Tips Mudik Lebaran Jadi Menyenangkan






Anisa AE - Mendekati hari raya idul fitri seperti ini banyak sekali orang yang mudik lebaran atau pulang ke kampung halamannya. Hal ini hanya untuk bersilaturahmi dan bertemu dengan keluarganya. Siapa sih yang nggak kangen dan nggak pingin ketemu keluarganya?  Apalagi kalau jarang bertemu entah itu karena urusan kerja atau pindah rumah. Kalau saya sendiri juga biasanya mudik ke rumah saudara. 

Karena kebetulan rumah orangtua tidak jauh dari rumah saya sendiri. Jadi, nggak perlu mudik deh hehe. Eits, tapi saya punya tipsnya nih yang biasa saya lakukan ketika hendak melakukan perjalanan mudik. Apa saja sih itu? Penasaran ya? Ini nih 11 tips yang harus kamu persiapkan ketika hendak melakukan perjalanan mudik lebaran agar perjalanan mudikmu menjadi lebih menyenangkan :

1. Pesan tiket jauh-jauh hari



Nah, ketika kamu mau melakukan mudik namun tidak menggunakan kendaraan pribadi. Mungkin dikarena suatu hal tertentu. Misalnya saja tidak mau macet, nggak mau lelah di jalan. Lalu kamu memilih untuk naik pesawat atau kereta api. Yang terpenting kamu lakukan adalah memesan tiket pesawat atau kereta api jauh-jauh hari sebelum lebaran. Hal ini bisa untuk menghindari harga tiket yang kian melejit tinggi dan juga untuk menghindari kehabisa tiket. Nah, kalau kamu kehabisan tiket kamu nggak bisa mudik dong, jadi nggak bisa bertemu dengan keluarga juga. Kan jadi sedih :(.

2. Cek kendaraan


Kalau kamu mudiknya lebih memilih untuk menggunakan mobil atau motor pribadi kamu juga harus mengecek kondisi kendaraan terlebih dahulu. Apa saja sih yang bisa kamu cek? Nah, buat kamu yang mau mudik menggunakan mobil yang bisa kamu cek adalah apakah olinya sudah diganti apa belum? Untuk remnya masih bagus kah? 

Ban cadangan sudah ada apa belum? Eits, tidak hanya itu ya. Jangan lupa membawa peralatan bengkel seperti kunci pas, pompa, dongkrak dan perlengkapan lainnya. Hal ini untuk menghindari mobil mogok di tengah jalan. Apalagi kalau jalan yang kamu lewati itu jalan sepi. Ini lebih membahayakan, karena perampok akan memanfaatkan kesempatan yang ada. Jadi, kamu juga harus waspada.

3. Siapkan surat kendaraan


Nah, ini nih yang sangat penting. Jika kamu ingin perjalan mudikmu aman. Kamu harus memeriksa semua perlengkapan surat kendaran. Mulai dari SIM (Surat Izin Mengemudi), STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan surat kendaraan lainnya. Eits, kamu juga jangan sampai lupa membawa KTP (Kartu Tanda Penduduk) ya. Usahakan kamu membawanya ke mana saja, bukan hanya ketika hendak mudik.

4. Memakai pakaian yang nyaman


Salah satu yang harus kamu perhatikan ketika mudik menggunakan kendaraan pribadi adalah menggunakan pakaian yang nyaman. Jangan memakai pakaian yang ketat ataupun nggak nyaman kalau dipakai. Hal ini bisa menyebabkan sulit untuk bergerak. Selain itu juga jangan memakai warna baju yang menjolok. Dengan memakai baju yang mencolok, bisa jadi kamu menjadi sasaran para penjahat. Eits, penjahat atau perampokan bisa saja lho ada di tengah-tengah saat kamu melakukan perjalanan mudik lho. Jadi, harus waspada ya.


5. Hindari menggunakan perhiasan





Nah, untuk menghindari tindak kejatahan dan perampokan hal yang bisa kamu lakukan adalah jangan memakai terlalu banyak perhiasan. Kamu boleh saja memakai perhiasan. Misalnya saja anting-anting, cincin. Namun jangan sampai memakai gelang yang mahal, kalung. Hal ini bisa menjadi sasaran perampokan. Kalau kamu ingin memakainya kamu bisa menggunakan pakaian yang bisa menutupi perhiasanmu. Intinya jaga perhiasanmu agar tidak dirampok.


6. Mudik jauh-jauh hari


Selain membeli tiket pesawat atau tiket kereta api jauh-jauh hari. Mudik menggunakan kendaraan pribadi lebih baik juga jauh-jauh hari. Jangan melakukan perjalanan mudik saat mendekati hari raya idul fitri. Hal ini dikarenakan bisa jadi jalan yang akan kamu lewati itu macet. Apa sih enaknya macet? Nggak ada kan. Bahkan tubuhmu akan merasa pegal karena duduk di kendaraan terlalu lama. Selain itu kamu juga akan bosan. Nah, dengan kamu melakukan perjalanan mudik jauh-jauh hari sebelum hari raya. Kamu bisa melakukan perjalananmu dengan santai. Kalau kamu capek di jalan kamu bisa istirahat sejenak. Kemudian melanjutkan lagi perjalanan mudikmu.

7. Istirahat


Nah, pasti banyak nih yang saat melakukan perjalanan mudik ingin sampai ke tempat tujuan. Iya nggak nih? Namun, hal ini bukan dengan memaksakan diri untuk mengendari kendaraanmu ketika kamu merasa sangat kelelahan. Yang ada hal ini akan membahayakan keselamatan dirimu sendiri dan juga orang lain. Hal ini disebabkan oleh tubuhmu yang lelah sehingga kamu kehilangan konsentrasi. Nah, hal yang bisa kamu lakukan adalah berhenti sejenak. Buat kamu yang melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi. Kamu bisa tidur sejenak untuk mengistirahatkan tubuhmu yang lelah.


8. Membawa peta


Kamu bisa saja menggunakan GPS yang ada di hanphone kamu. Namun, tidak semua daerah terdapat signal yang bagus. Bahkan mungkin ada banyak daerah yang bisa membuat signal GPS mu hilang. Dengan membawa peta kamu tidak perlu khawatir jika signal GPS yang ada di handphonemu hilang. Karena kamu masih bisa melihat ke mana arah mudik kamu selanjutnya di peta. Eits, tapi buat kamu yang sudah hafal betul dengan tempat tujuan mudikmu. Tidak membawa peta juga tidak apa-apa.

9. Bawa makanan


Nah, salah satu yang harus kamu bawa adalah makanan yang bisa bertahan lumayan lama. Hal ini dikarenakan ketika kamu terkena macet dan tidak ada yang menjual makanan. Sedangkan perutmu keroncongan yang menjadikan tidak fokus untuk mengendari kendaraan. Hal ini juga akan membahayakan keselamatan. Maka dari itu, bawa makanan dan juga minuman yang bisa bertahan lama.

10. Jangan merokok


Meskipun kamu menggunakan kendaraan pribadi, terutama mobil untuk melakukan perjalanan mudik. Namun, jangan sampai kamu merokok di dalam mobil ya. Bisanya kan bapak-bapak ini bosen karena terkena macet kemudian untuk menghibur diri dengan cara merokok. Hal ini bahkan akan berdampak buruk membuat orang lain yang ada di dalam mobil tidak nyaman. Apalagi yang ada di dalam mobil adalah keluargamu sendiri.

11. Menjaga kesehatan tubuh


Nah, ini nih yang paling penting kamu lakukan. Sebelum melakukan perjalanan mudik kamu bisa tidur terlebih dahulu selema kurang lebih 6 jam. Hal ini juga untuk mencegah ketika kamu mengantuk saat mengendarai kendaraan. Selain itu jangan memaksakan diri untuk melakukan puasa ketika kamu tidak kuat. Jangan lupa juga bawa obat-obatan. Entah itu minyak kayu putih ataupun yang lainnya. Karena obat-obatan juga sangat penting sekali.

Nah, buat kamu yang mau melakukan perjalanan mudik. Apalagi itu jauh sekali. Kamu bisa menggunakan 11 tips yang ada di atas ya. Selamat mudik dan semoga perjalananmu mudikmu menyenangkan :D

All pictures by : Google

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v