Sehat dari Infeksi Saluran Kemih dengan Prive Uri-Cran


Anisa AE - Halooo selamat malam. Saya mau cerita sedikit nih tentang anyang-anyangan, ada yang pernah kena penyakit ini, gak, sih? Itu lho, biasanya sering buang air kecil, bahkan saking gak enaknya, kita bisa marah-marah gak jelas karena penyakit ini.

Alhamdulillah, kemarin saya berkesempatan hadir dalam acara #uricranwomenscommunity yang diadakan oleh #combiphar di Hotel Ibis #Malang. Materi yang disampaikan pun luar biasa keren lho, apalagi disampaikan langsung oleh ahlinya. Nah, daripada ilmu itu saya simpan sendiri, kan lebih baik saya tulis di sini agar bisa dibaca oleh masyarakat luas. :)


Blogger Malang

Btw, ternyata nih, anyang-ayangan disebabkan oleh Infeksi Saluran Kemih ini dialami oleh 5 dari 10 wanita di Indonesia lho, nah 2 di antaranya mengalami secara berulang. Infeksi Saluran Kemih yang biasanya disingkat dengan ISK ini kebanyakan disebabkan oleh Bakteri E-Coli yang ada di dalam usus kita, bakteri tersebut menempel di dinding saluran kemih atau saluran kencing.

Baca juga : 7 BARANG YANG BISA MENULARKAN PENYAKIT

Dulu, saya sering banget terkena anyang-anyangan, apalagi dengan udara Malang yang dinginnya luar biasa. Ditambah lagi karena banyak aktivitas di luar rumah yang membuat saya lebih sering gelisah. Gimana gak gelisah kalau tiba-tiba saja ingin buang air kecil? Iya kalau bisa ditahan, kalau tidak?

Dalam satu minggu, saya ada dua hari mengajar di sekolah pesantren yang waktu perjalanannya satu jam lebih. Selain itu, saya juga wira-wiri jemput dan antar anak sekolah, ke kantor juga buat mantau kerjaan karyawan. Wih, aktif  banget, ya? Eh, tapi gimana kalau tiba-tiba anyang-anyangan? Wah, semoga tidak ya, eh tapi ....


sharing bersama dengan Mbak Ika


Anyang-anyangan bisa dialami oleh siapa saja, entah itu orang dewasa, anak-anak, dan juga ibu hamil. 


Kita sebagai wanita lebih sering terkena infeksi saluran kemih daripada lelaki lho. Nah, salah satu gejalanya adalah anyang-anyangan atau rasa buang air kecil terus menerus. Kebayang gak sih bagaimana rasanya pas lagi di luar rumah dan terkena anyang-anyangan? Nah, untuk mencegahnya, kita harus cari tahu apa penyebabnya terebih dahulu.


Penyebab umum terjadi anyang-anyangan :


1. Toilet tidak bersih. 



buang air kecil

Saat ini sangat jarang ditemukan toilet jongkok, kebanyakan adalah toilet duduk. Nah, bagaimana menyiasati dan memastikan bahwa dudukan toilet itu bersih? Bisa kita bersihkan sendiri pinggir dudukan toilet sebelum mulai digunakan.

2. Arah proses pembasuhan setelah BAB tidak benar.


buang air kecil

Jangan sampai membasuh dari belakang ke depan, tapi seharusnya adalah dari depan ke belakang. Tujuannya agak bakteri E-Coli tidak masuk ke saluran kemih melalui lubang pembuangan. Bakteri ini adalah bakteri yang hidup di saluran pencernaan manusia, lalu dikeluarkan melalui anus bersamaan dengan fases. Bayangin kalau proses pembasuhan tidak benar, wah bisa ikut masuk ke saluran kemih dong dan menempel di dalam dinding saluran kemih.


Baca juga : 5 CARA MENJAGA KESEHATAN TUBUH SEKALIGUS ALAM

3. Sering menahan buang air kecil.


buang air kecil

Hayo, siapa yang sering menahan buang air saat berada di luar rumah? Nah, ini ternyata juga tidak bagus lho karena bisa mengakibatkan anyang-anyangan. Nah, sebaiknya bagaimana? Cari toilet terdekat jika sudah ingin buang air kecil. Namun, jangan lupa pastikan kebersihan toiletnya, ya?


4. Air untuk membasuh tidak bersih.







air kotor

Pernah gak sih mendapati air untuk membasuh di toilet itu kotor? Bahkan tidak mengalir. Nah, ini bisa kita siasati dengan membeli air mineral sendiri sebelum ke toilet. Kalau toiletnya sudah terlihat kotor, harus mulai waspada.


Untuk antisipasi, kita harus tahu dong ciri-ciri anyang-anyangan. Jangan sampai sudah terkena anyang-anyangan, tapi kita malah tidak tahu kalau itu anyang-anyangan. Bisa berabe kan, ya? Jadinya gak bisa bebas beraktifitas seperti biasanya karena terkena infeksi saluran kemih tersebut.

Ciri-ciri anyang-anyangan adalah sebagai berikut :

1. Ingin buang air kecil secara terus menerus.

2. Buang air kecil terasa sakit atau nyeri.
3. Buang air kecil tidak lancar alias sedikit demi sedikit keluarnya. Eh, tiba-tiba saja pingin ke kamar mandi lagi.

Acara kemarin tuh, saya juga jadi tahu kalau buah Cranberry yang kaya akan Proantocyanidin (PAC) ini dapat mencegah penempelan bakteri E-Coli pada dinding saluran kemih dengan efektif. Bukan asal lho, karena ternyata buah ini telah lama diteliti dan digunakan di dunia.


Sayangnya nih kita pasti bakal kesulitan banget nyari buah cranberry di Indonesia. 
produk uri-cran

Lha kalo tiba-tiba aja kena anyang-anyangan, gimana coba? Jangan bilang kalau memberi karet gelang pada jempol kaki, hihihi. Atau pakai diapers untuk orang dewasa? Oh, no! Pasti gak nyaman banget jika harus beraktifitas dengan menggunakan diapers untuk orang dewasa maupun memberi karet gelang pada jempol kaki. Aduh gimana kita beraktifitasnya, kan? Gak pede juga, kan?

Mendadak cari buah cranberry di supermarket dan pasar? Susah banget pastinya. Kalaupun ada, itu buahnya produk impor yang pastinya harga mahal. Gak cuma itu, kalaupun sudah dapat buahnya, kita harus mengolah buah tersebut lebih dulu, misalnya saja dengan membuat jus karena rasanya yang asam. Wah, waktunya bakal habis terbuang cuma buat cari buah yang entah ada atau tidak. :(

Baca juga : CARA MENGATASI POST HOLIDAY SYNDROME

Bagaimana dengan mencari obat anti biotik di pasaran? Wah, jangan sembarang minum obat tanpa resep dari dokter lho. Dokter pun nantinya harus mengidentifikasi penyakitnya terlebih dahulu, bukan asal memberi resep. Anti biotik pun mempunyai cara kerja dengan membunuh bakteri yang ada di tubuh, entah itu bakteri baik dan jahat. Apalagi jika tidak diminum secara teratur, bakal bikin tubuh kita kebal pada obat. Selain itu, antibiotik tidak mencegah anyang-anyangan terjadi lagi, serta tidak dianjurkan untuk ibu hamil.


Nah lho? Masih berpikiran buat beli antibiotik?


produk uri-cran

Untungnya saat ini sudah ada Prive Uri-Cran, sebuah produk dari Combiphar dengan extra cranberry yang bisa mencegah anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih secara berulang. Produk ini adalah yang pertama di Indonesia. Asiknya lagi, produk #uricran ini bisa kita dapatkan di mana saja secara mudah, tanpa perlu mencari buah cranberry secara langsung. Selain minum uricran, juga diimbangi dengan minum setiap hari sebanyak yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Mau via online karena males keluar rumah juga bisa ke marketplace, apotek terdekat juga ada lho.


produk uri-cran


Untuk varian dari uri-cran ini ada 2 yaitu uri-cran capsule dan uri-cran plus. Nah, untuk yang uri-cran capsule mempunyai komposisi 250 mg Cranberry Extract, untuk dosisnya sendiri diminum 1-2 kapsul/hari. Isi uri-cran capsule ini berisi 30 kapsul. Kemarin, saya beli yang kapsul ini, gampang banget tinggal minum aja tanpa perlu diaduk.

Untuk varian yang kedua adalah uri-cran plus yang mempunyai komposisi 375 mg cranberry extract, 60 mg vitamin C, 0,1 mg bifidobacterium bifidum, 0,1 mg lactobacillus acidophillus,. Untuk dosisnya minumnya sendiri adalah 1-2 sachet per hari. Isinya 15 sachet. Kebetulan saya juga dapat yang ini juga, rasanya manis ada asam-asamnya gitu dan seger banget.

Acara bareng uricran.co.id kemarin seru banget, bisa sekalian kopdar dengan teman-teman blogger di #Malang dan mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat tentang penyakit Infeksi Saluran Kemih. Lebih seru lagi karena ada kuis di ini nih, digital content competition. Yuk buruan ikutan juga dan menangkan hadiah kameranya :D.






Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v