Referensi Barang Untuk THR






Anisa AE - Wah tidak terasa nih sudah memasuki hari ke 14 puasa Ramadan. Nah, kalau sudah memasuki tanggal-tanggal begini apa nih yang kalian nanti-nantikan? Khususnya yang karyawan sebuah perusahaan atau pun kayawan swasta? Pastinya kalian menantikan THR kan? Iya kan? Ngaku aja deh? Hehe. Eits, masa ada yang nggak tahu tentang THR ini? Pastinya sudah tahu semuanya dong ya. 

THR sendiri merupakan singkatan dari Tunjangan Hari Raya dan merupakan hak yang wajib dikeluarkan oleh sebuah perusahaan kepada para karyawan atau pekerjanya dengan cara memberikan pendapatan atau sesuatu hal yang mempunyai nilai guna. Untuk memberikan THR sendiri juga ada ketentuannya lho. Jadi, THR ini wajib dikeluarkan 7 hari sebelum hari raya. 

Nah, hari raya yang dimaksud di sini adalah hari raya Idul Fitri untuk karyawan yang menganut agama Islam, hari raya Nyepi untukyang beragama Hindu, hari raya Natal untuk yang beragama Kristen, hari raya Implek untuk yang menganut agama Khonghucu dan juga  hari raya Waisak untuk yang beragama Budha.


Eits, THR ini juga ada pasalnya lho yang sudah berlaku mulai tahun 2016. Sudah tahu belum nih? Mungkin masih ada yang belum tahu ya? Nah, jadi tunjangan hari raya ini juga diatur di dalam peraturan pemerintah. Pemerintah Indonesia ini menetapkan peraturannya tentang THR dengan Peraturan Menteri Ketanagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 yang berisi tentang tunjang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi pekerja atupun buruh di perusahaan. 


Nah, buat kamu yang mempunyai perusahaan sudah memberikan tunjangan hari raya untuk karyawanmu apa belum nih? Nah, buat yang belum memberikan saya punya informasi penting nih hehe.Buat kamu yang maun mau memberikan THR. Ini ada 7 barang referensi yang bisa kamu gunakan sebagai tunjangan hari raya :

1. Kue kering


Nah, salah satu seseutu yang bisa kamu berikan sebagai tunjangan hari raya kepada karyawanmu adalah kue kering. Kue kering sendiri memang sangat penting dan harus ada di saat hari raya tiba. Masa iya sih ketika hari raya tiba nggak ada apa-apa di rumah. Iya nggak nih? Maka dari itu memberikan kue kering juga merupakan ide yang tepat untuk memberikan thr. Nah, untu keu keringnya bisa kamu membuat sendiri special untuk para karyawan atau kalau kamu terlalu sibuk kamu bisa membelinya di luar. Karena sekarang banyak banget kan orang yang menjual kue kering.

2. Baju baru


Kalau kamu ingin hal lain untuk kamu berika pada karyawan sebagai thr. Kamu bisa nih memberikan baju baru. Kebanyakan orang membeli baju baru untuk lebaran. Hal ini dikarenakan mereka ingin terlihat berbeda dengan hari biasanya. Karena hari raya merupakan hari kemenangan. Namun, juga ada orang yang tidak membeli baju baru. Bisa dikarenakan bajunya masih bagus ataupun tidak memiliki uang untuk membelinya. 

Nah, dengan begitu baju baru merupakan salah satu yang bisa kamu gunakan sebagai tunjangan hari raya untuk karyawan. Eits, kamu juga harus memperhatikan bajunya ya, misalnya saja ukuran yang sesuai, bisa juga warna yang mereka sukai. Dengan begitu mereka akan terkesan dengan baju baru yang kamu beri.

3. Peralatan masak





Nah, kalau karyawan kerjamu ibu-ibu atau yang sudah menikah kamu bisa nih memberikan mereka alat masak. Apalagi mereka yang mempunyai hobi memasak. Memasak apa nih? Memasak apapun dong. Meskipun cuma memasak air, kan sama saja namanya memasak :D. Bercanda deh hihi. Selain itu hal ini juga dikarenakan ibu-ibu kan biasanya memasak di dapur.Kamu bisa memberikan seperangkat alat masak atau hanya sebagian misalnya saja nih panci, wajan (alat penggorengan) dan masih banyak lagi. Pasti mereka akan lebih suka dengan hobi memasaknya :D.


4. Barang pecah belah


Selain peralatan memasak kamu juga bisa nih memberikan barang pecah belah kepada karyawanmu. Apalagi ibu rumah tangga. Iya nggak nih ibu-ibu hihi. Barang pecah belah ini juga bisa kamu berikan kepada ibu mu lho atu mertua kamu. . Apasaja sih barang pecah belah itu? Nah, kamu bisa memberikan gelas, piring, mangkuk, piring dan masih banyak lagi. Eits, tidak hanya itu lho. SElain barang pecah belah bisa kamu gunakan untuk makan dan minum. Namun, juga bisa digunakan untuk hiasan rumah lho agar rumahmu kelihatan lebih indah.

5. Kartu ucapan untuk hari raya


Selain barang di atas kamu juga bisa memberikan kartu ucapan lho. Dengan memberikan kartu ini tidak hanya dapat mewakili rangkaian kata yang indah. Namun, kartu ucapan ini bisa jadi menjadi pajangan di kamar ataupun di meja kanto nantinya. Untuk kata-katany bisa kata yang memotivasi ataupun kata-kata islami. Nah, selain itu kartu ucapan yang akan kamu berikan kalau bisa kamu hias sampai bagus. 

Jangan hanya kartu ucapan yang biasa saja. Dengan memberikan kartu ucapan bagus dan dilengkapi kata-kata yang indah atau memotivasi ini akan memberikan kesan tersendiri para para karyawan penerima THR. Selain itu, untuk membuat kartu ucapan juga tida memerlukan biaya yang mahal. Kamu cukup mengeluarkan uang yang tidak banyak, kemudian uji keativitasmu di kartu ucapan tersebut. Wah enak banget nih ya.

6. Uang



Nah, kalau yang satu ini memang yang paling disukai. Iya nggak nih? Nggak yang muda yang tua semua pasti suka sama yang namanya uang ini :D. Yang kecil aja juga suka kok hehe. Nah, selain itu uang juga merupakan salah satu hadiah tunjangan hari raya yang sangat praktis. Kamu tidak perlu repot-repot untuk memberikan mereka barang apa. 

Kamu tidak perlu bingung juga membelikan hadiah apa yang cocok. Dengan memberikan uang itu juga akan memmembantu mereka. Misalkan saja uangnya bisa digunakan untuk membelikan anaknya baju baru, membeli minuman untuk hari raya ataupun kebutuhan lainnya yang lebih penting.

7. Aksesoris wanita


Masih bingung mau memberikan karyawanmu apa? Kalau karyawanmu semuanya wanita kamu bisa nih memberikan mereka aksesoris wanita. Misalkan saja nih memberikan mereka kerudung baru dengan motif yang sama. Selain menjadi seragam, kamu juga akan lebih menghemat pengeluaran. Biasanya kan banyak tuh yang toko memberikan diskon ketika kamu membeli barang yang lebih banyak. Selain itu juga pilih kerudung yang mereka sukai ditambah juga dengan warna favorit mereka. Hal ini juga akan menambah kesan pada mereka.

Bagaimana banyak juga kan referensi yang bisa kamu gunakan untuk memberikan tunjangan hari raya kepada karyawanmu. Kalau saya sendiri memilih untuk memberikan kue kering kepada karyawan saya. Selain tidak mengeluarkan banyak uang dengan begitu kuenya juga bisa digunakan untuk suguhan saat hari raya tiba. Kalau kamu bagaimana? Share di kolom komentar yuk :D

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v