Pengertian Zakat, Infaq dan Juga Shodaqoh






Anisa AE - Tidak terasa nih sekaarng sudah memasuki hari ke 16 berpuasa. Nah, kalau sudah memasuki hari-hari mendekati hari raya idul fitri pasti banyak sekali yang mengeluarkan zakat. Benar nggak nih? Sudah pada tahu kan zakat itu apa? Zakat merupakan rukum islam yang ke empat. Eits, rukun islam itu apa saja hayo? Rukun islam itu ada 5 ya. Apa saja sih itu? Rukun islam itu adalah syahadat, salat, puasa, zakat, haji bagi yang mampu. 

- Zakat 

Nah, zakat sendiri merupakan rukun islam yang ke 4. Kalau arti dari zakat menurut bahasa adalah suci, bersih, subur dan berkembang. Nah, kalau menurut istilah zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh orang yang menganut agama Islam yang kemudian diberikan kepada orang yang berhak untuk menerimanya. Zakat sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu zakat fitrah dan juga zakat maal. Sudah pada tahu kan apa perbedaan keduanya. Apa masih ada yang bingung nih. Nah, buat kamu yang masih bingung atau belum tahu baca artikel ini sampai habis ya.

1. Zakat fitrah 



Zakat fitrah sendiri merupakan zakat yang wajib dikeluarkan bagi seseorang yang beragama muslim. Zakat ini merupakan zakat yang wajib dikeluarkan 1 tahun sekali tepatnya pada saat bulan Ramadan. Untuk waktu mengeluarkannya yaitu saat awal bulan Ramadan hingga sebelum melakukan sholat idul fitri. Jadi, ketika kamu mengeluarkan zakat sehari sebelum salat idul fitri hal itu masih dianggap zakat. 

Baca juga : 8 LIPSTIK WARDAH COCOK MENEMANIMU SETIAP HARI

Namun, ketika kamu mengeluarkan zakat sesudah salat idul fitri hal ini akan dianggap sebagai sedekah seperti biasanya. Lalu apa yang dikeluarkan ketika zakat fitrah? Nah, yang wajib kamu keluarkan adalah beras ataupun juga makanan pokok sebesar 2,5 kilogram. Eits, tapi kualitas atau makanan poonya harus seperti yang orang lain konsumsi pada umumnya ya. Selain beras kamu juga bisa menggunakan uang tunai sebesar harga beras 2,5 kilogram itu.

2. Zakat maal



Zakat maal sendiri adalah zakat yang harus dikeluarkan ketika kamu mempunyai harta yang lebih dari cukup. Seperti syarat dari zakat maal sendiri yaitu harta itu milik sendiri, berkembang, memenuhi nisab, melebihi dari kebutuhan pokok, tidak terbelit hutang, dan sudah ada selama 1 tahun. Dengan memenuhi kriteria tersebut kamu wajib mengeluarkan zakat mal. Zakat yang wajib dikeluarkan adalah 2,5 % dari jumlah harta yang dimiliki.

Kalau begitu zakatnya diberikan kepada siapa? Nah, karena zakat merupakan salah satu rukun islam pastinya juga sudah mempunyai aturan yang memperkuat dari segi ilmu fiqih. Maka dari itu zakat yang kamu keluarkan bisa kamu berikan kepada 8 golongan ini :



Baca juga :  REFERENSI BARANG UNTUK THR

* Fakir : orang yang hampir tidak mempunyai apa-apa dengan begiu ia tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya.




* Miskin : orang yang mempunyai sedikit harta. Namun, juga tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya.
* Amil : orang yang bertugas untuk mengumpulkan dan juga menyalurkan zakat.
* Mu’alaf  orang yang baru menganut agama islam yang masih membutuhkanbantuan untuk menguatkan diri dalam tauhid dan juga syariah yang ada.
* Hamba sahaya atau riqab : seorang budak yang ingin memerdekan dirinya.
* Gharimin : orang yang mempunyai hutang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
* Fisalbilillah : orang yang berjuang di jalan Allah. Hal ini bisa merupakan orang yang dakwah, jihad maupun yang lainnya namun masih masuk di dalam berjuang di jalan Allah SWT.
* Ibnu Sabil atau musafir : Orang yang kehabisan biaya ketika dalam perjalanan dan dalam kondisi taat kepada Allah SWT.

- Infaq

Selain zakat pastinya kamu juga sering mendengar kata infaq. Iya nggak nih? Infaq sendiri adalah kegiatan mengeluarkan harta yang mencakup zakat (wajib) dan juga non zakat (tidak wajib). Nah, untuk infaq dalam kategiri wajib adalah zakat, nazar dan sebagainya. Lalu yang dalam kategori tidak wajib atau sunnah apa saja? Nah, untuk yang sunnah meliputi infaq ke pada fakir miskin, infaq kepada saudara yang sedang terkena bencana alam dan masih banyak lagi. Selain infaq masih ada satu lagi nih yang tidak bisa dipisahkan dari zakat dan infaq. Apa itu? Ada yang tahu nggak nih? Jadi, yang satunya adalah shodaqoh.

- Shodaqoh



Baca juga : 10 GAYA RAMBUT WANITA COCOK UNTUK LEBARAN

Sudah pada tahu kan apa itu shodaqoh? Nah, shodaqoh atau yang biasanya disebut sedekah sendiri adalah pemberian secara sukarela dan juga ikhlas dari orang muslim untuk saudara muslimnya. Sedekah sendiri tidak ada batasan waktu dan juga jumlah. Nah, sedekah sendiri itu lebih luas daripada zakat dan infaq. Hal ini dikarenakan sedekah tidak hanya mengeluarkan sebagian harta. Namun, berbuat baik juga merupakan sedekah. Misalnya saja memberikan senyuman kepada orang lain. Hal ini juga sudah termasuk sedekah.

Setelah membaca penjelasan di atas apa kamu masih bingung. Kalau masih bingung boleh kok bertanya di kolom komentar. Oh iya, di sini sudah ada yang mengeluarkan zakat fitrah apa tidak nih?

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v