Aplikasi Manajemen Keuangan, Qasir

Anisa AE - Zaman sekarang memang banyak sekali kemudahan yang bisa didapatkan. Selain itu, juga banyak sekali orang yang melakukan kegitan UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah. UMKM sendiri adalah usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan ataupun oleh badan usaha yang sudah memenuhi criteria sebagai usaha mikro. Nah, kalau zaman dahulu orang yang melakukan UMKM ini akan membutuhkan banyak sekali catatan bahkan juga perangkat atau alat yang biayanya cukup mahal untuk membantu mengelola usaha yang dijalankan. 

Namun, seiring berjalanannya waktu. Manusia terus berinovasi hingga muncullah sebuah aplikasi yang bisa membantu mengelola usaha yang sedang kalian jalankan. Aplikasi apa sih itu? Penasaran ya hihi. Jadi, aplikasi yang bisa membatu semua pencatatan yang ada di dalam UMKM adalah aplikasi Qasir. Pastinya kalian penasaran sama aplikasi yang satu ini? Saya dahulu juga sempat penasaran nih sama aplikasinya. 

blogger Malang

Eh kemarin lebih tepatnya tanggal 30 July 2019 saya berkesempatan hadir pada acara "Cara Sukses Dagang Sambil Nyengir" yang diselenggarakan oleh Qasir. Pada saat acaranya berlangsung banyak banget hal yang dibahas mulai dari pengertian tentang aplikasi Qasir itu sendiri, bagaimana cara menggunakan aplikasi Qasir ini, sampai dengan apa saja keunggulan dari aplikasi yang satu ini. Nah, saya mau tanya nih apa sih yang ada di benar kalian ketika mendengar kalau ada aplikasi dengan nama Qasir? 

Pasti yang kalian pikirkan adalah tentang kasir ya? Yups benar sekali memang aplikasi Qasir ini merupakan sistem kasir yang awalnya manual dan diubah menjadi dengan cara digital. Aplikasi yang satu ini juga sering disebut dengan sistem berdagang yang berbasis online dan juga biasanya disebut dengan point of sales (POS) yang bisa diinstall di smartphone. Tujuan dari adanya aplikasi ini adalah untuk membantu para pedagang untuk merekap penjualan, mengawasi stok barang, membikin laporan penjualan dan masih banyak lagi. 

aplikasi Qasir

Nah, aplikasi ini adalah aplikasi yang dibuat oleh Novan Adrian dan Rachmat Anggara. Aplikasi ini awal mulanya diciptakan karena adanya permintaan dari saudara pendiri Qasir yang berkecipung di dalam dunia UMKM untuk dibuatkan suatu sistem yang bisa membantu usahanya. Hal ini dikarenakan saudaranya sudah merasa bahwa tidak bisa mengontrol usaha yang sedang dijalananinya. Jadi, saudaranya itu bingung mau mengurusi usahanya atau mengurusi pembukuannya. 

Akhirnya dibuatkanlah suatu sistem yang biasanya disebut dengan sistem point of sales. Sebenarnya ide untuk membuat aplikasi ini sudah muncul sejak tahun 2014 akan tetapi karena banyaknya kerjaan yang membuatnya sibuk. Maka ide ini baru terealisasikan pada akhir tahun 2015 yang kemudian diluncurkan pada bulan Agustus 2016. Awalnya aplikasi ini bukan bernama Qasir melainkan Etalastic. 

aplikasi Qasir

Akan tetapi ternyata setelah aplikasi ini dilaunchingkan. Banyak masyarakat yang kesulitan untuk menyebutkan aplikasi ini. Hingga akhirnya aplikasi ini dirubah dengan nama aplikasi Qasir. Nah, kalian tahu tidak apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi ini? Banyak banget lho yaitu :

1. Efisien

Aplikasi ini sangat efisien dan mudah digunakan. Aplikasi ini juga terdapat 2 varian yaitu versi web dan juga versi mobile apps. Akan tetapi yang banyak digunakan adalah yang versi mobile apps. Hal ini dikarenakan lebih mudah. Kalau untuk yang versi web hanya digunakan untuk melakukan hal yang bersifat management. Misalnya saja mengelola produk, outlet, membuat laporan, melihat laporan dan masih banyak lagi.

2. Optimal

Di dalam aplikasi Qasir ini terdapat banyak sekali fitur. Salah satunya juga bisa membuat transaksi 70% lebih cepat. Wah bagaimana mudah banget kan kalau menggunakan aplikasi Qasir ini.

3. Saving time


Selain banyaknya keunggulan yang ada di atas. Ternyata masih ada nih keunggulan yang lainnya yaitu saving time. Hal ini berarti kalian nggak perlu mengecek stok dan mencari harga barang.

4. Tidak harus online

Aplikasi Qasir ini tidak harus online kok. Hal ini dikarenakan pendiri aplikasi ini mengerti betul bahwa koneksi internet merupakan salah satu kendala terbesar yang ada di Indonesia. Karena itulah pengguna Qasir masih bisa melakukan pencatatan transaksi walaupun tanpa koneksi internet.

Selain banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan aplikasi ini. Ternyata masih ada tantangan besar dalam mengenalkan aplikasi ini. Hal ini dikarenakan banyaknya pelaku UMKM yang diketahui ternyata kurang begitu familiar dengan terknologi dan mereka merasa tidak butuh sistem seperti itu untuk menjalankan usahanya. 

Maka dari itu, tim dari Qasir ini melakukan berbagai cara untuk memberikan teori tentang aplikasi Qasir ini. Hingga saat ini aplikasi ini sudah digunakan dengan lebih dari 1.500 pengguna. Nah, kalau kamu merupakan salah satu pengguna aplikasi Qasir ini apa tidak? 

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v