Belajar Mengelola Blog Bersama Komunitas ISB









Anisa AE - Bagaimana nih kabarnya hari ini? Semoga baik-baik saja ya aamiin hehe. Saya mau tanya nih, hari Minggu kemarin kalian melakukan kegiatan apa nih. Apa ada yang lagi travelling? Atau hanya di rumah saja menghabiskan waktu bersama keluarga. Kalau saya sendiri hari Minggu kemarin menjadi salah satu hari bahagia saya di awal bulan Mei ini.

Nah, jadi saya kemarin mengikuti acara workshop yang diikuti oleh para blogger dari Indonesia terutama Malang. Eits, tapi ternyata nggak hanya Malang saja lho. Karena kemarin juga ada blogger yang jauh-jauh dari Surabaya ke Malang hanya untuk mengikuti acara workshop ini. Saya sebagai orang Malang (Kepanjen) nggak mau ketinggalan dong dengan acara ini. Apalagi acara ini free loh. Jadi, siapa pun boleh ikutan. Baik itu blogger yang sudah lama, maupun blogger yang masih pemula.


Seru banget pokoknya acara kemarin. Acara workshop ini sendiri diadakan oleh ISB (Indonesian Social Blogpreneur) dengan para pemateri yang keren dan memotivasi. Ada Teh Ani Berta, Dama Vara, Riri Restiani, Liswanti Pertiwi. Workshop ini sendiri diadakan di Galeri Indosat Ooredoo Malang yang beralamatkan di Jalan Jaksa Agung Suprapto No. 47 Samaan, Klojen, Kota Malang. Lebih tepatnya berada di dean Hotel Regent. 


Buat kalian yang mau konsultasi mengenai kartu Indosat bisa langsung datang ke tempat ini ya. Masih belum tahu di mana? Kalian bisa memanfaatkan kecanggihan yang ad di zaman sekarang. Langsung saja buka googe maps, ketikkan alamat yang dituju à Galeri Indosat Ooredoo. Bakalan langsung mucul deh, kalian tinggal mengikuti petunjuk yang ada.

Untuk materi yang pertama di jelaskan oleh Mbak Riri Restiani yang merupakan blogger dan juga entrepreuner. Awalnya ngeblog hanyalah sebagai hobi dan juga untuk mencurahkan isi hati. Nah, karena Mbak Riri ini suka membuat craft akhirnya ia menambahkan hasil karyanya ke dalam blog dan sudah ada banyak lho kreatifitas yang sudah di ciptakannya. 


Nah, dari situlah Mbak Riri menjadi seorang wirausaha dengan berdagang macam-macam kerajinan tangan dari kain flanel bahkan ada yang untuk fashion. Di satu sisi menjadi wirausaha di sisi lain menjadi blogger dan sudah banyak yang ia raih dari 2 hobi sekalius sumber penghasilan ini. Misalkan saja dia dapat membeli rumah, sepeda motor, kamera, laptop, kuliah S1 dan masih banyak lagi. Jika, kalian penasaran sama produk kerajinan tangan yang dibuat Mbak Riri bisa lihat di online shop instagramnya @PrincessRhieShop, untuk sosial medianya. Instagram @PrincessRhie, twitter @Princess_Rhie dan facebook www.facebook.com/princessrhieshop1. Buat yang mau tanya-tanya bisa ke nomer handphonenya 085959080891 dan emailnya RiriRestianigmail.com.

Eits, tidak hanya itu lho. Peserta yang ikut boleh bertanya dan yang beruntung mendapatkan 1 kerajinan tangan cincin dari Mbak Riri. Setelah Mbak Riri lanjut ke pemateri selanjutnya yaitu Mbak Dama Vara. Nah, Mbak ini merupakan IT Support dan Design Grafis. Nggk jauh dari passionnya Mbak Dama Vara ini menjelaskan tentang layouting yang bagus digunakan di blog. Ada loyouting dekoratif dan non dekoratif. Eits, tidak hanya itu lho Mbak Dama Vara juga merekomendasikan 3 aplikasi yang cocok digunakan oleh blogger yaitu Canva, UNUM, dan juga Pinterest. 






Mbak Dama Vara juga meyampaikan bagaimana cara untuk menggunakan aplikasi tersebut. Tidak hanya itu, Mbak Dama Vara juga memperbolehkan peserta yang ikut untuk mempraktekkan bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut. Nah, setelah penjelasan dari Mbak Dama berakhir semua peserta yang hadir diberikan 1 kotak makan HokBen. Waktunya makan siang bersama :D. Siapa sih yang tidak mengenal makanan yang satu ini. Makanan yang sudah miliki banyak cabang ini dan rasanya tetap nomer 1. 


Setelah makan siang bersama, semua peserta dipersilahkan untuk istirahat. Kalau untuk yang mau salat juga dipersilakan. Awalnya saya bertanya kepada pak satpam musholanya ada di mana. Pak satpamnya bilang ada di luar lingkup Galeri Indosat, alias mushola yang ada di kampung. Akhirnya saya dan teman-teman blogger lainnya keluar dari Galeri Indosat Ooredoo ini mencari mushola terdekat dan sampailah pada sebuah mushola. Tapi ternyata musholanya terkunci. Namun, ternyata di belakang mushola itu ada masjid. Masjid ini bernama Masjid Al- Mubarokah. Akhirnya saya dan teman-teman blogger salat di sana.


Setelah salat kembali lagi ke Galeri Indosat dan melanjutkan menimba ilmu dari pemateri lainnya. Nah, pemateri selanjutnya adalah Teh Ani Berta. Menurut saya Teh Ani merupakan seseorang yang hebat. Teh Ani pernah menjuarai beberapa lomba, bukan hanya beberapa. Lebih tepatnya banyak lomba. Super keren. Teh Ani sendiri sudah menjelajahi Indonesia seperti ke Bukit Tinggi, Padang dan masih banyak lagi bahkan juga pernah ke tempat terpencil yang ada di Jawa Timur. Tidak hanya itu lho Teh Ani juga pernah ke Amerikat Serikat, Malaysia, Singapura untuk mewakili blogger Indonesia. Keren banget Teh Ani :). 


Pada workshop kemarin Teh Ani membahas tentang tips menjadi freelancer di era digital. Kalian tahu tidak apa itu freelancer? Freelancer menurut Teh Ani adalah suatu kegiatan yang melakukan pekerjaan tidak terikat penuh waktu di satu perusahaan atau bekerja paruh waktu untuk beberapa pekerjaan dengan waktu yang bisa diatur sendiri. Untuk menjadi freelancer juga harus mempunyai banyak persiapan ya. Antara lain mempunyai tabungan yang cukup, menemukan potensi diri, memanfaatkan workshop online dan offline, memperbanyak portofolio, perluas networking. 


Selain persiapan seorang freelancer juga harus mempunyai rencana kerja, seperti membuat proposal penawaran, meskipun seorang freelancer namun juga harus strategi seperti seorang pebisnis. Catatan dari Teh Ani nih. Meskipun hanya seorang frelancer yang jam kerjanya fleksibel jangan dibuat santai. Tetap atur jam kerja rutin. Manfaatkan teknologi digital untuk mencari job. Nah, buat seorang freelancer harus mempunyai lebih dari satu rekening ya. Satu rekening untuk menampung penghasilan kita ketika ada job dan satunya lagi untuk keperluan sehari-hari. 


Jangan lupa buat sistem gaji untuk diri sendiri ya. Nah, kalau ada kebutuhan sekolah misalkan saja SPP kalau bisa membayar semuanya langsung. Bayar saja semuanya, agar nanti kalau tidak mempunyai uang tidak pusing lagi. Kan uang SPP sudah lunas semua :D. Eits, tapi tetap ya harus melakukan kewajiban yaitu sedekah, zakat dan juga membayar pajak penghasilan (jika penghasilanya lebih dari 50 juta).


Setelah Teh Ani menutup penjelasannya, sekarang giliran Mbak Liswanti Pertiwi untuk membahas masalah keuangan. Langsung melek semua nih mata. Karena membahas soal keuangan :D. Mbak Liswanti bertanya kepada peserta semuanya, kalau habis ada job dari blog uangnya larinya ke mana nih. Semua bilang nggak tahu larinya ke mana, tahu-tahu sudah habis :D. 

Hahaha sama sih saya juga biasanya begitu. Nah, di sinilah Mbak Liswanti menjelaskan untuk mencatat setiap memasukan (hasil job), hitung juga penghasilan perbulan, buat pos keuangan juga dan yang paling penting adalah investasi dan tabungan. Setelah materi dari semua pemateri selesai saatnya kuis dan setiap peserta yang bisa menjawab mendapatkan doorprize. Terima kasih Mbak Riri, Mbak Dama, Teh Ani dan Mbak Liswanti atas tambahan ilmunya.


Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v