Wisata Edukasi, Kebun Binatang Surabaya








Anisa AE - Halooo selamat pagi. Hihihi. Setelah capek kemarin lusa seharian di Surabaya dan langsung nulis tentang Surabaya, saat ini saya mau nulis gimana sih Surabaya itu dan apa aja yang kami lakukan seharian di sana. Jadi ceritanya, awalnya saya mau nambah mesin buat bikin pin dan gantungan kunci. Nah, sama Diana disuruh langsung ke lokasi di Surabaya. Alasannya sih, siapa tau kami bisa langsung pesan lagi untuk alat-alat selanjutnya. Sekalian liat-liat apa ada alat yang mendukung banget buat bikin AE Creative. 

AE Creative sendiri adalah salah satu cabang (ea bahasanya) dari AE Publishing yang khusus menangani merchendise seperti black note, gantungan kunci, pin, kaus, dan yang lainnya. Berhubung modal masih dikit, beli yang kecil dulu. Hehehe. Rencananya sih kami berangkat jam 6 pagi, eh ndilalah masih banyak yang harus diurus, sehingga berangkat jam 7. Perkiraan saya sih bakal lama di perjalanan karena udah agak siang. Kakak ipar juga ikut bareng, mau pulang ke Mojokerto. Jadinya, kami beli alat dulu, ke Kebun Binatang Surabaya, lalu ngantar Mbak Tutik pulang. 

Hampir semua tim AE ikut sih, kecuali Diana. Dia lagi kena flu, jadi memilih di rumah aja. Saya dengan keluarga, ditambah Mbak Tutik. Lalu Mega, Ipeh, sama Atul. Ngajakin Gedho juga buat nyopirin mobilnya. Bukan mobil pribadi sih, pinjem punya Mbak Erny. Wkwkwk. Doain saya punya mobil pribadi yaaa. Kami mampir dulu di Indomaret buat beli minuman dan makanan ringan. Buat jaga-jaga saat di Kebun Binatang Surabaya nanti, soalnya udah direncanain bakal bawa makanan dari rumah. 



kebun binatang Surabaya

Anak-anak juga bawa nasi dari rumah sih. Gak lupa isi Indomaret Card buat bayar tol nanti. Bahkan saya bawa termos buat bikin makanannya Nachan dan bikin Pop Mie. Wkwkwk. Menghemat pengeluaran dong. Emak-emak banget. Selanjutnya kami mampir di warung pinggir jalan karena ternyata banyak yang belum sarapan. Apalagi Ridho (keponakan saya, anaknya Mbak Tutik) dan Machin juga mabuk. Yaelah. Hasilnya, saya pun ikut mual-mual. Untungnya selama perjalanan, saya tidak mabuk. Bisa berabe karena sambil gendongin Nachan. 

Di warung, kami habis sekitar 120 ribuan. Sempat was-was karena lagi banter pemilik warung yang malak pembeli. Kan saya jadi takut dipalak juga. Untung enggak. Hehehe. Satu menu krengsengan, tiga soto daging, dua soto ayam, sama lima teh, dan tiga kerupuk. Lumayan murah kan. Melanjutkan perjalanan, kami sampai di lokasi jam dua belas kurang seperempat. Apes banget, di sana gak bisa pake gesek. Alhasil, Mega sampai dua kali ke ATM. ATM pertama Cuma ambil dua juta karena saldo ATM habis. Cari lagi ATM kedua. Mau transfer via internet banking, saya gak bawa token. Hm hm hm. Capek deh. 

Habis beli alat, saya mampir ke tempat beli bahan ganci, untung hanya beda gang dengan tempat pertama. Itu pun saya dadakan banget cari bahannya karena gak bisa tidur. Lumayan dapat harga murah daripada di tempat pertama pas beli alatnya. Hampir setengah harga lho. Ya pasti ambil di tempat kedua yang lebih murah dong. Setelah barang dibeli, kami melanjutkan ke Kebun Binatang Surabaya. Yeeey. Akhirnya anak-anak seneng banget deh bisa ke sana. Machin udah beberapa kali, Michan yang kedua, Nachan dan Ridho belum pernah. Mega udah pernah sih sama saya, Atul sama Ipeh belum pernah. 

Karena bukan wilayah sendiri, beberapa kali kami kelebihan jalan. Pas di tol berangkat, pas beli bahan juga. Hehehe, semua tergantung sama maps. Ke Bonbin juga gitu, beloknya gak tepat, akhirnya muter lagi. Sampai sana, Ridho udah borong mainan. Michan beli sandal karena gak bawa dari rumah, sementara ayah sibuk cari toilet, hehehe. Untungnya keadaan di sana lebih bagus dari terakhir kali kami ke sini. Aquarium tempat ikannya buka. Ada taman selfie dan beberapa tempat yang memang dikhususkan untuk berfoto. 


taman selfie

Nah, kamu mau tahu tidak nih tentang keseruan saya dan karyawan saya ketika di Kebun Binatang Surabaya? Sebelum kamu melihat keseruan saya ketika travelling ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu sejarah tempat wisata yang satu ini. Jadi, wisata edukasi Kebun Binatang Surabaya ini sudah ada sejak tahun 31 Agustus 1916. Awal berdirinya tempat wisata edukasi ini berada di Soerabaiasche Planten-en Dierentuin. Lebih tepatnya ada di Kaliondo. Namun, di tempat ini hanya bertahan cuma 1 tahun yang kemudian kebun binatang ini dipindahkan ke Darmo. Lebih tepatnya berada di Jalan Setail Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya. 

Nah, Kebun Binatang Surabaya atau yang sering disebut Bonbin ini menjadi tempat wisata yang dibuka untuk umum pada bulan April tahun 1918. Eits, akan tetapi mengelola tempat seperti ini semua tidak semudah yang dibayangkan. Baru dibuka selama 4 tahun, kebun binatang ini mengalami krisis yang menjadikan kebun binatang ini menerima ancaman akan dibubarkan. Akan tetapi ada beberapa pengurus yang menolaknya. Hingga akhirnya kebun binatang ini tidak jadi dibubarkan. Kebun Binatang Surabaya sendiri merupakan salah satu kebun binatang yang tertua di Asia Tenggara. Kebun Binatang Surabaya juga pernah dianggap menjadi kebun binatang yang terkejam lho. 


Hal ini dikarenakan banyaknya satwa yang mengalami kematian. Mulai dari rusa bawean, harimau Sumatera, komodo, buaya dan masih banyak lagi. Hingga Kementrian Kehutanan mencabut izin beroperasi pada tahun 2010. Namun, seiring berjalannya waktu Kebun Binatang Surabaya ini melakukan upaya perbaikan. Hingga akhirnya pemerintah setempat mengambil alih dalam mengurus kebun binatang ini. Bahkan kebun binatang yang sempat dibilang kejam ini pernah menggandeng pakar satwa dunia dalam melakukan kegiatan pembenahan. Nah, jadi buat kamu yang mau berlajar sambil bermain di Kebun Binatang Surabaya ini tidak perlu khawatir lagi ya. 

Karena kondisi kebun binatangnya sudah semakin membaik. Kalau kamu nggak percaya kamu bisa datang ke sana dan juga melihat secara langsung perbaikan yang sedang dikerjakan. Nah, tempat wisata edukasi yang satu ini bisa kamu masukkan sebagai salah satu list tempat wisata yang akan kamu kunjungi bersama keluarga dan juga si kecil. Kamu di sana bisa melihat banyak jenis burung. Bahkan burung yang mempunyai bulu indah ada lho di sana. Burung apa hayo yang mempunyai bulu indah dan cantik? Yups benar sekali burung merak. 

burung merak

Burung yang satu ini memang mempunyai bulu-bulu yang sangat indah. Bahkan burung merak menjadi salah satu burung yang paling indah di dunia. Tidak ada burung lain yang bisa menyaingi keindahan burung yang satu ini. Terlebih lagi apabila sayapnya dilebarkan. Semua orang pasti akan terkagum melihat ciptaan Yang Maha Kuasa ini. Nah, kamu tahu tidak kalau kamu dekati bulu halus burung merak ini ternyata merupakan bulu halus yang tidak mempunyai warna lho. Yang menjadi salah satu keunikan burung ini adalah ketika sayapnya dilebarkan kamu bisa melihat keindahan dengan aneka warna. 


Terlebih lagi jika kamu melihatnya dari kejauhan, akan sangat cantik. Burung indah yang satu ini sudah hampir punah. Bahkan kamu hanya bisa melihat burung yang satu ini di cagar alam, suaka margasatwa, seperti Kebun Binatang Surabaya ini. Nah, buat kamu yang mau berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang. Eits, tapi buat kamu yang pergi ke kebun binatang ini membawa anak kecil yang tingginya di bawah 85 cm tidak dikenakan biaya alias gratis. Nah, apa saja sih yang bisa kamu lakukan ketika di sana? Kamu bisa melakukan beberapa kegiatan, seperti di bawah ini ya :

1. Jalan-jalan sambil belajar

jalan-jalan

Nah, ini nih salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berada di Kebun Binatang Surabaya. Kamu bisa mengelilingi kebun binatang ini dengan sekalian belajar binatang apa yang ada di dalam kandang tersebut. Eits, tapi ada satu catatan ya. Buat kamu yang membawa si kecil harus tetap mengawasinya ya. Jangan sampai si kecil hilang dari pengawasan. Karena di sana banyak binatang yang berbahaya bagi si kecil.

2. Piknik

piknik







Selain kamu bisa jalan-jalan mengelilingi Kebun Binatang Surabaya ini, kamu juga bisa sekalian melakukan piknik di sini. Hal ini dikarenakan tempatnya yang teduh karena banyak pepohonan. Dengan begitu kamu bisa membawa alas duduk dan juga makanan. Seru banget kan :D. Petugasnya juga oke sih menurut saya, soalnya selalu ngasih tahu pengunjung kalo gak boleh duduk di taman. Kalo gelar tikar atau duduk di kursi yang disediakan sih boleh. Kebetulan saat itu juga ada beberapa pertunjukan, tapi saya gak sempat liat. Capek banget deh di perjalanan. Terus pas keliling, kaki terasa mau patah. Efek kurang olahraga. Hahaha. 

3. Naik gajah

naik gajah

Kegiatan yang bisa kamu lakukan selain kegiatan di atas adalah melakukan kegiatan naik gajah. Siapa nih yang suka dengan binatang yang satu ini? Binatang yang mempunyai badan besar dan juga telinga yang besar serta memiliki belalai ini memang menjadi salah satu binatang yang paling digemari ketika berada di Kebun Binatang Surabaya ini. Kamu bisa melakukan kegiatan naik gajah ini dengan membayar sebesar Rp85.000. Eits, tidak hanya naik gajah saja ya. Namun, kamu juga bisa memberi makan gajah dan juga berfoto bersama dengan gajah.


4. Berfoto

selfie

Siapa nih yang tidak suka dengan kegiatan yang satu ini. Nah, buat kamu yang suka foto atau selfie. Kamu bisa berfoto-foto sesuka hatimu. Karena di setiap tempat yang ada di Kebun Binatang Surabaya ini sangat cocok buat kamu gunakan untuk berfoto. Seperti yang saya lakukan, berfoto dengan anak dan juga karyawan saya.

5. Flying fox

flying fox

Nah, salah satu kegiatan bermain yang bisa kamu coba saat di Kebun Binatang Surabaya adalah bermain flying fox. Kalau kamu tertarik bermain wahana yang satu ini, kamu cukup membayar sebesar Rp10.000. Selain flying fox juga ada permainan yang lainnya seperti trampolin.

Di sini ada masjidnya juga, toilet juga tersebar. Kalo mau naik perahu dan flying fox juga bisa. Sebagai emak-emak yang bawa bayi dan balita, saya cuma bisa liat-liat aja. Michan sempat naik kereta kecil, Machin naik flying fox. Saya nunggu mereka semua balik di pintu keluar. Sendirian. Udah, capek banget. 

Pas pulang, kami langsung menuju Mojokerto buat nganterin Mbak Tutik. Sampai sama Maghrib. Setelah sholat dan makan nasi goreng, kami lanjutkan perjalanan pulang. Sampai rumah jam sepuluh malam. Hihihi. Capek banget deh pokoknya, sampe Mega tuh besoknya gak masuk kerja. 

Hm, lain kali saya bakal ngajakin anak-anak ke mana lagi, ya? 
Bagaimana seru banget kan travelling ke Kebun Binatang Surabaya? Tidak hanya bermain saja, namun juga bisa sambil belajar. Eits, tidak hanya itu. Kamu juga bisa sekalian outbound di kebun binatang ini ya. Tertarik untuk ke sana? Langsung cus berangkat yuk hehe. Apa ada yang pernah ke sana nih? Bisa share pengalamanmu di kolom komentar ya ^^ 

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v