Tips Mudah si Kecil Berpuasa






Anisa AE - Berpuasa memang sudah menjadi suatu kewajiban bagi umat islam yang bertaqwa. Puasa juga sudah menjadi hal yang biasa dilakukan setiap 1 tahun sekali yaitu di bulan Ramadan. Bagi orang dewasa puasa sudah menjadi hal yang biasa. Namun, berbeda dengan si kecil. Berpuasa menjadi tantangan tersendiri baginya. Hal ini dikarenakan ia masih belum tahan lapar, tidak tahan jika melihat makanan favoritnya ada di depannya. 

Namun, mengenalkan dan juga mengajarkan puasa terhadap anak merupakan hal yang sudah seharusnya diajarkan oleh setiap orangtua ketika anak sudah memasuki usia empat sampai dengan lima tahun. Untuk pengenalan puasa juga jangan dilakukan langsung semuannya dan jangan menyuruh anak untuk berpuasa seharian penuh. 

Hal ini bisa membuat si kecil tidak kuat, lemas bahkan jika dibiarkan ia bisa sakit. Maka dari itu, pengenalan puasa itu dilakukan secara bertahap. Nah, saya punya tipsnya nih agar si kecil mau belajar puasa. Mau tahu tidak nih? Mau tanya aja apa mau tahu banget nih hehe. Ini dia tipsnya yang bisa Bunda coba :

1. Pengenalan puasa


Salah satu yang paling penting dan sudah seharusnya dilakukan pertama kali oleh Bunda adalah memperkenalkan apa itu puasa. Misalkan saja nih puasa adalah hal yang baik dan sangat dianjurkan. Kemudian beri tahu juga manfaat lainnya, seperti memperkuat iman, mendapatkan pahala yang berlimpah, puasa juga bisa menyehatkan badan. 

Selain itu juga bisa sekalian mengjarkan berbagi ke pada orang lain. Nah, dengan Bunda memberi tahu si kecil tentang tujuan dan juga manfaat puasa mereka akan termotivasi dan tertarik untuk mencoba melaksanakan puasa. Satu lagi nih Bunda, jangan pernah membuat anak terbebani dengan puasa ya. Jadikan puasa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan.

2. Menjadikan puasa menjadi lebih menyenangkan


Nah, setelah si kecil mulai tertarik dan mencoba berpuasa. Buat hari berpuasa si kecil jadi lebih menyenangkan. Hal ini mempunyai tujuan agar si kecil semangat dalam menjalankan ibadah puasa dan tidak menganngap puasa sebagai beban. Salah satu cara untuk membuat hari si kecil menyenangkan saat berpuasa adalah dengan menemani si kecil bermain. 

Tak hanya itu, Bunda juga bisa membacakan buku cerita untuk kecil. Ajak si kecil untuk berburu takjil sekalius ngabuburit. Dengan begitu si kecil akan lebih semangat dan besoknya akan minta berpuasa lagi. Hal ini juga bisa dilakukan agar si kecil bisa berpuasa sampai waktu berbuka tiba.

3. Puasa bertahap






Memang tidak semudah yang kita bayangkan untuk mengajak si kecil berpuasa. Perlu kesabaran yang tinggi untuk mengajaknya berpuasa. Salah satu cara yang bisa dilakuakn adalah dengan memberikan waktu berpuasa secara bertahap. Ini artinya si kecil tidak langsung berpuasa 1 hari penuh. Akan tetapi dilakukan dengan cara bertahap. 

Misalkan saja hari pertama berpuasa selama 3 jam kemudian hari kedua ditambah lagi 3 jam begitu seterusnya. Namun, jika si kecil dirasa mampu puasa lebih lama biarkan ia berpuasa setengah hari terlebih dahulu. Anggap saja itu latihan puasa. Lama-kelamaan ketika ia sudah mulai kuat ajari anak berpuasa 1 hari penuh. Dengan begitu nak akan lebih mudah untuk berpuasa.

4. Menu sahur yang istimewa


Nah, salah satu tips yang bisa Bunda lakukan untuk si kecil yang sedang belajar berpuasa adalah memberikan menu sahur yang istimewa. Hal ini juga bertujuan untuk s kecil agar semangat dalam berpuasa. Ajarkan juga si kecil untuk makan secara benar. Hal ini dikarenakan ia belum terbiasa memakan makanan tengah malam dan dalam kondisi mungkin tidak lapar. Maka dari itu masakkan menu untuk sahur yaitu menu kesukaannnya. Eits, Bunda juga bisa sekalian menghidangkan menu sahur dengan tampilan yang menarik. 

Bunda juga bisa tanyakan kepada si kecil saat sebelum tidur, nanti mau sahur dengan menu makanan apa? Selain itu juga perhatikan gizi yang ada di dalam makanan untuk sahur ya Bunda. Usahakan yang makanan yang memiliki sumber karbohidrat dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Misalkan saja nih nasi merah, spaghetti atau makanan lainnya. Hal ini bisa membuat si kecil merasa kenyang lebih lama. Jadi, tidak mudah lapar.

5. Beri dukungan


Karena berpuasa ini merupakan sebuah tantangan bagi si kecil. Maka dari itu jangan lupa memberikan ia dukungan dan juga pujian. Dengan begitu ia juga akan merasa senang dan semangat dalam menjalankan ibadah puasa. Salah satu hal yang tidak boleh dilakukan oleh Bunda maupun orangtua adalah memarahi si kecil yang belum biasa puasa penuh. Wah bisa gawat nih Bun, kalau sampai Bunda memarahinya. 

Hal ini bisa menyebabkan si kecil menjadi trauma dan tidak mau melanjutkan belajar puasanya. Untuk menghindari hal itu, Bunda bisa menggantinya dengan memberikan dukungan dan juga pujian. Bunda juga boleh lho membelikan hadiah. Misalkan saja nih si kecil berpuasa 1 bulan penuh, beri hadiah yang menarik dan juga bisa membantu tumbuh kembangnya. Dengan begitu si kecil juga akan menjadi lebih semangat.

6. Menu berbuka puasa yang istimewa


Nah, sama halnya dengan menu untuk sahur. Menu berbua puasa juga sebisa mungkin buat yang istimewa dan menarik. Untuk makanan atau minuman pertama kalau bisa sajikan yang mempunyai rasa manis. Hal ini bisa bertujuan untuk mengembalikan energi si kecil yang terkuras selama berpuasa. Oh iya Bunda, hindari juga langsung memakan nasi ya dan juga makana yang mempunyai bumbu terlalu pedas dan juga asam. 

Makanan untuk berbuka juga harus makan yang bergizi dan juga menyehatkan. Nah, jangan berikan si kecil makanan yang terlalu dingin maupun terlalu panas ya Bunda. Jadi, suhunya harus pas. Bunda juga bisa menhidangkan menu berbuka puasa dengan kreasi yang menarik.

Memang mengajak si kecil untuk berbuasa itu tidak mudah. Namun, kalau bukan orangtuanya sendiri yang mengajari lalu siapa? Iya nggak? Maka dari itu ajari si kecil mulai dari dini tentang berpuasa. Bunda bisa menggunakan tips di atas agar si kecil mau berpuasa. Selamat berpuasa dan semoga hari-harinya menjadi lebih menyenangkan ^^

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v