Tips Memasak Ketupat Dengan Panci Presto






Anisa AE - Nggak terasa ternyata sudah memasuki hari ke 11 puasa ya. Saya mau tanya nih, kalau puasa seperti ini apa sih yang ditunggu-tunggu? Yups benar. Lebaran merupakan salah satu hal yang ditunggu saat bulan puasa. Lebaran memang menjadi momen yang istiwema selain setelah sebulan lamanya berpuasa akhirnya menuju ke hari kemenangan. Selain itu lebaran juga akan menjadi saat yang istimewa karena bisa berkumpul dengan sanak saudara yang jarang sekali bertemu. 

Nah, kalau lebaran pastinya ada dong makanan yang dimakan bersama sanak saudara? Kalian pastinya tahu dong dengan yang namanya ketupat? Ketupat adalah hidangan khas Asia Tenggara Maritim. Untuk isinya sendiri dari beras yang kemudian dibungkus dengan menggunakan anyaman daun kelapa yang masih muda. Ketupat sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga dan dijadikan simbol perayaan hari raya untuk umat islam. 


Simbol ini digunakan sejak pemerintahan Demak yang mana saat itu dipimpin oleh Raden Patah. Ketupat ini dibudidayakan oleh Sunan Kalijaga menjadi 2 kali Bakda, yaitu bakda lebaran dan bakda kupat. Bakda kupat sendiri dimulai seminggu setelah lebaran. Ketupat yang biasa kamu makan saat lebaran ternyata mempunyai arti dan juga filosofi yang tinggi lho. 



Ketupat sendiri dalam bahasa Jawa merupakan singkatan dari ngaku lepat dan laku papat. Tahu tidak apa artinya itu? Ngaku lepat berarti mengakui kesalahan dan laku papat berarti empat tindakan. Selain itu ketupat juga mempunyai filosofi yang sangat dalam lho. Ini dia filosofi ketupat :

* Beragam kesalahan manusia

Setiap orang pasti memiliki salah. Iya kan? Tanpa terkecuali saya. Kesalahan manusia ini ternyata ada kaitannya sama ketupat lho. Mau tahu? Jadi, untuk makna filosofi pertama yaitu mencerminkan betapa banyaknya kesalahan manusia. Hal ini ditandai dengan rumitnya cara membungkusnya.

* Kesucian hati

Makna filosofi yang kedua adalah kesucian hati. Hal ini dilihat dari ketika ketupat sudah dibelah atau dibuka dengan begitu akan terlihat nasi putih. Inilah yang mencerminkan kesucian dan kebersihan hati setelah meminta ampun.

* Kesempurnaan

Siapa nih di sini yang nggak bisa membuat bentuk ketupat? Angkat tangannya yang tinggi dong hehe. Eits, bentuk ketupat juga ada kaitannya sama makna filosofinya lho. Hal ini dilihat dari bentuk ketupat yang sangat sempurna. Hal ini kemudian dihubungkan dengan kemenangan umat islam yang sudah berpuasa selama sebulan kemudian datang hari raya idul fitri.
* Memaafkan

Nah, pastinya kalau lebaran itu bermaaf-maaf an kan? Begitu juga makna filosofi ketupat ini. Biasanya ketupat disajikan menggunakan kuah yang bersantan. Santan sendiri di dalam bahasa Jawa diartikan sebagai pangapunten (memafkan)

Nah, kalau memasak ketupat untuk hari raya kamu biasanya menggunakan panci biasa atau panci presto nih dalam memasaknya? Nah, buat yang masih menggunakan panci biasa beralih ke panci presto aja yuk hehe. Karena panci presto mempunyai banyak manfaat lho. Mau tahu apa saja manfaatnya? Simak terus artikel ini ya :D. Manfaat panci presto :

1. Memasak lebih cepat


Seperti yang kita ketahui tutup panci yang ada di panci ini sangat rapat. Hal inilah yang menyebabkan uap panci tidak banyak keluar dan menjadikan suhu menjadi tinggi. Dengan begitu makanan yang di masak akan lebih cepat matang. Eits, tidak hanya itu lho. Ketika suhu saat memasak ini tinggi, bakteri yang ada di dalamnya akan mudah mati.

2. Kandungan gizi utuh


Nah, salah satu manfaat lainnya adalah kandungan gizinya akan tetap terjaga. Hal ini dikarenakan memasak makanan yang bisa dibikang hanya membutuhkan waktu yang singkat. Dengan begitu, kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalamnya tidak akan hilang.

3. Serbaguna


Nah, siapa sih yang nggak suka sama alat yang serbaguna? Dengan menggunakan satu alat, tapi bisa melakukan banyak hal. Hal ini juga bisa kamu lakukan saat kamu menggunakan panci presto. Dengan menggunakan panci ini kamu bisa melakukan banyak hal mulai dari menggoreng, mengukus, merebus dan masih banyak lagi hanya menggunakan 1 alat ya.





4. Hemat energi


Pasti nggak mau kan kalau dikit-dikit keluar uang untuk beli gas dan lain sebagainya. Nah, dengan menggunakan panci presto kamu bisa menghemat energi dan pengeluaran. Hal ini dikarenakan memasakan yang tidak perlu memakan banyak waktu.

5. Mudah dibersihkan

Siapa nih yang biasanya sebel sendiri kalau membersihkan alat masak. Namun, sulit sekali dan nggak bersih-bersih? Nah, kalau kamu memasak menggunakan panci presto otomatis tidak akan banyak minyak, uap dan noda yang tertinggal. Dengan bergitu proses membersihkan akan menjadi lebih cepat.


6. Anti karat


Nah, ini cocok banget buat yang suka memasak. Biasanya kalau pakai panci biasa kan mudah berkarat. Kalau menggunakan panci presto ini tidak akan mudah berkarat. Hal ini dikarenakan panci presto diproduksi menggunakan bahan stainless steel yang mana itu tahan terhadap karat. Dengan begitu juga kan menghemat pengeluaranmu. Iya nggak nih?

7. Bisa untuk membuat kue


Wah cocok banget nih sama yang suka membuat kue. Karena panci ini juga bisa digunakan untuk membuat kue. Caranya juga mudah yaitu dengan meletakkan alas kertas roti pada panci ini. Kemudian tuang deh adonan ke dalamnya dan tutup menggunakan penutup panci. Tunggu sampai adonan matang sempurna.

Banyak banget kan manfaat dari panci presto ini. Kamu bisa lho memasak ketupat untuk lebaran menggunakan panci serbaguna ini. Mau tahu caranya? Mau tahu aja, apa mau tahu banget nih? Nah buat yang mau tahu banget saya kasih tahu nih hehe. Pertama kali yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu

Alat dan bahan :

- ketupat yang akan di gunakan
- beras
- garam
- air secukupnya saja
- panci presto

Cara pembuatan :

* Cuci beraskan terlebih dahulu, kemudian tiriskan
* Masukkan beras tersebut ke dalam wadah ketupanya, sampai setengah saja ya
* Kemudian masukkan ke dalam panci presto
* Isi panci dengan air sampai ketupat tenggelam
* Masukkan sedikit garam
* Masak ketupat menggunakan api yang besar
* Kecilkan api jika terdengar suara mendesis dari panci presto
* Tunggu sampai 1 jam
* Matikan kompor
* Diamkan ketupat kurang lebih 1 jam, kemudian angkat ketupat
* Ketupat siap disajikan dengan menu kuah santan ataupun yang lainnya.

Mudah banget bukan memasak ketupat menggunakan panci presto ini. Kamu bisa memasak apa yang kamu mau menggunakan 1 panci ini. Tertarik untuk mencoba menggunakan panci ini? Buruan deh beli sebelum kehabisan :D. Nah, buat kamu yang mau mencoba resep di atas saya ucapkan selamat mencoba ^^

All pictures by : Google

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v