Kegiatan di Bulan Ramadan






Anisa AE - Tidak terasa ya bulan Ramadan sudah mau meninggalkan kita. Hmm kalau ditanya sedih nggak? Yah pastinya sedih dong. Hal ini dikarenakan ketika bulan Ramadan pahala atas amal kebaikan yang kita kerjakan akan dilipat gandakan. Tidak hanya itu, di dalam bulan ini juga terdapat banyak keberkahan yang bisa kita dapatkan. Maka dari itu, sudah selayaknya diisi dengan kegiatan positsif. Apa saja sih kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu Ramadanmu? Nah, ini nih ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di sisa Ramadan ini :
1. Membaca Al-Qur’an


membaca Al-Qur’an

Nah, salah satu kegiatan positif yang bisa kamu lakukan untuk mengisi bulan Ramadan adalah membaca Al-Qur’an. Dengan membaca Al-Qur’an kamu akan mendapatkan 10 kebaikan di setiap hurufnya. Kegiatan membaca Al-Qur’an ini akan lebih berwarna ketika kamu melakukannya bersama dengan teman-teman kamu. 

Biasanya kegiatan ini ada di dalam sebuah masjid atau mushola dan kegiatan ini dinamakan tadarus. Kalau kamu lebih nyaman untuk membaca Al-Qur’an sendiri di rumah hal ini juga diperbolehkan. Sebisa mungkin bacalah Al-Qur’an kamu meskipun itu hanya 1 ayat saja.

2. Buka bersama

buka bersama


Baca juga : 5 APLIKASI UNTUK MENEMANI PUASA

Selain membaca Al-Qur’an kamu juga bisa melakukan kegiatan yang bahkan sudah menjadi ciri khas dari bulan Ramadan yaitu buka bersama. Buka bersama ini bisa dengan teman lama yang sekalian melakukan reuni ataupun dengan rekan kerja. Nah, acara buka bersama ini hanya ada di dalam bulan Ramadan saja lho. 

Meskipun biasanya kamu berpuasa sunnah misalkan saja puasa senin kamis, kemudian kamu berbuka puasa dengan temanmu. Suasanya yang kamu dapatkan akan berbeda ketika melakukan buka puasa bersama ketika berada di bulan Ramadan ini. Selain itu, buka bersama juga bisa memperat tali silaturahmi lho dan kamu juga akan mendapatkan manfaat yang lainnya.

3. Salat malam





salat malam

Nah, salah satu kegiatan positif yang bisa kamu lakukan ketika bulan Ramadan adalah melakukan qiyamul lail. Apa sih qiyamul lail itu? Sebagai umat islam pastinya kamu sudah tahu dong. Yups benar qiyamul lail adalah melakukan kegaiatan ibadah di malam hari. Ibadah yang dimaksud di sini adalah ibadah salat. 

Kamu bisa melakukan salat malam di bulan Ramadan ini. Apa saja salat yang bisa kamu kerjakan? Nah, kamu bisa mengerjakan salat tarawih yang kemudian dilanjutkan dengan salat witir. Selain itu kamu juga bisa melakukan salat lainnya seperti salat tahajud, salat taubat dan masih banyak lagi salat lainnya.

4. Melakukan kebaikan

berbuat baik

Bulan Ramadan memang mempunyai keistimewaan tersendiri dibandingkan bulan lainnya. Ketika kamu melakukan suatu kebaikan entah itu kepada Allah, kepada diri sendiri atau kepada orang lain pahala yang akan kamu dapatkan juga berbeda dengan pahala di bulan-bulan lainnya. Eits, akan tetapi dengan satu catatan ya, yaitu diakukan dengan cara yang ikhlas. 
Maka dari itu, tak heran banyak orang yang berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan. Eits, akan tetapi juga jangan hanya di dalam bulan Ramadan saja melalukan kebaikan. Bisa jadi ketika bulan Ramadan sudah selesai, ternyata berbuat kejahatan. Bukan begitu lho ya.

5. Mendengarkan ceramah

ceramah keagamaan

Nah, tidak banyak ceramah yang sudah tersebar bahkan di dalam televisi ketika menjelang berbuka puasa. Maka dari itu manfaatkan teknologi yang ada dengan mendengarkan ceramah-ceramah islamiah. Selain itu, kamu juga bisa melihat tayangan televisi yang bermutu. Misalkan saja nih acara Hafiz Indonesia. Siapa tahu kamu juga akan terdorong untuk menghafalkan Al-Qur’an hehe.

Selain itu masih banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktumu selama Ramadan. Kalau kamu sendiri saat bulan Ramadan melakukan kegiatan apa nih? Share di kolom komentar ya ^^

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v