Resep Soto Ayam Mak Nyos ala Anisae






Anisa AE - Siapa sih yang nggak suka kalau masalah makan? Apalagi dengan makanan yang namanya soto. Semua pasti tahu kan dengan kuliner ini? Soto dengan nama lain sauto, sroto, tauto atau coto merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari sayuran dan juga kaldu daging yang mempunyai bentuk seperti sop. Nah, untuk daging yang ada di dalam kuliner ini juga ada bermacam-macam. Mulai dari daging ayam, daging sapi bahkan juga ada yang daging kambing.

Tidak hanya itu, karena kuliner satu ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Tidak banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan soto untuk mengenalkan daerahnya masing-masing. Nah, disetiap daerah mempunyai rasa yang khas dan tidak akan bisa ditemukan di daerah lain. Tahu tidak bahwa di Indonesia ada banyak macam soto yang mewakili daerahnya masing-masing. Mau tahu soto apa saja itu? Yuk baca sampai tuntas :D. 5 Soto yang ada di Indonesia:


Yups sesuai dengan namanya. Soto ini berasal dari daerah Madura. Buat yang porsi makannya banyak cocok banget nih kalau makan Soto Madura ini. Lho kok bisa? Iya dong. Karena soto ini mempunyai isi yang banyak di dalamnya. Untuk soto Madura ini berbahan dasar daging sapi, tauge, telur yang sudah direbus, dan juga kentang goreng. Eits, tidak hanya itu ya. Soto ini juga dilengkapi dengan berbagai macam jeroan. Jeroan apa hayo? Jeroan sapi ya, seperti usus, babat, paru-paru. Nah, jeroan inilah yang menghasilkan soto dengan rasa yang gurih. Ini juga yang merupakan ciri khas dari soto Madura.

2. Soto Makassar                              


Habis dari Madura langsung pindah ke Makassar nih :D. Soto Makassar sering kali disebut coto Makassar. Kuliner yang satu ini wajib disantap saat travelling ke Sulawesi Selatan. Soto ini juga mempunyai rasa gurih yang khas. Mau tahu tidak kenapa? Hal ini dikarenakan soto ini menggunakan isi dari jeroan sapi dengan tambahan potongan hati, usus dan juga daging sapi yang direbus dalam waktu yang lama hingga menghasilkan kaldu yang kuat. Dalam penyajiannya, semua itu diiris tipis dan disajikan dengan ketupat. Tidak hanya itu, soto ini juga mempunyai banyak paduan rempah yang menjadikan ciri khas dari soto ini.

3. Soto Surabaya


Pernah dengar Soto Ambengan Surabaya? Yups benar sekali ini itu adalah sebutan lain dari soto khas Kota Surabaya. Soto ini cocok sekali buat kalian yang suka makanan dengan kuah pekat. Kuah soto ini memakai bumbu kunyit dan juga sentuhan koya. Inilah yang membuat kuah soto menjadi lebih kental. Buat kalian yang sedang berkunjung ke Surabaya jangan sampai melewatkan kuliner yang satu ini ya.

Baca juga : SERBA-SERBI KULINER FAVORIT DI KOTA MALANG

4. Soto Kebumen





Siapa yang pernah ke Kebumen? Pernah nyobain Soto Kemuben tidak? Soto dengan nama lain Soto Kored ini hanya ada di Pantai Petanahan, Kabupaten Kebumen. Kalau menu soto lain memiliki banyak isi, berbeda dengan menu yang ada di dalam soto ini. Karena isi dari soto ini hanya daging, tauge dan juga ketupat saja. Nah, cocok banget kan ya buat kalian yang habis bermain di pantai hehe. Kuah dari soto ini juga berbeda dengan soto lainnya karena kuah ini khas dengan bumbu jahe dan kunyit. Tahu tidak kenapa kok nama soto ini Soto Kored? Yups nama soto ini diambil dari nama penjualnya yaitu Pak Sukarman atau biasa dipanggil Pak Kored.

5. Soto Pacitan


Nah, buat kalian yang suka makan ayam kampung nggak boleh dilewatkan nih ketika sedang berkunjung ke Pacitan. Soto yang tidak memakai santan ini menggunakan bahan baku ayam kampung. Tidak hanya itu, topping yang ada juga beragam seperti bawang goreng, seledri yang sudah dicincang, kecambah, kacang tanah goreng. Nah, kacang goreng ini yang menjadi daya tarik tersendiri untuk menikmati kuliner yang satu ini. Hal ini dikarenakan rasanya yang lezat saat dimakan bersama soto Pacitan saat masih panas.

Ngomongin masalah soto, pasti banyak rumah makan yang ada di sekitar rumahmu yang menjual kuliner satu ini. Kalau kamu nggak mau keluar, kamu bisa lho membuat soto ini di rumah. Nah, buat yang mau membuat soto ayam ini saya punya resepnya nih :

Baca juga : NGABUBURIT SERU DI KOTA KEPANJEN

Bahan :

* 500 gram daging ayam segar
* 250 gram tauge
* 75 gram soun (rendam dalam air panas dahulu ya)
* 300 gram kol
* 4 buah lembar daun jeruk
* 4 buah lembar daun salam
* 4 buah lembar daun bawang
* 7 siung bawang putih
* 4 siung bawang merah
* 2 ruas jahe
* 2 ruas kunyit
* 4 butir telur rebus
* 3 buah serai
* 3 cm lengkuas
* 2 liter air
* 3 buah tomat segar
* 2 batang seledri
* 6 butir kemiri
* 3 sendok teh garam
* 1 sendok teh merica
* bawang goreng secukupnya

Cara pembuatan :

* Campurkan bahan, kemudian haluskan
* Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai berbau harum
* Rebus daging ayam
* Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam rebusan daging ayam (biarkan selama 15-20 menit)
* Kemudian angkat ayam yang sudah direbus tadi. Oh iya, pisahkan dengan tulangnya ya dan suwir-suwir ayamnya.
* Tambahkan juga daun salam, lengkuas daun serai dan juga daun jeruk
* Aduk hingga daging ayam yang ada di dalam panci menjadi empuk.
* Jangan lupa tambahkan juga gula dan garam pada kaldu ayamnya, sisa rebusan daging ayamnya.
* Masukkan daun bawang juga ke dalam kuah yang ada di dalam panci
* Tata isi dalam mangkok, seperti nasi, soun, bawang goreng, seledrei dan bahan pendukung lainnya.
* Siram isi yang ada di dalam mangkok dengan kuah daging ayamnya
* Soto ayam siap dihidangkan


Hmmm yummy banget tuh kan. Selain lezat, soto ayam ini juga cocok banget lho digunakan sebagai menu berbuka puasa. Bagaimana mau mencoba membuatnya? Selamat mencoba :D

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v