Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut






Anisa AE - Kalian pastinya nggak mau kan kalau bau mulutnya berbau tidak sedap? Masa iya sih mau ngobrol sama pasangan tapi ternyata bau mulutnya nggak sedap, kan bisa menjadi kurang nyaman. Bau mulut memang merupakan salah satu masalah yang tidak terlalu diperhatikan oleh seseorang. Namun, justru oranglain yang diajak bicaralah yang merasa terganggu akan hal ini. Nah, kamu tahu tidak apa saja penyebab dari bau mulut ini. Buat yang belum tahu wajib menyimak nih hehe, iya dong wajib biar tahu apa saja yang menyebabkan mulut menjadi bau.

1. Mulut yang kering


Nah, tahukah kamu kalau mulutmu kering itu juga bisa menimbulkan aroma mulut yang tak sedap. Mulut yang kering biasanya disebabkan oleh dehidrasi. Namun, bernapas menggunakan mulut terlalu sering juga bisa mengakibatkan mulut menjadi kering. Hal ini biasanya dialami oleh orang yang mempunyai alergi tertentu yang mengakibatkan kesulitan untuk bernapas menggunakan hidung, maka yang akan dilakukan adalah bernapas menggunakan mulut. Nah, buat kamu yang terkena alergi ini harus diperhatikan dengan baik ya asupan cairan yang diperlukan tubuh.


2. Radang tenggorokan


Selain mulut yang kering, radang tenggorokan juga menjadi salah satu penyebab timbulnya bau mulut. Hal ini dikarenaan pada saat peradangan di bagian amandel akan memproduksi butiran kalsium yang kemudian akan muncul pada bagian belakang tenggorokan. Hal ini yang menyebabkan mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap.

3. Merokok


Merokok memang salah satu kebiasaan yang bisa dibilang sangat buruk. Lho kok bisa dikatakan begitu? Hal ini dikarenakan selain merokok bisa membuat kerusakan pada gigi, menyebabkan kanker paru-paru. Namun, juga bisa menjadi salah satu pemicu bau mulut yang tak sedap. Maka dari itu hindari perbuatan yang sangat membahayakan kesehatan ini jika kamu masih mencintai dirimu :).

4. Tidak menyikat lidah


Mungkin kebanyakan orang hanya menyikat gigi tanpa memperhatikan bagian lidah. Iya nggak nih? Ternyata lidah juga perlu dibersihkan lho. Hal ini dikarenakan bakteri juga bisa hidup dan bertahan di lidah meskipun tanpa adanya oksigen. Ini yang membuat mulutmu akan menjadi bau. Pastinya nggak mau kan kalau mulutnya mengeluarkan aroma yang tak sedap.


5. Kekurangan air putih






Air putih memang sudah terbukti untuk masalah kesehatan. Begitu juga dengan bau mulut. Jika konsumsi air minummu masih sangat sedikit. Hal ini juga bisa memicu timbulnya bau mulut. Tahu tidak kenapa ketika kekurangan minum air putih bisa menyebabkan bau mulut? Ada yang tahu nggak nih? Jadi, bau mulut yang disebabkan oleh kekurangan air minum ini timbul karena mulut kekurangan produksi air liur (saliva). Yang mana saliva mempunyai fungsi membersihkan bakteri yang ada di mulut.

Eits, tidak hanya itu ya yang menyebebkan mulut mengeluarkan bau tak sedap. Ngomongin bau mulut yang tak sedap, bagaimana sih cara mengatasinya. Pasti ada yang bertanya seperti itu kan? Kamu nggak perlu khawatir, karena saya punyai solusinya nih hehe. Cara mengatasi bau mulut :

1. Minum air putih yang banyak


Nah, salah satu penyebab bau mulut kan kekurangan air putih. Maka dari itu, kamu harus menambah porsi air minummu ya. Usahakan kamu meminum 1,8 sampai dengan 2 liter sehari. Nah, kalau hari puasa seperti ini bagaimana, kan tidak boleh makan dan minum? Nah, jawabannya adalah minumlah sebanyak mungkin saat berbuka puasa dan juga saat sahur. Dengan begitu bisa menghilangkan bau mulut.

2. Jus nanas


Nah, kalau kamu mengalami bau mulut di luar puasa. Kamu bisa melakukan cara yang satu ini nih yaitu dengan cara meminum jus nanas. Yang mana jus nanas dipercaya merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Caranya adalah minumlah jus nanas ini setiap habis makan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan cara lain yaitu denga cara mengunyah irisan nanas selama kurang lebih 2 menit. Eits, setelah meminum jus buah nanas ini jangan lupa untuk menggosok gigi ya. Untuk menghilangkan gula masih ada di dalam mulut.

3.  Memakan buah jeruk



Tak hanya menjadi penutup saat makan. Salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi ini juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau mulut. Hal ini karena bisa meningkatkan produksi air liur atau saliva. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa saliva juga bisa membersihkan bakteri yang ada di dalam mulut. Dengan begitu bakteri penyebab bau mulut akan hilang dan napasmu menjadi segar lagi.

4. Menggosok gigi dan juga membersihkan lidah


Nah, langkah yang satu ini nggak boleh ditinggalkan ya. Percuma dong kalau kamu memakan buah jeruk, jus nanas, dan lainnya namun kamu malas gosok gigi. Selain bisa menyebabkan bau mulut yang tak sedap, malas menggosok gigi juga akan membuat gigi menjadi kuning dan rusak. Hal ini dikarenakan noda sisa makanan yang masih menempel dan terus tertumpuk hingga akhirnya menjadi kerusakan pada gigi. 

Kamu pastinya nggak mau kan kalau napas mu berbau dan gigimu rusak? Maka dari itu jangan malas untuk gosok gigi ya :D. Eits, tidak hanya itu ya. Kebanyakan orang ketika menggosok gigi yang diperhatikan hanyalah giginya tanpa mereka sadari bahwa lidah juga sangat penting untuk diperhatikan. Dengan membersihkan lidah kamu juga akan terhindar dari bakteri yang ada di lidah yang membuat bau mulut menjadi tak sedap.

5. Teh hijau


Nah, siapa nih yang suka meminum teh hijau? Kamu yang suka meminum teh hijau sudah tahu belum apa saja manfaat dari teh yang kamu minum? Jadi, teh ini mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan kulit, kesehatan tubuh. Namun, juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau mulut. Teh hijau ini sudah dipercaya sebagai obat untuk bisa menghilangkan bau mulut secara efektif. Eits, teh hijau ini sudah dilakukan penelitian ya dan hasil yang membuktikan adalah teh hijau ini mempunyai sifat disinfektan dan juga penghilang bau sekaligus juga bisa menyegarkan napas. 

Apalagi kalau teh mint hijau. Mint adalah salah satu bahan penyegar napas yang sangat ideal. Kamu bisa menyeduhkan 2 cangkir teh ini sebelum tidur, kemudian dinginkan selama1 malam. Besok paginya tuangkan teh tersebut ke dalam botol dan bawa ke te tempat kerjamu. Teguk sesekali. Teh ini selain bisa sebagai teman kerjamu, tapi juga bisa menghilangkan bau mulut yang tak sedap dan sekaligus membuat napasmu menjadi segar.

Bagaimana banyak juga kan bahan alami yang bisa kamu dapatkan untuk menghilangkan bau mulut yang membuatkmu tidak nyaman saat berbincang dengan orang lain, bahkan dengan pasanganmu. Kalau buat yang nggak punya pasangan? Yah jangan baper dong :D. Bercanda ya hehe. Kamu sediri pernah mencoba bahan yang mana nih untuk menghilangkan bau mulut? Share di kolom komentar ya :D 

All pictures by : Google

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v