Donat Kentang Skippy, Teman Berbuka Puasa yang Yummy








Anisa AE - Siapa nih di sini yang suka makan donat? Angkat tangannya yang tinggi dong hehe. Kalau saya suka banget sama makanan yang satu ini. Apalagi dengan donat kentang. Tahu tidak donat kentang yang biasa disebut dengan sebutan Spudnut merupakan donat yang terbuat dari campuran kentang yang sudah ditumbuk atau dihaluskan yang membuat donat ini menjadi lebih nikmat. Donat yang memakai campuran kentang ini mempunyai tekstur yang lebih ringan daripada donat yang tidak menggunakan campuran kentang. 

Nah, donat ini ternyata sudah dikenalkan sejak lama lho yaitu sekitar tahun 1900-an. Wah sudah menjadi salah satu makanan yang legend ya. Namun, cita rasanya tetap enak dan tidak bisa terkalahkan. Huumm yummy :D. Eits, kok jadi pingin makan gini ya. Ingat masih puasa hehe. Namun, donat juga bisa digunakan untuk menu berbuka puasa.
Selain donat kentang yang lembut dan nikmat ini saya lebih suka kalau donatnya diberi topping selai. Apalagi selai kacang. Mau tahu tidak kenapa saya kok lebih suka dengan selai kacang? Nah, hal ini dikarenakan selain rasanya yang enak, selai kacang juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja sih manfaatnya? Jadi, manfaat yang ada di selai kacang adalah :

1. Menurunkan berat badan


Ini nih yang saya kejar hehe. Karena saya pingin banget nih diet dan dengan mengonsumsi selai kacang ini mungkin diet saya bisa terlaksana :D. Hal ini juga sudah dibuktikan oleh para peneliti lho. Kacang tanah ternyata mengandung protein yang tinggi dan juga kaya akan lemak sehat berserat tinggi. Nah, proteinnya sendiri bisa mencegah asupan kalori yang berlebihan ketika Anda makan.

2. Meredam Stres


Selain selai kacang bisa menurunkan berat badan. Selai ini juga bisa membantu Anda mengurangi stres yang terjadi pada diri Anda. Lho kok bisa? Hal ini dikarenakan di dalam kacang terdapat kandungan beta sitesterol yang berfungsi untuk menormalkan kadar kortisol yang melambung tinggi menjadi seimbang dengan hormon lainnya. Eits, tidak hanya itu lho kandungan beta sitesterol ini juga bisa meningkatkan imun yang ada di dalam tubuh.





3. Kaya Nutrisi



Tahukan Anda bahwa di dalam 100 gram selai kacang terdapat 25 sampai dengan 30 gram protein yang dibuat sebagai asam amino yang berfungsi untuk perbaikan sel dalam tubuh. Selain itu selai kacang juga memilki vitamin A, C dan E, di mana vitamin A baik untuk indra penglihatan, vitamin C untuk kekebalan tubuh dan vitamin E untuk kesehatan kulit.

Eits, tidak hanya itu lho manfaatnya. Masih banyak lagi manfaat yang ada di dalam selai kacang. Nah, untuk itu saya biasanya memakai selai kacang dari skippy untuk topping. Pasti sudah tidak asing lagi kan dengan nama selai yang satu ini. Yups benar, selain selai kacang ini merupakan selai kacang yang diproduksi di Amerika Serikat. Namun, juga sudah banyak dijual di Indonesia lho. Biasanya yang saya beri topping selai skippy ini adalah donat kentang. Ngomongin donat kentang. Mau tahu tidak resep dari donat kentang ini. Nah, buat kamu yang pingin membuat donat kentang bisa memakai resep saya nih hehe.

Bahan :

* 250 gram terigu
*1/2 bungkus fermipan
* 2 buah kuning telur
* 3 sampai 4 buah kentang. Jangan lupa direbus dan juga dihaluskan terlebih dahulu ya :D
* 1 sendok makan mentega. Eits, sudah dicairkan ya
* susu bubuk secukupnya saja
* 1 sendok makan gula pasir. Bisa ditambahkan sesuai dengan selera ya.
* siapkan juga selai skippy dan juga mesis ya (untuk toppingnya):D

Cara pembuatan :

* Campurkan semua bahan yang ada di atas (selain selai skippy dan juga mesesnya, karena akan digunakan untuk topping hehe)
* Uleni semua bahan hingga semuanya menyatu menjadi sebuah adonan.
* Nah, pada saat menguleni adonan ini banting-banting adonannya juga ya. Kira-kira ½ jam.
* Kalau adonan sudah jadi, tinggal membentuknya.
* Setelah dibentuk lanjutkan dengan menggoreng donatnya hingga matang. Oh iya, jangan terlalu sering membolak-baliknya ya, nanti akan menyebabkan banyaknya minyak yang mengendap pada donat. Maka dari itu, balik saja donatnya ketika sudah mulai kecoklatan.
* Kalau sudah matang tinggal tambahkan toppingnya nih (selai skippy dan juga meses)

Baca juga : 10 KEISTIMEWAAN BULAN RAMADHAN



Mudah banget kan cara membuat donatnya. Bagaimana nih mau mencoba resep buka puasa dari saya? Silahkan mencoba dan selamat menjalankan ibadah berpuasa :).

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v