kering yang bisa kamu coba :

1. Menggunakan pelempab alami


Nah, pelembab alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kulit kering adalah menggunakan bubuk almond. Sudah pada tahu kan bubuk almond? Selain bubuk almond bisa digunakan untuk membuat kuer ini, juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit lho. Terutama kulit wajah. Selain bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering bubuk almond ini juga bisa digunakan untuk mencegah penuaan dini, membantu mengatasi lingakaran hitam yang ada di sekitar mata dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

2. Menggunakan minyak kelapa


Minyak yang satu ini memang mempunyai manfaat yang sangat banyak. Selain bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan jantung, menghilangkan ketombe yang ada di kepala. Minyak ini juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi kulit kering. Lalu bagaimana caranya? Caranya mudah banget lho. Kamu tinggal mengoleskan minyak kelapa ini pada kulit yang kering. Eits, tidak hanya itu lho. Kalau bibir kamu kering, kamu juga bisa menggunakan minyak ini untuk mengatasi bibirmu yang kering.

3. Buah alpukat


Buah yang kaya vitamin ini bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi kulit yang kering. Caranya adalah gunakan buah alpukat dengan campuran madu lalu gunakan sebagai masker.  Hal ini dikarenakan buah alpukat memiliki asam lemak yang mempunyai sifat antibakteri. Begitu juga dengan madu. Madu juga mempunyai kandungan yang bisa menghidrasi kulit kamu yang kering. Eits, tidak hanya itu lho. Madu juga berfungsi untuk melawan noda yang ada.

4. Minum air putih


Nah, salah satu cara ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit kering. Selain baik untuk tubuh. Air putih juga sudah dibuktikan bahwa baik untuk kulit, terutama kulit wajah. Hal ini bisa dibuktikan dengan manfaatnya yang sangat banyak, seperti bisa menghambat penuaan dini, membantu untuk mengurangi jerawat yang ada pada wajah, dan yang paling penting bisa mengatasi masalah kulit kering. Hal ini dikarenakan salah satu penyebabnya adalah kulitnya dehidrasi. Maka dari itu, minumlah air putih yang banyak agar kulitmu tidak dehidrasi lagi.

5. Makan makanan yang bergizi




Makan makanan yang bergizi ini juga penting untuk kesehatan kulit. Nah, hayo siapa nih di sini yang makannnya asal-asalan dan tidak memperhatikan kandungan gizi yang ada? Mulai sekarang dirubah ya pola makannya agar kulitmu juga sehat dan tidak kering. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan ataupun juga sayuran.

6. Memakan ikan dan sayur


Memakan ikan ternyata juga bisa lho mengatasi masalah kulit kering. Banyak para ahli yang menyarankan untuk memakan ikan dan juga sayuran. Nah, buat kamu yang mempunyai masalah kulit kering namun juga sedang diet perbanyak makan ikan dan sayuran ya :). Hal ini dikarenakan bisa memberi dosis asam lemak dan juga vitamin untuk tubuh. Selain itu uga bisa membuat kulitmu mejadi terhidrasi dan juga lebih kenyal.

Pastinya kamu nggak pingin kan kulitmu kering? Nah, buat kamu yang kulitnya kering bisa mengatasi dengan solusi yang saya berikan ya. Nah, kalau kamu sudah bisa mengatasi kulitmu yang kering. Kamu harus lebih berhati-hati lagi dan kamu harus menghindari hal yang bisa membuat kulitmu menjadi kering. Apa di sini ada yang mengatasi kulit keringnya dengan hal yang lain? Bisa share di kolom komentar ya :D

All pictures by : Google

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v