Tips Membuat Daging Tahan Lama






Anisa AE - Siapa nih yang hewan kurbannya masih ada? Hihi. Atau sudah pada habis semua nih? Atau bahkan ada yang dagingnya sudah membusuk bahkan belum sempat dimasak? Hmm sayang banget kan kalau daging hewan kurbannya masih belum sempat dimasak tapi sudah membusuk. Nah, kalian tahu nggak bagaimana cara untuk  menyimpan daging kurban agar tidak cepat membusuk? 

Mungkin banyak yang menjawab disimpan saja di freezer. Iya nggak nih? Memang benar cara menyimpan daging hewan kurban yang benar itu disimpan di dalam freezer. Hal ini dikarenakan dengan disimpan di freezer daging hewan akan tetap segar. Namun, pada kenyataannya sebaiknya tidak langsung semuanya disimpan di dalam freezer. 

Ada beberapa tahapan yang bisa kamu lakukan agar daging hewan kurbanmu tetap awet :

1. Mencuci daging

daging sapi

Nah, hal yang pertama yang bisa kalian lakukan adalah mencuci daging terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam freezer. Meskipun hal yang satu ini sudah menjadi perdebatan publik dan ada yang berkata bahwa dengan tidak dicuci terlebih dahulu, daging hewan akan tahan lebih lama. 
Namun, hal ini justru adalah hal yang salah dan sangat tidak dianjurkan. Bahkan ketika kalian membeli daging di supermarket pun seharusnya harus dicuci terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam freezer. Kalian bisa mencuci dagingnya di bawah air yang mengalir sampai bersih. Usahakan jangan sampai ada darah yang menetes lagi.

2. Keringkan daging terlebih dahulu

daging sapi

Selanjutnya yang kalian lakukan adalah mengeringkan daging terlebih dahulu. Jangan sampai menyimpan daging hewan ini langsung ke dalam freezer atau masih dalah keadaan lembab. Hal ini bisa membuat daging ini cepat membusuk karena adanya banyak bakteri dan kuman yang membantu proses pembusukan. 

Selain itu, daging yang disimpan ke dalam freezer dalam keadaan mengandung air yang banyak membuat air yang ada di dalam daging membeku. Nah, ketika hewan hendak diambil dan airnya mencair. Hal ini bisa membuat kualitas daging menjadi menurun. Maka dari jangan lupa untuk mengeringkan dagingnya terlebih dahulu.

3. Bagi menjadi kecil-kecil





daging sapi
Setelah dikeringkan kalian bisa memotongnya menjadi beberapa bagian. Misalnya saja ketika kalian mempunyai daging 1 kilogram. Kalian bisa memotongnya menjadi 4 bagian yang masing-masing bagiannya mempunyai berat sekitar 250 gram. Setelah dipotong kalian bisa mengemasnya dengan plastic yang ditutup rapat. 

Kemudian baru simpanlah ke dalam freezer. Dengan cara yang satu kalian juga tidak perlu repot untuk mencairkan bongkahan daging yang beku. Nah, jadi kalau kamu mau ingin memasak beberapa daging saja. Kalian bisa mencairkan beberapa daging yang akan kalian masak.

4. Membumbui daging terlebih dahulu

daging sapi

Dengan membumbui daging sebelum di masukkan ke dalam freezer kalian bisa memberi daging tersebut dengan beberapa bumbu. Misalkan saja kunyit, garam, gula, bawang dan masih banyak lagi. Bumbu-bumbu ini akan bersifat antibakteria yang akan membuat sifat awet pada daging tersebut. Selain itu daging yang dibumbui tersebut bisa membuat daging menjadi lebih awet dan juga makin lezat. Hal ini dikarenakan bumbu tersebut akan meresap ke dalam daging.

5. Jangan langsung diletakkan di freezer

daging sapi
Mungkin tips yang satu ini masih belum diketahui banyak orang. Bahkan banyak orang pasti langsung menyimpan daging ke dalam freezer. Namun, ternyata itu bukan hal yang dianjurkan. Hal ini dikarenakan daging yang berasal dari suhu ruangan, tidak baik jika langsung disimpan ke dalam freezer yang mempunyai suhu rendah. 

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Kamu bisa meletakkan daging ini di rak ke 3 atau ke 4 di dalam kulkas. Dengan begitu daging agar tidak keras dan juga lebih awet. Kalian bisa menyimpannya selama 5 jam an sebelum dipindahkan ke dalam freezer.

Bagaimana, kamu sudah melakukan tips yang ada di atas apa belum nih? Kalau belum yuk buruan praktekkan agar daging hewan yang kamu dapatkan bisa lebih awet dan tidak cepat membusuk. Apa kalian mempunyai cara lain nih dalam menyimpan daging hewan? Kalian bisa share di kolom komentar ya ^^ 

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v