5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Sekaligus Alam






Anisa AE - Semua orang pasti menginginkan hidup sehat. Tanpa kamu sadari, kamu pasti sering menganggap melakukan hidup sehat dan menjaga lingkungan itu menjadi 2 hal yang berbeda. Iya nggak nih? Namun, ternyata menjaga lingkungan dengan hidup yang sehat itu ada kaitannya lho. Kamu mau tahu tidak apa saja hal yang bisa membuat kamu sehat dan sekaligus membuat kamu menjaga lingkungan yang ada di sekitar. Penasaran? Baca artikelnya sampai habis ya hehe. Ini nih kegiatannya yang bisa kamu lakukan :

1. Bersepeda ke tempat kerja

bersepeda

Nah, salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menjadikan hidupmu sehat dan sekaligus bisa menjaga lingkungan adalah dengan bersepeda ke tempat kerja. Misalnya kamu ke bekerja ke kantor. Ketika kamu biasanya berangkat dengan naik sepeda motor atau bis. Kamu bisa menggantinya dengan menaiki sepeda. Dengan bersepeda kamu bisa sekalian olahraga kan? Hal ini lah yang membuat kamu menjadi tetap sehat. Selain itu kamu juga bisa menjaga lingkungan dari gas CO2 dan gas berbahaya lainnya yang dihasilkan oleh asap kendaraan bermotor. Iya nggak nih?

2. Mencuci pakaian sendiri

mencuci

Memang mempunyai kegiatan yang banyak, kita memerlukan suatu hal yang membuat semua itu bisa terasa mudah. Misalnya saja nih, ketika banyak pekerjaan kantor dan kamu belum melakukan kegiatan mencuci. Sehingga cucian kotor semakin menumpuk. Salah satu hal yang akan kamu lakukan adalah dengan mencuci dengan menggunakan mesin cuci. Iya nggak nih? Memang mencuci dengan mesin cuci bisa membantu kita. 
Namun, jika kamu ingin hidup sehat. Kamu bisa nih mengganti kegiatan mencucimu dengan cara tradisional, yaitu dengan cara dikucek. Lho kok hal ini bisa membuat sehat? Iya dong. Hal ini dikarenakan ketika kamu mencuci, kalori kamu juga akan ikut terbakar. Lumayan kan hehe. Selain itu, kamu juga bisa menghemat energi hingga 4000 watt lho.

3. Mandi dengan air dingin

mandi

Siapa nih yang biasanya saat bangun pagi sukanya mandi dengan air hangat? Apa jangan-jangan nggak mandi upss :D. Sebagian orang memang merasa lebih suka apabila mandi menggunakan air hangat. Namun, tahukah kamu bahwa mandi dengan menggunakan air dingin bisa membuat tubuh kamu sehat lho. Hal ini dikarenakan mandi dengan air dingin tidak ada kandungan emisi karbon dioksida di dalamnya. 

Berbeda halnya dengan mandi air hangat. Selain itu, mandi dengan air dingin ini juga mempunyai efek yang bagus lho untuk kaum hawa. Yaitu bisa meningkatka kesuburan. Eits, tidak hanya itu ya manfaat mandi dengan air dingin. Ketika kamu lebih memilih untuk mandi dengan air dingin, kamu juga tidak perlu repot untuk memasang alat pemanas air yang seperti kamu ketahui, hal ini bisa membutuhkan banyak tenaga listrik.

4. Mematikan lampu





tidur

Nah, salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi emisi yang dihasilkan oleh energi listrik adalah dengan cara mematikan lampu ketika hendak tidur. Hal ini juga berfungsi untuk menenangkan pikiranmu dan bisa menjadi lebih fokus untuk beristirahat. Hal ini dikarenakan tidak ada cahaya yang bisa mengganggu tidurmu. 
Eits, tidak hanya itu ya. Dengan mematikan lampu ketika tidur tubuh juga akan menghasilkan hormon melatonin. Apa sih hormon melatonin itu? Nah, hormon melatonin sendiri adalah hormon yang bisa mencegah berbagai penyakit, tidak terkecuali kanker payudara. Selain bisa membuat tubuhmu tetap sehat, kamu pastinya juga bisa menghemat listrik juga kan?

5. Pola hidup sehat

makan

Ini juga yang paling penting kamu lakukan agar tubuhmu tetap sehat yaitu dengan cara melakukan pola hidup sehat. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan dan juga sayuran. Terlebih lagi yang berwarna hijau. Hal ini selain bisa membuat dietmu menjadi lancar namun juga bisa mengurangi emisi lho. 

Buah dan sayuran yang berwarna hijau seperti kiwi, alpukat, brokoli, bayam dan masih banyak lagi. Buah dan sayuran ini di dalamnya mengandung banyak klorofil yang baik untuk kesehatan tubuh. Kamu sudah tahu belum apa saja manfaat dari buah dan sayuran hijau ini. Buat kamu yang belum tahu, ini nih saya kasih tahu hehe :

* Mencegah terjadinya kanker

Nah, salah satu manfaat yang terdapat di dalam buah dan sayuran hijau adalah bisa mencegah kanker. Kanker yang bisa dicegah adalah kanker usus besar, kanker payudara, kanker perut, dan juga kanker kulit. Hal ini dikarenakan adanya fitonutrien seperti karotenoid, antioksidan yang bisa membantu mencegah terjadinya kanker.

* Menjaga mata


mata sehat

Selain bisa memerangi kanker. Buah dan sayuran hijau juga bisa menjaga kesehatan mata lho. Hal ini dikarenakan adanya kandungan karetenoid esensial yang sering disebut dengan letuin dan juga zeaxanthin. Nah, senyawa inilah yang berfungsi sebagai pelindung mata dan juga bisa mencegah kerusakan mata dari cahaya berlebih. Eits, tidak hanya itu lho. Namun, juga bisa mencegah timbulnya katakak pada mata.
* Menjaga fungsi pencernaan

Buah dan sayuran yang mempunyai serat tinggi ini bisa menjaga fungsi pencernaan lho. Lalu apa sih yang baik untuk dikonsumsi? Antara lain adalah kacang hijau, apel hijau, kacang polong dan brokoli. Nah, serat yang ada di dalam buah dan sayuran hijau ini akan membantu menyerap kelebihan air yang ada di dalam usus. Ini juga yang bisa mempengaruhi sistem kerja yang ada di usus kamu.

* Menurunkan kolesterol

Hayo siapa nih di sini yang suka makan makanan yang memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi? Makanan yang mempunyai kadar lemak jenuh tinggi contohnya seperti kuning telur, keju, krim dan masih banyak lagi. Makanan inilah yang bisa membuat kolesterol menjadi tinggi. Kamu bisa menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuhmu dengan mengonsumsi buah atau sayuran hijau misalkan saja dengan mengonsumsi kacang hijau, alpukat, anggur hijau dan masih banyak lagi.


buah alpukat

Nah, selain mengonsumsi buah dan sayuran hijau bisa membuat kamu menjadi lebih sehat. Kamu juga bisa lho membantu mengurangi pemanasan global? Lho kok bisa? Hal ini dikarenakan ketika kamu terlalu makan daging ini bisa ikut berkontribusi kepada pemanasan global. Karena peternakan mempunyai tanggung jawab sebesar 51% dari pemanasan global. Hal ini juga bisa menyebabkan polusi tanan dan juga polusi air.

Kesehatan tubuh memang sangat penting. Namun, tanpa kamu sadari itu juga bisa menjaga kelestarian alam. Iya nggak nih?

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v