Tradisi Lebaran di Indonesia






Anisa AE - Hari raya idul fitri atau yang sering disebut denga lebaran memang mempunyai banyak tradisi yang bisa dibilang turun temurun dan masih terjaga hingga saat ini. Tak bnayak yang melakukan kegiatan atau tradisi ini pada saat hari raya idul fitri. Mau tahu apa saja tradisi lebaran yang ada di negara tercinta ini? Pastinya mau dong. Iya kan? Hehe. Nah ini dia tradisi lebaran yang ada di Indonesia :

1. Tradisi mudik

mudik lebaran


Tidak banyak orang yang bekerja atau mencari nafkah dengan cara merantau ke kota orang. Nah, ketika hari raya tiba pastinya mereka semua ingin berkumpul dengan keluarga dan juga sanak saudara kan ketika di hari yang istimewa ini. Maka dari itu banyak dari mereka yang melakukan pulang kampung. Hal ini juga dikarenakan libur hari raya yang cukup lama. Tradisi yang satu ini bisa mencapai orang puluhan orang yang mudik atau hanya sekedar pulang kampung.

2. Tradisi takbir keliling

takbir keliling

Nah, siapa nih yang biasanya mengikuti takbir keliling ini? Takbir keliling ini juga merupakan salah satu tradisi saat menjelang hari raya idul fitri. Kalau malam sebelum hari raya pasti banyak masjid bahkan mushola yang mengumandangkan takbir dengan menyebut keesaan Allah. Selain hanya di masjid atau mushola takbir ini juga dilakukan dengan berkeliling. 

Biasanya dengan berjalan kaki beramai-ramai 1 kampung dengan membawa obor. Pastinya kamu sudah tahu kan dengan obor? Yups benar sekali obor adalah sebuat tongkat yang pada bagian ujungnya terdapat bahan yang mudah terbakar. Tradisi takbir keliling ini yang masih menjadi sesuatu yang saya suka hehe.

3.  Tradisi halal bi halal

halal bi halal

Baca juga :  TIPS MAKE UP SIMPLE UNTUK LEBARAN

Nah, selain tradisi yang ada di atas. Salah satu tradisi yang khas di hari raya idul fitri adalah halal bi halal. Semua orang bermaaf-maafan di hari yang fitri ini. Mulai dari anak ke orang tua, kemudian dilanjutkan ke rumah tetangga dan juga kerabat. Hal ini juga bertujuan untuk membersihkan hati di hari kemenangan ini. Karena setiap manusia pasti mempunyai kesalahan. Ini sudah menjadi sifat manusia, dan di hari yang fitri inilah kesempatan untuk bermaaf-maafan.

4. Tradisi makan ketupat

makan ketupat

Siapa nih yang suka makan ketupat? Angkat tangannya dong hehe. Nah, meskipun hari raya ketupat sendiri ada setelah seminggu lebaran. Namun, tradisi memakan ketupat ini masih menjadi tradisi yang sering dilakukan. Memakan ketupat selepas salat idul fitri dan selepas bermaaf-maafan dengan keluarga memang menjadi salah satu momen yang menyenangkan. Untuk menu pelengkap ketupat ini biasanya disajikan dengan opor ayam, semur bahkan juga rendang daging.

5. Tradisi membagikan THR

si kecil dapat angpau

Baca juga : TIPS MUDIK LEBARAN JADI MENYENANGKAN

Siapa sih yang tidak suka dengan Tunjangan Hari Raya ini? Semua orang suka. Saya saja suka kok, kalau dapat tapi :D. Nah, membagi-bagikan THR atau uang saku ini sudah  menjadi salah satu tradisi yang diberikan kepada anak-anak. Banyak orang dewasa yang memberikan uang kepada si kecil. Ini juga menjadi momen yang paling dinanti-nantikan oleh anak-anak. 

Selain itu, buat kamu yang bekerja di perusahaan atau kantor juga pasti akan mendapatkan THR. Hal ini dikarenakan THR juga sudah menjadi kewajiban sebuah perusahaan karena sudah ada di dalam ketetapan pemerintah.

Nah, itulah beberapa tradisi yang masih sering dilakukan di Negara Indonesia ini. Jadi, nggak sabar nih ya mau cepat-cepat lebaran hehe. Kalau kamu sendiri bagaimana?

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v