Ngabuburit Seru di Kota Kepanjen





Anisa AE - Wah sekarang tanggal berapa nih. Yups benar sekali sekarang sudah tanggal 06 Mei 2019. Hari ni merupakan hari yang paling saya tunggu-tunggu lho. Eits, tidak hanya saya lho. Namun, juga seluruh umat muslim yang ada di dunia. Mau tahu kenapa? Jadi, hari ini adalah hari pertama puasa Ramadan. Alhamdulillah masih bisa diberi kesempatan bertemu dengan bulan yang penuh berkah ini.

Saya hari ini juga bahagia banget. Karena anak saya Michan, sudah mulai belajar puasa. Katanya sih mau puasa Magrib, tapi nggak tahu juga nanti dia bakalan kuat apa nggak. Namanya juga masih anak-anak, iya nggak sih? Namun, melihat dia sudah mulai belajar puasa saja rasanya saya sudah senang. Semoga dia bisa melaksanakan puasa Ramadan sampai waktu berbuka tiba ya aamiin.


Ngomongin waktu berbuka puasa. Biasanya apa nih yang kalian lakukan? Diam saja di rumah tanpa melakukan kegiatan apapun? Emangnya nggak bosan ya? Kalau saya sendiri sih biasanya waktu puasa bulan Ramadan seperti ini lebih memilih untuk ngabuburit. Pasti sudah nggak asing kan dengan kata ngabuburit? Ada yang tahu belum sih apa itu ngabuburit? Nah, buat yang belum tahu saya kasih tahu nih ya. 


Jadi, ngabuburit ini berasal dari bahasa Sunda yaitu “burit”. Burit sendiri mempunyai arti sore hari, menjelang Magrib. Seiring berjalannya waktu munculah istilah ngabuburit dan istilah ini nggak bisa dipisahkan dengan puasa di bulan Ramadan. Hal ini karena banyak masyarakat yang mengucapkan istilah ngabuburit dan diartikan dengan orang yang sedang menunggu datangnya waktu berbuka puasa (Magrib). 


Nah, sekarang nggak bingung lagi kan dari mana asal-usul kata ngabuburit itu. Ngomongin ngabuburit, buat kamu yang rumahnya di Kepanjen atau mungkin yang sedang berkunjung ke Kepanjen kalian nggak perlu bingung mau melakukan kegiatan ngabuburit apa. Kota Kepanjen yang merupakan salah satu Kota yang ada di Kabupaten Malang ini mempunyai banyak tempat yang cocok banget buat kamu melakukan ngabuburit. Kamu juga bisa melakukan kegiatan ngabuburit yang nggak bakalan membosankan deh. Mau tahu apa saja itu? Ini nih tempat ngabuburit dan hal yang bisa kamu lakukan saat di Kepanjen  :

1. Taman Contong


Salah satu tempat yang nggak boleh kalian lewatkan saat ngabuburit adalah Taman Contong. Taman yang bisanya disebut juga dengan Alun-alun Contong ini berlamatkan di Jl. K. H Agus Salim, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.Tepatnya di sebelah stasiun kereta api Kepanjen. Nah, kalian bisa banget nih melakukan kegiatan ngabuburit di sekitar Taman Contong ini. Tempat ini cocok banget  buat kalian yang ke sini membawa si kecil. 









Ketika di Taman Contong, kalian bisa mengajak si kecil belajar sambil bermain. Lho kok bisa? Bisa dong, karena di Taman Contong terdapat banyak sekali replika binatang mulai dari dinosaurus, kingkong, kodok dan masih banyak lagi. Nah, untuk tempat bermainnya? Si kecil bisa naik ke replika yang ada di Taman Contong ini sambil mengenalkan berbagai macam binatang. Tidak hanya itu, di taman ini juga terdapat ayunan yang bisa dimainkan oleh semua kalangan lho. Jadi, buat para remaja juga bisa nih datang ke sini. Sembari menunggu waktu azan Magrib tiba, main ayunan dulu sambil menikmati  udara sore hari Kota Kepanjen.

2. Pasar Takjil


Selain ngabuburit ke Taman kalian bisa banget nih ngabuburit dengan berburu takjil. Takjil? Siapa sih yang nggak suka kalau berburu takjil? Saya saja suka kok :D. Nah, buat kalian yang ada di Kepanjen bisa banget nih berburu takjil di Jalan Kawi Kepanjen lebih tepatnya di halaman Kantor Pos Kepanjen. Jangan khawatir deh kalau nggak kebagian takjil di sini. Karena di pasar takjil ini menjual berbagai macam makanan dan juga minuman dan satu lagi nih harga yang ditawarkan juga terjangkau lho. Cocok banget kan buat ibu-ibu  seperti saya :D. 

Selain pasar takjil yang ada di Jalan Kawi, kalian juga bisa ke pasar takjil yang ada di timurnya stasiun Kepanjen. Di pasar takjil ini juga ada banyak yang menjual berbagai makanan dan minuman. Kalau kalian sedang berburu takjil apa sih yang kalian cari? Kalau saya sendiri sih yang saja tuju pertama adalah yang berjualan minuman terutama kolak :D.

3. Stadion Kanjuruhan


Nah, buat kalian yang masih bingung mau ngabuburit di mana. Kalian bisa ke Stadion Kanjuruhan. Apa saja yang bisa kalian lakukan di sana? Sambil menunggu azan tiba, kalian bisa bermain ke Taman Bumi Arema yang berlamatkan di Jalan Trunojoyo, Krajan, Kedung Pedaringan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Taman ini merupakan bumine arek malang. Aremania aremanita yang sedang berada di mana pun pasti sudah tahu dengan taman yang satu ini. 


Nah, kalian bisa nih ngabuburit di taman ini bersama dengan orang tercinta ataupun sahabat sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba. Tidak hanya di kawasan Taman Bumi Arema saja, kalian bisa mengelilingi kawasan Stadion Kajuruhan dengan menyewa mobil-mobilan ataupun sepeda yang ada di Stadion Kanjuruhan ini. Jangan khawatir untuk menu berbuka puasanya. Karena di sana juga ada banyak warung yang menawarkan makanan dan minuman cocok buat kamu berbuka puasa dengan orang tercinta.


4. Menelusuri Kota Kepanjen


Betul nggak sih kalau ngabuburit yang paling bahagia adalah ngabuburit bersama keluarga atau orang tersayang? Eits, orang tersayang nggak hanya dengan pasangan saja ya. Sahabat juga merupakan orang tersayang lho. Mungkin kalian bisa berkunjung ke rumahnya, mengobrol atau bahkan melakukan kegiatan ngabuburit dengan jalan-jalan. Jalan-jalan di sini bisa kamu lakukan dengan menelusuri Kota Kepanjen di saat sore hari atau bahkan pergi ke pasar takjil. Pasti jarang banget kan kalau sore hari mau jalan-jalan ke luar rumah dengan orang tersayang. Nah, di saat seperti ini bisa kamu manfaatkan untuk jalan-jalan dengan mereka. 

Bagaimana masih bingung mau ngabuburit di Kepanjen? Banyak banget lho yang dapat kalian lakukan ketika menunggu berbuka puasa. Kalau kalian sendiri lebih memilih melakukan kegiatan yang mana nih? Jawab di kolom komentar ya :). Jadi, nggak sabar nih sama ngabuburit nanti :D. Buat kalian umat muslim di mana pun berada terutama yang membaca artikel ini :D. Saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa :). 

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v